Meskipun menyayangi pasangan, kadang kita butuh keyakinan ekstra bahwa dia adalah orang yang paling tepat buat kita. Saking sibuknya memikirkan hal ini, kita bisa alpa menyadari kualitas-kualitas baik yang ada dalam dirinya. Nah, supaya kamu tak terjebak melakukan kesalahan ini, sekarang Hipwee akan menjabarkan 12 kriteria cowok yang tak boleh kamu lepaskan. Tanyakan dirimu sendiri: apakah pasanganmu memiliki salah satu atau beberapa di antaranya? Jika jawabannya ‘ya’, satu-satunya yang harus kamu lakukan adalah mempertahankannya!

1. Dia Melihat Lebih dari Apa yang Kamu Tampilkan di Luar

punya tatapan cinta via cinder-iya.tumblr.com

Ketika dia melihatmu, kamu tahu dia tidak hanya sedang mengagumi wajahmu atau moleknya tubuhmu. Ada kehangatan dan ketulusan dalam cara ia memandang. Tidak harus mesra — tidak pula harus lekat-lekat sampai kamu takut sendiri. Dengan sederhana, matanya hanya ingin menyampaikan bahwa dia “ada”.

Dia mungkin tidak selalu bertanya bagaimana kabarmu, apa yang kamu lakukan barusan, atau apakah kamu sudah makan malam. Tapi memandang matanya membuatmu mengerti bahwa kamu bisa menceritakan pada dia tentang apa saja — bahkan walaupun dia tidak bertanya. Tatapan matanya menguatkanmu; meyakinkanmu bahwa dia ingin mendengarkan cerita-ceritamu.

2. Dia Berani Berkomitmen

berani berkomitmen via becuo.com

Advertisement

Sejak kecil, kita selalu dinasihati bahwa cowok adalah “kucing” yang tak pernah puas. “Kalau dikasih ikan, pasti mau!” nasihat ibu atau nenek kita dulu. Dengan begini, cowok-cowok sebenarnya berada di atas angin untuk berselingkuh. Seolah-olah memang sudah “kodrat” mereka untuk selalu mencari. Seolah-olah kelaki-lakian mereka dibuktikan dengan mampu menaklukkan banyak hati.

Karena itu, komitmen seorang laki-laki untuk tinggal di satu hati adalah hal yang langka. Dengan berkomitmen bersamamu, sebenarnya ia sedang melepaskan segala “kemudahan” dan “pemakluman” untuk berselingkuh yang diberikan masyarakat padanya. Bukankah itu hal yang istimewa?

3. Dia Tidak Takut untuk Bermimpi

punya mimpi via www.nonstop-online.com

Seorang cowok yang pantas kamu pertahankan adalah dia yang mantap dengan mimpinya sendiri. Dia tidak berharap mimpinya sekonyong-konyong jadi kenyataan, tapi dia gigih berjuang untuk meraihnya.

Kamu ingat, dia pernah bercerita tentang mimpinya keliling dunia dan membangun sekolah di daerah-daerah pedalaman Indonesia. Kamu ingat mimpinya menghajikan orang tua dan membelikan mereka rumah kecil di desa. Kadang di satu sisi mimpinya terdengar absurd, tapi di sisi lain bisa membuatmu bangga. Kamu melihat dia berusaha. Kamu pun sadar bahwa yang pantas dihargai adalah hidup milik orang-orang sepertinya – yang melakoni hidup sambil bermimpi.

4. Dia yang Bersabar Meraih Cita-Citanya

punya cita-cita via www.jeanotnahasan.com

Setiap orang pasti punya cita-cita. Dia pun pernah berujar padamu tentang keinginannya jadi pengusaha sukses yang menghabiskan waktu luangnya untuk mengajar. Meskipun bercerita sambil berkelakar, kamu bisa melihat keseriusan diwajahnya.

Bukan pembual yang mengumbar cita-citanya demi terlihat keren di depanmu, dia tetap rendah hati dan bersikap realistis. Setiap hari, dia menjalani rutinitasnya – pergi kuliah atau berangkat kerja. Dia percaya bahwa rutinitas itulah yang akan mengantarkannya menjemput cita-cita. Dialah cowok yang berusaha menjadikan hidupnya lebih baik, setiap harinya.

5. Dia Tidak Menolak Turun ke Dapur

cowok bisa masak via marool.com

Bayangkan, betapa bahagianya punya pasangan yang bisa menghidangkan nasi goreng spesial saat momen hari jadi kalian. Rasa masakannya memang belum tentu seenak punya ibumu, tapi setidaknya dia mau menjamah teritori yang menurut tradisi bukan “milik lelaki”.

Kemampuan memasak juga penting bagi cowok yang mau hidup sehat dan dewasa. Ini adalah bekal yang baik ketika kalian ingin membina rumah tangga nanti.

6. Dia Rajin Olahraga

dia rajin olahraga via galleryhip.com

Sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga, terlebih bagi para cowok. Rutinitas yang padat mengharuskan tubuh para cowok selalu dalam kondisi prima.

Selain kuliah atau bekerja, dia punya segudang kegiatan lain. Mulai dari begadang nonton bola, nongkrong bersama teman-teman kantor, atau kumpul dengan komunitasnya. Ketika dia menambahkan olahraga dalam daftar kegiatannya, berarti dia menyadari pentingnya memelihara kesehatan. Sekarang mungkin belum banyak terasa manfaatnya. Tapi ketika kalian tua bersama, kamu akan bersyukur dia rajin berolahraga.

7. Dia Pintar Tanpa Bersikap Menggurui

pintar mengatur keuangan via www.thebalance.com

Salah satu yang membuat seorang cowok terlihat menarik adalah ketika dia punya otak yang cerdas. Dia peka terhadap berbagai hal yang terjadi di sekitarnya. Bisa berpikir kritis dan lugas menyampaikan pemikiran-pemikirannya yang kadang cenderung unik. Dia tidak sombong, pun ingin terlihat lebih pintar daripada kamu.

Kelebihan berupa otak yang cerdas bisa membantunya meraih masa depan yang lebih baik, soal pendidikan atau pekerjaan misalnya. Jika kelak dia benar-benar menjadi pendampingmu hingga ke jenjang pernikahan, tentu akan sangat beruntung punya suami yang pintar. Anak-anakmu pun akan mendapatkan pelajaran-pelajaran terbaik dari ayahnya.

8. Dia yang Bisa Membuatmu Tersenyum Bahagia

bikin kamu senyum via www.elephantjournal.com

Bukan hubungan yang kaku atau dibuat-buat, kalian menjalani kisah kasih yang santai dan apa adanya. Banyak hal yang bisa dibagi berdua dan sangat jarang kalian merasa bosan.

Sifatnya yang humoris adalah salah satu yang membuatmu betah berlama-lama bersamanya. Dia selalu punya cerita-cerita lucu yang bisa dibaginya padamu. Cerita tentang masa kecil atau teman-teman SMA-nya bisa membuatmu tertawa terbahak-bahak. Bersamanya, kamu menikmati kebahagiaan yang sederhana, hanya dengan tersenyum dan tertawa.

9. Dia yang Mencintaimu dengan Sikap

cinta butuh bukti via inhalefashion.tumblr.com

Bagimu, kata-kata “aku cinta kamu” adalah penegasan yang bisa menenangkan hatimu. Tiga kata yang cukup meyakinkanmu bahwa memilihnya adalah sebuah keputusan yang tepat.

Namun, dia bisa memaknai cinta dengan cara yang lebih dari itu. Cinta baginya tidak cukup dijelaskan dengan kata-kata. Caranya mencintaimu adalah dengan berusaha membuatmu bahagia. Dia pun akan berusaha memperbaiki diri demi menjadi pasangan yang ideal bagimu.

10. Saat Berbeda Pendapat, Dia Mempertimbangkan Sudut Pandangmu

meredam ego demi kamu via him.uk.msn.com

Ketika memutuskan untuk pacaran, berarti kalian siap untuk belajar menyatukan perbedaan yang kalian punya. Dalam prosesnya, kamu akan sering merasakan betapa menyebalkannya berbeda pendapat dengan pasangan, berdebat, hingga akhirnya terpaksa bertengkar.

Namun, dia yang pantas kamu pertahankan tidak akan mudah tersulut emosinya hanya lantaran berdebat denganmu. Dia justru bisa bersikap bijaksana dan dewasa. Dia mau mendengar keinginanmu dan berusaha mengkompromikan perbedaan kalian. Dia tidak mesti setuju denganmu. Namun dia cukup dewasa untuk menghargai posisimu. Itu artinya, dia menghargaimu sebagai manusia.

11. Dia yang Selalu Siap Mengulurkan Tangannya untuk Membantumu

dia yang selalu membantumu via www.sincerelykinsey.com

Bagi para cowok, mencintai sebenarnya jauh lebih sederhana. Cinta berarti soal perhatian dan kepedulian. Seorang cowok tidak akan rela melihat pasangannya kesusahan. Sebisa mungkin, dia akan berusaha membantu cewek yang dicintainya.

Ketika repot dengan skripsi, saat harus pindah kost, bertengkar dengan orang tuamu: banyak hal kurang menyenangkan yang sukses kamu lewati berkat campur tangannya. Seringkali, SMS atau telepon singkat darimu bisa tiba-tiba mengirimnya ke depan pintu rumahmu ketika kamu sangat butuh dia.

12. Dia Menempatkanmu Sebagai Bagian Penting dalam Hidupnya

menjadi bagian penting dalam hidupnya via www.sincerelykinsey.com

Setelah menemukanmu, dia tidak lagi menjalani hidunya sendirian. Ada kamu yang punya peranan penting dalam kesehariannya. Bahkan, dia akan melibatkanmu ketika harus mengambil keputusan-keputusa penting yang berkaitan dengan masa depannya.

Ketika mendapat tawaran melanjutkan kuliah di luar negeri, dia akan terlebih dahulu meminta pendapatmu. Mengajakmu berdiskusi tentang baik dan buruknya menerima tawaran itu hingga membicarakan imbasnya pada hubungan kalian. Kesempatan untuk melanjutkan pendidikan jelas sangat penting, tapi mempertahankan hubungannya denganmu bukan hal main-main baginya.

Kadang kita sering tidak bersyukur dan memilih untuk membandingkan pasangan kita dengan cowok lain. Akhirnya, kita justru menyesal karena kehilangan milik kita yang paling berharga. Jadi jaga baik-baik pasanganmu yang punya ciri-ciri di atas, ya!