Dapat undangan nikah dari teman sih biasa, kamu juga pasti senang-senang aja. Tapi, bagaimana kalau undangan yang datang itu dari mantan? Diam-diam ada yang berkecamuk di dalam dada. Bukan cuma persoalan masa lalu, tapi kekhawatiran lain yang mendadak muncul seperti, kira-kira bagaimana ya reaksi kamu dan mantan saat bertemu kembali disituasi yang berbeda sekali?

Mungkin kamu berpikir sederhana, bahwa menghindar atau tidak datang ke nikahan mantan akan membuatmu terlihat masih baper dan belum bisa move on. Tak apa-apa kok kalau kamu memang ingin datang ke acara itu. Namun, sebelum datang, ada baiknya kamu pikirkan beberapa hal ini. Ya sebagai pertimbangan juga supaya perasaanmu aman-aman aja waktu datang ke sana.

1. Jangan datang sendiri. Pikirkan lagi buat mengajak pasanganmu yang sekarang, gebetan atau siapa pun yang penting ada teman

ajak seseorang via unsplash.com

Advertisement

Datang ke nikahan mantan, sebenaranya sama aja seperti kamu menghadiri acara nikahan teman-teman yang lain. Di sana, kamu cukup setor wajah, memberi ucapan serta sedikit berbasa-basi entah kepada mempelai, atau teman-teman lain yang kebetulan bertemu di sana. Namun, karena ini acara nikahan mantan, gengsi dong kalau kamu datang sendiri tanpa ada pendamping atau teman. Miris juga kalau kamu datang ke sana sendiri menyaksikan mantan duduk di pelaminan dengan pasangan halalnya.

Makanya, kamu perlu memikirkan kembali untuk mengajak seseorang datang ke acara itu. Buat yang sudah punya pasangan sih gampang, ya tinggal ajak aja si doi yang sekarang. Kalau pun masih dalam tahap PDKT, gebetanmu pasti senang dan oke-oke aja diajak. Nah, sedangkan kamu yang masih jomblo, nggak perlu khawatir. Kamu bisa kok ajak teman untuk ke sana. Yang terpenting, jangan sampai kamu datang sendiri ke sana.

2. Buktiin juga tanpa dia kamu jauh lebih baik, salah satunya urusan penampilan. Jadi rencanakan dengan matang busana sampai dandanan

perhatikan dandanan via www.pexels.com

Mantan boleh aja selangkah di depan kamu untuk urusan nikah. Kamu tetap jangan mau kalah. Tunjukin ke mantan, kalau setelah berpisah dari dia kamu jauh lebih baik, salah satunya ya urusan penampilan. Jangan datang ke acaranya dengan dandanan biasa saja. Tapi jangan sampai norak juga. Pokoknya pastikan dandananmu kekinian tapi tetap elegan. Kalau perlu, minta pendapat teman yang selera fashionnya bisa diandalkan. Ya, buat mantan sedikit nyesel karena udah mutusin kamu dulu, dan sekarang ninggalin nikah sama orang lain.

Advertisement

“Dear, mantan maafkan aku yang dulu ya! Yang biasa aja, dan nggak sekeren sekarang.” Hehehe…

3. Di sana kamu pasti bakal ketemu sama teman-teman yang lain. Pastikan mental kamu kuat saat ada obrolan masa lalu, pokoknya jangan sampai kelihat baper gitu

siapkan mental ketemu teman via www.pexels.com

Cerita lalu kamu dan mantan memang sepenuhnya punya kalian. Tapi jangan lupa, di sekitar kalian juga ada teman-teman yang setia mengikuti cerita kalian. Ingetkan, dulu kamu sering jalan-jalan atau nongkrong bareng sama teman-teman dia. Inget juga, teman-teman dia pernah bantuin kamu buat ngasih kejutan. Pokoknya, di setiap cerita kalian teman-teman si mantan ini juga nggak ketinggalan.

Duh, ini yang agak bahaya. Namanya juga teman, apalagi udah lama nggak ketemu. Nostalgia dengan cerita-cerita lalu udah pasti jadi bagian yang akan kamu temuin saat berbasa-basi dengan mereka. Kalau begini, kamu udah harus siap mental dari sekarang. Mau obrolan itu bercanda atau emang serius, ya udah dibawa kalem aja. Jangan sampai kamu kelihatan baper deh. :’)

4. Ucapan kapan nyusul udah pasti nggak bisa kamu tolak. Siapakn jawaban cerdas, supaya kamu nggak nyesek jadinya

siapkan jawaban saat ditanya nyusul kapan via www.pexels.com

Di acara nikahan teman aja, kamu sering dapat pertanyaan “kapan nyusul?” Bisa dipastikan, pertanyaan ini juga akan kamu temui di acara nikahan mantan. Daripada nanti kamu bingung mau jawab apa, nggak ada salahnya sedari sekarang kamu nyiapin jawaban cerdas. Misalnya,

Teman kamu: Eh, Si A udah nikah tuh. Kamu kapan nyusulnya? Jangan-jangan kamu masih belom bisa move on ya dari dia.

Kamu: Aku sengaja nunggu dia nikah duluan. Biar tahu gimana rasanya dapat undangan dari mantan. Eh ternyata biasa aja ya. (bohong dikit sih)

5. Tunjukan juga kalau kamu punya hati yang lapang dengan menyiapkan kado spesial untuk mantan dan pasangan. Jangan cuma amplop berisi satu lembar uang

siapkan hadiah yang spesial via www.pexels.com

Memberi amplop saat kondangan emang paling simpel. Nggak harus ribet nyari barang, dan membungkusnya dengan rapih. Tapi kali ini, khusus untuk mantan, kamu harus memberikan dia kado. Bukan karena dulu dia pernah spesial di hati kamu. Kamu cuma pengen tunjukin aja ke mantan, kalau hati kamu begitu lapang. Mau dulu disakitin seperti apa, saat dia nikah kamu masih berbaik hati datang membawa bingkisan pula.

Hai mantan, aku rapopo kok! :’)

6. Karena pernikahan mantan itu sebenarnya hal yang biasa aja, pastikan kamu untuk tetap santai dan tenang. Jangan sampai ada momen Awkward di antara kalian

santai dan tenang via www.hitched.co.uk

Ambil napas dalam-dalam. Perhatikan baik-baik undangan dari mantan yang kamu pegang. Supaya kamu tetap santai dan tenang, anggap aja undangan itu datang dari teman atau kenalan biasa. Karena memang pernikahan mantan juga hal yang biasa, sama seperti nikahan teman atau kerabat yang lainnya. Apalagi kamu sendiri katanya sudah move on. Yah, meski ada sedikit rasa yang mengiris-iris hati, usahakan kamu tetap tenang dan tetap tersenyum saat menyalami mantan ya. Jangan sampai tercipta momen awkward di antara kalian.

Mau menghadiri pernikahan mantan atau menghindar, itu sepenuhnya hak kamu. Tak perlu memaksakan diri bila kamu memang merasa belum move on sepenuhnya. Namun, bila kamu memang ingin datang, pastikan kamu datang dengan elegan 🙂

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya