Hubungan jarak jauh kelihatannya memang serba sulit. Rentangan jarak membuat kamu tidak mudah bertemu dan bertatap muka langsung dengan pasangan. Belum lagi, kegiatan komunikasi lama-lama bisa terasa rutin dan hanya sekadar ritual.

Tapi sebelum semuanya menjadi benar-benar sulit dan membuat kalian menyerah, coba deh beberapa tips di bawah ini. Hipwee sudah mengumpulkan beberapa tips supaya LDR tetap seru dan menyenangkan. Yuk, simak!

1. Bertanya “Udah makan?” atau “Sedang apa?” sah-sah saja, tapi supaya gak bosan, coba deh tanya hal-hal berikut ini juga.

Tanyakan hal lain juga

Supaya komunikasi tidak membosankan, kamu bisa membumbui percakapan dengan pertanyaan lain. Karena, setelah seharian sibuk dengan kegiatan masing-masing, sudah seharusnya juga banyak hal yang bisa kamu tanyakan kepada pasanganmu. Sederhana saja, mulai dari perkembangan kegiatan atau pekerjaan yang sedang kalian lakukan, hingga kabar terbaru entah itu peristiwa penting di sekitar lingkungan kalian atau hanya sekedar info musik, film, buku dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kegemaran kalian.

“Kamu suka ERK ;kan? Mereka mau konser di sini, lho. Kamu nggak pengen pergi nonton sama aku?” atau

“AADC2 kapan tayangnya di sana? Aku pesanin tiketnya ya, karena aku akan kembali dalam satu purnama.

2. Rencanakan pergi ke tempat yang serupa tapi tak sama dalam waktu bersamaan. Misalnya kafe atau taman di kota masing-masing kalian

Advertisement

Sama-sama sepedaan~ via tumblr.com

Siapa bilang perbedaan tempat membuat kamu tidak bisa pergi menikmati secangkir teh atau kopi dengan obrolan hangat bersama dia. Kamu bisa merencakan pergi ke sebuah kedai atau kafe di waktu bersamaan dengan dia. Sembari menikmati minuman dan camilan, kalian bisa berbagi cerita atau bercanda meski lewat pesan elektronik. Abaikan orang-orang sekitar yang mungkin mencibir kamu aneh, karena sibuk berbahagia sendiri dengan gadgetmu. Toh kebahagian itu memang hanya untuk kalian.

Atau mungkin saja ada hal-hal serupa yang kebetulan kalian temui di tempat yang berbeda.

Kamu: “Di sini tiba-tiba hujan…”

Pasanganmu: “Di sini udah dari semalam hujannya…”

Dan mendadak hujan menjelma rindu yang membuat hati kalian menggigil. Hehe.

3. Telepon nggak harus selalu diisi curhat. Kalian juga bisa menikmati sesi ini dengan bernyanyi!

Karaoke, tapi dari beda kota via insane-addiction.tumblr.com

Memang nggak semua orang suka bernyanyi bersama pacar. Tapi, nggak ada salahnya juga kan untuk mencoba kegiatan ini. Siapa tahu, ini juga bisa membuat kalian terhindar dari curhat di saat yang tak tepat (Mungkin dia sendiri banyak pikiran atau masalah, mungkin dia nggak bisa fokus pada curhatanmu, dll.)

Kamu bisa sama-sama saling menghibur dan melupakan sejenak beban kalian. Meski mungkin suara kalian sama-sama tidak merdu, tapi bukankan cinta bisa membuat semuanya terasa lebih indah jika dilakukan berdua.

4. Meski raga kalian berjauhan, bukan berarti kalian tidak bisa membuat proyek bersama

Bikin proyek crafting bareng via halloweencrafts.tumblr.com

Hubungan yang sehat itu bisa membuat kamu dan pasangan berkembang bersama. Beruntung kalau kamu dan dia punya hobi yang sama, misalnya menulis. Kalian bisa membuat sebuah “proyek” seperti satu hari menulis satu sajak, atau 30 hari bercerita. Tapi kalau kamu dan dia punya hobi yang berbeda, nggak ada salahnya juga menyatukan kedua hobi tersebut untuk membuat sebuah karya. Bisa saja jika dia hobi fotografi, sedangkan kamu yang hobi menulis mencoba mereka-reka cerita dari gambar yang diambil olehnya.

Siapa tahu juga kelak protek kamu dan pasanganmu itu bisa benar-benar diterbitkan dan memberi inspirasi ke para pejuang LDR yang lain, seperti pasangan pemilik The Dusty Sneakers. Raga boleh berjauhan, tapi bukan berarti pikiran kalian tidak bisa didekatkan dan disatukan.

5. Biar seru, bikin juga deh kompetisi bersama. Yang menang boleh minta hadiah apa aja!

Kompetisi paling dulu nyelesaiin buku~ via tumblr.com

Kalau kalian bisa membuat project bersama, bukan hal yang mustahil juga untuk kamu dan dia untuk membuat kompetisi. Sederhana saja, seperti siapa yang lebih dulu menyelesaikan sebuah novel, atau siapa yang lebih dulu berhasil menjalankan diet. Sedangkan hadiah untuk kompetisi yang kalian lakukan, kamu dan dia bisa membuat sebuah kesepakan lucu dan konyol. Misalnya aja, yang menang boleh upload foto konyol yang kalah di Instagramnya, dan yang kalah gak boleh protes!

6. Sesekali kalian harus menulis surat! Gak cuma surat biasa, tapi juga surat yang baru bisa dibuka khusus di saat-saat tertentu

Nulis surat via imgur.com

Ada kalanya pesan elektronik dan telepon tidak cukup untuk menjelaskan dengan detail hal-hal yang sangat penting. Daripada ada kesalahpahaman di antara kalian, lebih baik luangkan waktu sejenak untuk  menulis semua perasaan dan uneg-uneg kalian dengan sejelas-jelasnya.

Bisa juga surat menjadi pengingat dia kepada hal-hal yang berhubungan dengan kamu. Terinspirasi Mikki Miller, seorang desain grafis dari Minnesota yang mengisi sebuah koper dengan amplop-amplop bertuliskan instruksi khusus untuk pasangannya:

“Buka surat ini kalau kamu sedih.”

“Buka ini kalau kamu lagi kangen makan Sop Pak Min.”

7. Jangan lupa untk selalu percaya. Jarak ini cuma sementara, kamu dan dia pasti bisa mengalahkannya

Karena hubungan yang tak lekang oleh waktu adalah cita-cita kamu dan dia, kalian pasti bisa mengalahkan jarak yang hadir hanya sementara ini. Jangan menyerah, ya. Yuk, lakukan tips-tips di atas supaya hubunganmu dan dia tambah terasa hangatnya! 🙂