Jadi semuanya udah siap. Baju udah diseterika, yang cowok udah cukuran dan wangi, kendaraan udah dicuci, sementara cewek udah berdandan cantik. Serta yang paling penting, kamu udah punya pasangan buat kencan malam ini. Tapi apakah persiapanmu udah cukup untuk meninggalkan kesan yang dalam kepada teman kencanmu? Ingat, sebuah kencan akan menentukan keberlangsungan kencan kedua, ketiga hingga jadian.

Dalam artikel ini Hipwee akan beberkan beberapa tips yang bisa kamu usahakan demi kesempurnaan kencanmu malam ini.

1. Bikin rencana yang jelas kalian mau kencan kemana

Aku mau bawa kamu ke aquarium

Aku mau bawa kamu ke aquarium via koalasplayground.com

Advertisement

Terutama kalau kamu adalah pihak yang pertama kali mengajak kencan (biasanya sih cowok). Kamu harus bisa mengambil keputusan kemana kalian akan menghabiskan waktu bersama. Hindari muter-muter gak jelas sambil berharap ada ide buat kencan tiba-tiba datang ke benakmu. Teman kencanmu pasti gak suka, karena kamu terlihat gak tahu mau apa dan membosankan. Sebagai orang yang mengajak kencan kamu harus udah menyiapkan ide untuk berduaan sejak dari rumah, bahkan kalau perlu kamu utarakan pas kamu ngajak dia jalan, “Kamu ada acara malam ini? Aku mau ngajak kamu ke restoran Meksiko kalau kamu berkenan.” Jika teman kencanmu menawarkan beberapa ide kencan, pilih satu jangan bertele-tele.

2. Hindari topik mengenai mantan masing-masing

Jangan pernah membicarakan masalah mantan di kencan pertama dan jangan memancing dia untuk bicara soal mantannya juga. Ya, ampun ini kan baru kencan pertama, buat apa bicara soal mantan yang bisa-bisa menjadi topik yang terlalu emosional. Lagian, dia juga gak tertarik untuk mendengarkannya dan kamu jadi terlihat belum move on. Bicarakan topik yang menyenangkan seperti hobi, pekerjaan atau rencana dan cita-citanya dalam waktu dekat.

3. Jika selera humor kalian sama, ceritakan satu-dua lelucon

Tell a joke

Tell a joke via localemagazine.com

Mood pada kencan pertama pasti menyenangkan bila kalian memiliki selera humor yang sama. Jika memang benar demikian, gak ada salahnya kamu ceritaka sebuah lelucon atau pengalaman lucu yang pernah kamu lalui. Lagian, salah satu kriteria pasangan idaman adalah dia yang bisa membuat lawan bicaranya tertawa. Tapi selalu ingat untuk mengeluarkan lelucon yang cerdas, jangan bersifat slapstick, jorok dan menyudutkan. Ikuti panduan menceritakan joke  pada pasangan di sini.

4. Boleh aja bercerita mengenai dirimu tapi secukupnya aja

Jangan bikin dia bosan

Jangan bikin dia bosan via ryanseacrest.com

Advertisement

Dia pasti ingin mengetahui beberapa hal mengenai dirimu tapi jangan belebihan, cerita secukupnya aja. Karena peserta kencan ini ada dua orang, bukan kamu sendiri. Cerita sedikit soal hobi, pekerjaan, atau bakat terpendam yang kamu miliki hindari bercerita masalah pribadi apalagi kalau kamu terlilit hutang. Pastikan percakapan kalian berjalan dua arah agar dia gak kebosanan, kalian saling menimpali atau mengajukan pertanyaan. Kalau kamu termasuk orang yang suka ngomong tanpa jeda, ingatlah untuk selalu bertanya “Kalau kamu gimana?” tiap kali kamu mengakhiri pernyataan.

5. Kenakan pakaian yang membuatmu nyaman dan percaya diri. Tapi tetap membuatmu tampil menarik, tentunya

Sesuai dengan acaranya

Sesuai dengan acaranya via taboojive.com

Yang pasti kamu harus memekai busanya yang nyaman dan pantas. Inilah gunanya membuat rencana sebelum kencan jadi kamu tahu pasti style apa yang cocol, kasual, formal atau diantara dua-duanya? Kasual paling cocok buat kegiatan kencan yang melibatkan jalan-jalan, outdoor. Sementara makan malam romantis lebih cocok untuk dress. Jika teman kencanmu ragu mau kemana atau dia menyiapkan kejutan, amanya kamu bergaya smart casual, jins dipadu atasan kemeja/dress dengan sneakers. Cowok, haram hukumnya kalau kamu pergi kencan cuma mengenakan kaos oblong dan celana training, kecuali kalau kencanmu sambil jogging. Dan bagi cewek, gak perlu pake sepatu hak tinggi kalau kamu gak lihai mengenakannya.

6. Selalu bikin suasana yang cair, jangan perlihatkan kalau kamu canggung

Jangan biarkan kalian canggung

Jangan biarkan kalian canggung via wallpaperscraft.com

Suasana canggung biasanya langsung menghampiri saat kalian di dalam perjalanan maupun saat menunggu pesanan datang (jika kalian makan). What next? Apa yang harus dibicarakan? Triknya ialah selalu memulai dengan pertanyaan, dari situ kamu akan menemui kesamaan diantara kalian dan percakapan akan segra mengalir. Bicarakan soal makanan yang barusan ia pesan, apakah dia emang penggemar menu tersebut? Bagaimana dengan musik yang lagi dimainkan? Genre apa yang ia gemari. Apapun yang kalian bicarakan, jangan pernah ungkapkan “Aduh, canggung banget ya...” karena itu hanya bikin suasanan makin canggung.

 7. Temukan jalan tengah untuk menentukan siapa yang harus membayar biaya kencan

Siapa yang bayar?

Siapa yang bayar? via www.cavemag.com

Sebagai cowok kamu pasti merasa gak enak kalau gak berusaha membayar, dia pun kemungkinan besar mengira kamu yang akan membayar pengeluaran kencan kalian. Jika kamu merasa yakin dan mampu, sebelum diminta segera ambil tagihannya, keluarkan dompet sambil tersenyum bilang, “Biar aku yang bayar…

Kalau kamu cewek dan mendengar bahwa dia berniat membayar, sampaikan kalau kamu berterimakasih. Kalau kamu emang berikeras mau bayar, utarakan maksudmu. Jika kalian berdua sama-sama bersikeras buat bayar, bagi dua bayarannya. Gak apa-apa kok.

Usahakan gak berlebihan dalam kencan — artinya kamu gak terlalu mengumbar rahasia pribadi, perasaan emosional dan hal-hal yang membuat kamu seakan-akan “ngarep” gitu. Tetap sopan, berpakaian yang pantas serta hangat. Nikmati kencan kalian seperti penjajakan apakah kalian pantas untuk melanjutkannya ke kencan-kencan berikutnya.

Semoga kencanmu malam ini berhasil!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya