Hubungan sepasang kekasih memang selayaknya dijalani dengan kata ‘saling’. Itu artinya nggak hanya satu pihak saja yang mengupayakan kebahagiaan dalam hubungan tapi juga keduanya. Sejatinya, bukan pasangan yang sempurna yang kamu butuhkan. Tapi pasangan yang mampu menggenapimu, karena pasangan sempurna itu sudah pasti sulit sekali didapatkan bahkan nyaris tak bisa. Bagaimana pun setiap insan di dunia ini nggak pernah ada yang luput dari kekurangan.

Berharap memiliki pasangan yang baik itu sah-sah saja, asalkan kamu pun berusaha menjadi yang terbaik untuknya. Bagaimana bisa kamu mendapatkan yang baik tapi kamunya saja nggak berusaha jadi yang terbaik? Kamu berhak bersanding dengan dia yang mampu membuatmu merasa lengkap dan bahagia. Kamu memang patut bersyukur kalau dia yang di sampingmu sudah punya 6 sifat ini.

1. Dia yang ikhlas banyak memberi tanpa pernah menghitung untung dan ruginya, yang penting hubungan ini tetap berjalan bahagia

Ikhlas banyak memberi via Www.pexels.com

Advertisement

Cinta itu tak pernah menghitung untung rugi, cinta pun tak pernah berhutang. Semuanya selalu tulus dia berikan tanpa meminta timbal balik darimu. Baginya, kebahagiaanmu penting dan demi kebaikan hubungan pula pastinya. Hal ini bukan hanya soal materi semata, tapi juga soal kasih sayang dan waktu yang dia punya untukmu.

Nggak cuma dia seorang, tapi kamu juga harus peka memahami apa yang dirinya butuhkan dalam hubungan. Kedua belah pihak memang harusnya menyadari arti memberi dan menerima dengan porsi yang setara. Kamu pun harusnya mengerti kalau hanya dia yang selalu banyak memberi dan berjuang mati-matian, malah akan membuat hubunganmu jadi berat sebelah dan jadi terasa nggak sehat.

2. Adanya kehadiranmu tak pelak membuatnya abai menjalani cita-citanya sendiri, dia tetap jadi sosok yang pandai mawas diri

Dia masih bisa mawas diri via Www.pexels.com

Meski ada kamu di sampingnya, tapi dia tetap mampu bertanggung jawab penuh atas hidupnya. Dia tau apa yang dia mau dan bagaimana harus melangkah demi sampai ke tujuan dan cita-citanya sendiri. Demi kelak bisa memimpinmu dalam keluarga, dia pun juga harus bisa memimpin dirinya sendiri terlebih dahulu.

Advertisement

Dia nggak akan bergantung sepenuhnya pada orang lain termasuk kamu. Selagi bisa mengerjakannya sendiri dia nggak akan merepotkan orang lain dan nggak akan membiarkanmu ikut memikul beban maupun tanggung jawab hidupnya. Bukan tak ingin dibantu, hanya saja dia nggak mau membuatmu merasa terbebani dalam hubungan.

3. Dengannya kamu akan selalu tergenapi, karena dia nggak mementingkan egonya sendiri

Kamu merasa tergenapi via Www.pexels.com

Kalau pasanganmu saat ini pintar mengolah emosi dan nggak mementingkan egonya sendiri, sudah sepatutnya kamu bersyukur dan jangan sia-siakan orang ini karena hal tersebut bisa jadi pertanda kedewasaannya. Baginya, kata kasar nggak pantas terlontar di depanmu. Semarah apapun, dia akan lebih memilih diam dan menjauh sejenak daripada harus memaki dan menyakiti hatimu. Dia pun tak pernah banyak mengatur hidupmu ataupun mengekangmu demi ego pribadinya dengan mengatasnamakan cinta.

4. Masa lalu nggak dijadikannya patokan, karena yang terpenting adalah kamu yang sekarang dan masa depan hubungan kalian

Yang penting kamu yang sekarang via Www.pexels.com

Masa lalu seseorang itu sudah nggak sepatutnya lagi untuk dikorek dan diungkit kembali, entah itu baik ataupun buruk tetap saja itu nggak akan ada manfaatnya untuk diungkit kembali. Mungkin terkadang ada beberapa hal yang bisa kita petik dari kejadian yang sudah berlalu, namun tetap saja hal itu nggak bisa menjadi patokan untuk menentukan baik dan buruknya seseorang.

Baginya, menerimamu tandanya dia juga harus menerima masa lalumu. Apa yang sudah kamu lakukan dulu itu tetap nggak akan mempengaruhi perasaannya padamu, karena yang terpenting adalah seperti apa kamu sekarang bukan seperti apa masa lalumu. Toh masih ada masa depan yang bisa jadi lebih baik, kenapa harus memfokuskan masa lalu?

5. Dia tetap menghormati waktu sendirimu dan tak pernah memaksa kamu untuk selalu berdua dengannya

Biar ngga berduaan mulu via Www.pexels.com

Meski kini kamu pasangannya, tapi hal itu nggak berarti kamu harus terus selalu berdua dengannya. Dia juga menghormati ruang lingkupmu dan waktu sendirimu, baik kamu atau dia tetap harus punya waktu untuk sendiri sebesar apapun rasa cinta kalian.

Dia yang tau bagaimana cara mencintaimu dengan dewasa nggak akan memaksakanmu untuk selalu berdua bersamanya, dia tau porsinya sejauh mana dia meminta waktumu. Pasangan yang baik pasti akan mengerti kalau kamu juga butuh waktu sendiri, entah untuk menyenangkan diri sendiri, menggeluti hobi atau berkumpul bersama teman-teman kamu.

6. Dia tak hanya membuatmu merasa dimengerti, tapi juga bisa membimbingmu menjadi versi terbaikmu

Membimbingmu juga via Www.pexels.com

Terlepas dari semua sikapnya yang dewasa dan selalu membuatmu merasa dimengerti, pasti akan selalu ada kekurangannya. Saat dia berani mengkritikmu secara terang-terangan atau dengan cara tetap menjaga perasaanmu sekali pun, tetap saja hal itu dilakukan bukan tanpa sebab dia hanya ingin kamu juga bisa berkembang menjadi lebih baik saat bersamanya.

Dia pun nggak hanya berperan sebagai seorang pendamping untukmu, tapi juga seorang kakak yang bisa mengayomimu dan menjagamu. Ketika sifatmu yang kekanak-kanakan itu menggunggunya atau bahkan merugikan dirimu sendiri, dia nggak akan segan-segan untuk langsung bicara karena hubungan ini bukan hanya soal yang-yangan tapi juga memperbaiki diri beriringan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya