Sejarah Perbucinan Dunia. 5 Kisah Ini Bukti Bahwa Bucin Sudah Ada Sejak Dahulu Kala

Kisah Cinta Paling Bucin

Ada temanmu yang setiap kali diajak nongkrong bareng selalu bilang “Ntar ya, aku bilang pacarku dulu”. Dalam hatimu pun langsung berkata “Ya elah, bucin!”. Di waktu yang lain, kamu mendapati temanmu rela menabung berbulan-bulan, katanya buat beliin kado pacar. Hmm, bucin detected.

Advertisement

Banyak banget nih kisah bucin yang beredar di sekeliling kita. Meskipun istilah itu baru populer beberapa tahun belakangan, percaya nggak kalau bucin sudah ada sejak zaman dahulu kala? Ya meski beberapa bukan kisah nyata, tapi kisah-kisah bucin sebenarnya sudah ada bahkan sejak zaman romawi. Misalnya beberapa kisah di bawah ini.

1. Cleopatra dan Mark Anthony – cinta yang mengubah arah politik kerajaan

Mark Anthony dan Cleopatra via id.pinterest.com

Kalau menyebut Cleopatra, mungkin kita langsung terpikir Julius Caesar. Padahal, kisah cinta Cleopatra dan Mark Anthony ternyata lebih greget sekaligus ngenes. Cinta yang membara Anthony kepada Cleopatra yang juga ratu mesir, ternyata bisa mengubah pandangan dan pergerakan politik Romawi, karena Anthony jadi lempeng dan terlalu sibuk mengurus Cleopatra daripada mengurus negara. Hal ini membuat Octavian, yang merupakan sekutu Anthony di Romawi jadi marah.

Perselisihan keduanya semakin meruncing, dan akhirnya perang meletus. Pasukan Octavian berhasil mengalahkan pasukan Anthony dan Cleopatra serta menjadikan keduanya tawanan. Apa yang terjadi selanjutnya mirip dengan kisah Romeo dan Juliet. Anthony yang mendengar tentang kematian Cleopatra memutuskan untuk menusuk dirinya sendiri. Sedangkan Cleopatra yang mendengar berita kematian kekasihnya, memutuskan bunuh diri dengan membiarkan seekor ular berbisa menggigitnya.

Advertisement

2. Jack Dawson dan Rose DeWitt Bukater – kisah cinta yang ikut tenggelam bersama kapal Titanic

Scene ikonik di film Titanic via www.mentalfloss.com

Kisah cinta Jack Dawson dan Rose DeWitt Bukater sama legendarisnya dengan kapal Titanic itu sendiri. Jack Dawson adalah seniman miskin yang menang lotere dan menjadi penumpang kelas tiga. Sebaliknya, Rose DeWitt Bukater tunangan pengusaha kaya yang menjadi penumpang kelas satu. Takdir pun mempertemukan mereka dan saling jatuh cinta. Sayangnya, seperti yang kita tahu semua, kapal pesiar mewah Titanic tenggelam di pelayaran perdananya.

Banyak adegan yang berkesan dari film yang sempat jadi film terlaris selama 12 tahun ini. Salah satunya adalah ketika Jack dan Rose sudah terlempar ke laut karena kapal tenggelam. Mereka menemukan sebilah papan, Jack meminta Rose untuk naik sementara dirinya tetap di air laut yang sangat dingin. Padahal ‘kan bisa papannya ditempati berdua, atau Jack mencari papan lain untuk menyelamatkan diri. Hingga akhirnya, Jack tewas karena membeku. Meski kisah cinta ini fiksi, ada dugaan tentang tokoh nyata yang menginspirasi tokoh Jack dan Rose. Meski dalam kisah aslinya, kedua tokoh nyata itu nggak saling berkaitan.

3. Shah Jahal dan Mumtaz Mahal – kisah persembahan cinta yang berujung penjara

Advertisement

Taj Mahal simbol cinta Shah Jahan via matadornetwork.com

Taj Mahal merupakan salah satu bangunan yang ikonis di India. Bangunan yang juga termasuk salah satu dari 7 keajaiban dunia ini dianggap sebagai simbol cinta karena dibangun oleh Raja Shah Jahan untuk sang istri Mumtaz Mahal, yang merupakan istri tiga sekaligus yang paling disayangi meninggal dunia setelah melahirkan putra ke-14 Raja Shah Jahan. Sebelum meninggal, sang istri sempat berpesan agar raja nggak menikah lagi serta membangun sebuah monumen untuk mengabadikan cinta mereka.

Meski syarat akan romantisisme, ternyata ada kisah tragis di balik pembangunan Taj Mahal ini sendiri lho. Dibutuhkan waktu 11 tahun dan 20 ribu pekerja serta biaya yang sangat banyak untuk membangun Taj Mahal. Saking banyaknya, membuat Raja Shah Jahan dikudeta dan dipenjarakan oleh putranya sendiri sebelum sempat mewujudkan mimpi membangun makamnya di samping makam sang istri. Setelah dipenjara di benteng Agra, yang dilakukan oleh Shah Jahan hanyalah memandangi Taj Mahal di kejauhan dari balik jendela hingga akhir hayatnya.

4. Qays dan Laila – cinta gila yang senyata-nyatanya gila

Laila – Majnun via en.wikipedia.org

Ada beberapa versi dari kisah ini, tapi banyak yang meyakini ini kisah nyata. Qays dan Laila sudah bertemu sejak masih remaja dan jatuh cinta. Saat sudah dewasa, Qays memberanikan diri untuk melamar Laila. Sayangnya, perbedaan kasta membuat lamaran itu ditolak. Bahkan, Laila kemudian dipaksa menikah dengan orang lain. Mendengar hal ini, Qays memilih mengasingkan diri di tengah hutan, hidup sendiri dalam patah hati. Karena hal ini juga banyak yang menganggal Qays gila karena cinta.

Ketika akhirnya sang suami meninggal dunia, Laila ingin menemui Qays yang masih mengasingkan diri. Namun, adat melarang seorang istri untuk tidak bertemu siapa pun selama dua tahun setelah suaminya meninggal. Patah hati dan siksaan rindu yang dialaminya membuat Laila menyerah dan meninggal dunia. Qays pun meninggal dunia di samping makam Laila.

5. Prince Edward dan Wallis Simpson – rela turun takhta untuk bisa hidup dengan orang yang dicinta

Prince Edward dan Wallis Simpson via nypost.com

Yang satu ini pasti sudah nggak asing. Apalagi sejak pengunduran diri Prince Harry dan Meghan Markle yang menyedot perhatian, kisah-kisah Royal Family pun ikut mencuat. Prince Edward adalah kakak dari King George VI, ayah dari Queen Elizabeth II. Sejatinya, Prince Edward merupakan pewaris pertama setelah sang ayah King George V mangkat.

Hanya beberapa bulan menjadi raja, Prince Edward memutuskan untuk turun karena perempuan yang dicintainya, Wallis Simpson, nggak bisa diterima oleh kerajaan. Pasalnya, Wallis Simpson menyandang status janda sosialita, yang pada saat itu bahkan belum sepenuhnya lepas dari sang mantan suami. Demi hidup dengan orang yang dicintainya, Prince Edward pun memutuskan untuk mundur dan menyerahkan takhta kepada sang adik, King George VI.

Kisah-kisah di atas menggambarkan bahwa cinta menuntut pengorbanan yang besar. Juga bagaimana seseorang bisa melakukan hal-hal yang nggak masuk akal karena cinta. Well, kadang sulit membedakan antara bucin dan cinta yang tulus. Mungkin cara paling gampang adalah membatas agar cinta ngga sampai merugikan diri sendiri.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta harapan palsu, yang berharap bisa ketemu kamu.

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE