Dalam mengungkapkan rasa cinta, kasih, dan sayang memang banyak caranya. Bisa kamu ungkapkan melalui sikap, atau bisa kamu ucapkan secara langsung. Ucapan yang paling mainstream dalam mengungkapkan hal ini adalah…

Aku sayang banget sama Ayah!
Aku cinta kamu, Sayang.
I love you, Mama!
Saranghae!

Tapi, sebenernya mengekspresikan rasa sayangmu pada orang-orang terdekatmu nggak melulu pakai ungkapan di atas. Kadang, ada juga kata yang sebenernya sudah cukup untuk mewakili kalo kamu sayang sama mereka. Apa sajakah itu? Kita simak bersama yuk 13 kata-kata penuh makna ini.

1. “Kamu jangan capek-capek. Nanti sakit, lho.”

Baca sms dari orangtua… via www.chainimage.com

Waktu menuntutmu banyak hal. Dalam hal tugas-tugas kuliah, organisasi, sampai pada pekerjaan. Orang-orang terdekatmu yang tau akan seluruh aktifitasmu pun pasti akan mengkhawatirkanmu. Tidak jarang mereka akan bilang hal ini berulang kali…

Advertisement

Jaga kesehatanmu, jangan terlalu capek. Kalau sakit, nanti repot sendiri.

Mungkin kamu akan bosen denger nasihat ini berulangkali, tapi ini adalah ungkapan sayang mereka sama kamu. Bahkan, sebenernya kamu nggak sadar kan.

2. “Aku tau kamu lagi nggak baik-baik aja. Ceritain aja, jangan ditahan.”

Kami selalu ada via pixlisting.com

Kalimat ini adalah bukti bahwa orang-orang yang menyayangimu selalu ada di sisimu tanpa harus bilang ‘I Love You’. Saat kamu sedang dalam suasana hati yang terpuruk, orang-orang terdekatmu seperti mendapat feeling yang sama.

Walau kamu nggak bilang, dengan senang hati mereka akan berinisiatif untuk menanyakan langsung padamu. Entah melalui telepon atau sekedar pesan singkat. Mereka tidak ingin orang yang disayanginya menjalani masa sulit sendirian. Mereka ingin membagi beban itu supaya kamu tidak terlalu terpuruk.

3. “Mau aku temenin?”

Abang temenin via thuriel.deviantart.com

Kamu lagi dimana, Sayang?
Ini mau cari makan. Laper banget
Mau aku temenin? Daripada sendirian gitu.

Mungkin ungkapan ini memang terlihat biasa, bahkan bisa dialami oleh siapa, dimana, dan kapan pun. Tahukah kamu, nggak semua orang mau meluangkan waktunya hanya untuk menemani seseorang makan. Hal ini bukan jadi hal penting buat kebanyakan orang. Tapi dia, saat itu sedang mengungkapkan sayangnya padamu dengan menyamarkan kata I love you.

4. “Buat kamu aku selalu ada waktu, kok.”

Anytime via vk.com

Aku mau curhat nih. Kamu lagi sibuk nggak?
Cerita aja, aku selalu ada buat kamu, kok. Kapanpun itu.

Waktu adalah hal yang sangat berharga, akan sangat disayangkan jika untuk hal-hal yang kurang penting dan bermanfaat. Jika ada seseorang yang meluangkan waktunya untukmu dengan senang hati, maka kamu adalah orang yang memang berharga buatnya.

Dia bahkan menjadikanmu salah satu prioritas utamanya, karena dia memang sayang sama kamu. Sahabatmu adalah salah satunya. Walaupun mendengar ocehanmu, mereka akan selalu ada untuk jadi pendengar dan pemberi saran setiamu.

5. “Pake punyaku aja. Ngembaliinnya kapan-kapan bisa.”

Saat kamu sedang membutuhkan sesuatu, tanpa kamu bicara, orang terdekatmu dengan sigap akan membantu. Mungkin saja saat itu, kamu sedang butuh payung buat pulang di sore hari yang hujan. Ketika dia meminjamkanmu payung kesayangannya dan bilang…

Pake aja. Ngembaliinnya santai aja kapan-kapan.

…. artinya dia care sama kamu. Jangan sia-siakan kehadiran mereka dalam hidupmu.

6. “Makasih udah nyempetin waktu buat seneng-seneng bareng.”

Thanks! via poxe.ru

Menyempatkan waktu untuk dihabiskan bersama butuh usaha ekstra memang. Untuk menunggu dan mencocokkan jadwal nggak semudah yang dikira. Ketika dia mengungkapkan rasa terima kasih itu padamu, hal ini menandakkan bahwa kamu adalah orang spesial baginya. Nggak perlu bilang aku sayang kamu tiap saat kan, kalau dengan kalimat ini memang punya makna yang dalam.

7. “Kalau ada masalah, cepet hubungi aku ya.”

Hubungi kita pokoknya via 1000pluscoffees.tumblr.com

Rasa cinta dan sayang tidak melulu diungkapkan dengan kata-kata klise. Yang orang-orang terdekatmu inginkan adalah menjadi sosok penting juga bagimu. Bahkan, saat kamu ada masalah, mereka ingin menjado sosok siaga yang akan segera membantumu tanpa pamrih.

8. “Nggak perlu khawatir, semua akan baik-baik aja.”

Masalah tidak kenal waktu dan kondisi. Tak ada yang bisa menghindar. Apa dengan kata-kata ‘aku sayang kamu’, semua masalahmu akan terselesaikan? Tidak. Kamu butuh support, bukan buaian kata manis aja.

Nggak usah khawatir, everything’s gonna be okay.

Kata itu adalah penenang yang jitu yang bisa menunjukkan rasa sayang pada orang terdekatmu.

9. “Aku mau selalu jadi orang pertama yang tau tentang kamu”

Nomer wahid via pinterest.com

Menjadi kesayangan seseorang butuh proses yang cukup panjang dalam mengenal lebih dekat. Orang yang benar-benar tulus menyayangimu, selalu ingin menjadi yang tau segalanya, apapun tentang dirimu. Hal itu yang akan membuat dia makin sayang sama kamu, guys.

10. “Buat kamu, aku akan lakukan apa saja sebisaku.”

Untuk kamu via leafarja.tumblr.com

Karena orang yang sayang padamu akan rela melakukan apa saja yang bisa membuatmu jadi lebih baik. Dia akan mengerahkan seluruh tenaga yang dia punya untuk berjuang demi atau bahkan bersama kamu. Bukan cuma bermodal kata ‘I love you‘, tunjukkan rasa sayangmu dengan kata-kata yang bisa saling menenangkan.

11. “Semoga kamu bahagia dengan segala pilihanmu, ya.”

Selalu mendoakanmu via www.notesfromthedarkroom.co.uk

Orang-orang terdekatmu adalah sosok penting yang akan jadi supporter terbaikmu dan yang paling setia. Walau kadang seringkali berselisih pendapat, apapun keputusan yang kamu ambil, akan tetap didukung oleh mereka. Tanpa mengurangi rasa sayangnya padamu, doa mereka akan selalu bersamamu.

12. “Nggak apa-apa kamu gagal. Aku selalu bangga sama kamu.”

Tetap bangga via www.etsy.com

Saat kamu berusaha untuk mendapatkan yang lebih baik, orang-orang tersayangmu senantiasa memberikan dorongan dan dukungan. Tidak henti-hentinya mereka memberikan motivasi untuk menaikkan semangatmu. Saat usahamu mengalami kegagalan, mereka tidak akan bilang “aku sayang kamu”. Mereka akan bilang…

Kegagalan itu wajar, semua orang pasti mengalami. Walaupun begitu, kami tetap sayang sama kamu. Tetap semangat, ya.

Kalimat itu lebih bisa memberi bukti kan kalau mereka memang sayang sama kamu.

13. “Semua butuh waktu. Tenang… sabar dulu.”

Sebagai pendukung setia yang selalu ada di untukmu, mereka tidak akan pernah bosan untuk memberikan suntikan semangat. Saat keadaan sedang tidak berpihak padamu, mereka tidak akan berhenti menenangkanmu. Memang, kekuatan yang diberikan dari mereka adalah yang terbaik yang pernah ada.

Ungkapan sayang tidak selamanya dalam bentuk kata-kata manis. Kamu harus lebih peka dalam mengartikan ucapan dari orang-orang terdekatmu. Semua yang mereka ungkapkan adalah bukti kalau mereka sayang kamu. Selamat bersayang-sayangan dengan mereka ya, guys.

Kalau panggilan sayang Ricky Harun ke sang isteri, Herfiza Novianti apa yaaa?