Banyak orang menyangsikan keberadaan sahabat sejati. Mereka bilang bahwa sahabat sejati hampir mustahil untuk ditemukan. Bahkan, banyak dari mereka yang mempercayai bahwa hubungan persahabatan yang tak lekang waktu hanya ada di buku cerita dan film-film belaka.

Apakah kamu juga memiliki anggapan demikian? Padahal, jika mau mencermatinya mungkin saja sebenarnya kamu sudah menemukan sahabat sejati dalam hidupmu sendiri.

Advertisement

Kira-kira apa saja sih tanda yang dimiliki oleh seorang sahabat sejati? Yuk, simak penjabaran Hipwee selengkapnya!

1. Di depan mereka, kamu tidak pernah merasa harus jadi sempurna. Dirimu yang sebenar-benarnya bisa ditunjukkan tanpa takut dihakimi atau dicela

kamu bisa menunjukkan sebenar-benarnya dirimu di hadapannya

kamu bisa menunjukkan sebenar-benarnya dirimu di hadapannya via 4.bp.blogspot.com

Penerimaan merupakan faktor utama ketika kamu menjalin pertemanan dengan manusia lainnya. Itulah nilai mutlak yang dimiliki oleh seorang sahabat sejati. Dia mau menerima dirimu apa adanya dan tak berlaku sebagai juri yang siap menghakimimu. Bagaikan seorang pendamping hidup, sahabat sejati bersedia dengan hati lapang menerima sifat baik dan buruk yang tertakar di dalam dirimu.

Bahkan, kamu tak perlu takut untuk mengutarakan segala pemahaman yang ada di kepala maupun menunjukkan emosi yang sedang kamu rasakan. Bertingkah bodoh tanpa ada kata malu dan gengsi pun sudah menjadi kebiasaan ketika kamu menghabiskan waktu bersama dengannya.

2. Saling percaya merupakan pondasi hubungan kalian. Karena tak ada kepura-puraan, dengannya apapun bisa dibicarakan.

kalian bisa membicarakan apapun

kalian bisa membicarakan apapun via vk.com

Advertisement

Tanpa harus bertingkah seenaknya, bersama dengan dia yang menjadi sahabat sejati kamu bisa membicarakan apa saja. Bahkan, tak ada fakta yang dipaksa untuk bersembunyi ketika kalian saling bertukar kata. Kamu dan dia menjunjung tinggi kebenaran, saling berbagi rahasia. Kalian saling percaya bahwa kamu dan dia bisa menyimpan rahasia satu sama lain.

Di sisi lain, perbedaan pandangan pasti juga akan kalian temui. Meski begitu, ketika kamu atau dia tak sependapat dengan opini masing-masing maka kalian akan melontarkannya secara gamblang dan terbuka. Bukannya malah berpura-pura segalanya baik-baik saja dan menggunjingkan di belakang.

3. Sahabat sejati selalu sedia pasang badan. Dialah yang selalu ada di garda terdepan ketika kamu limbung karena tergilas permasalahan.

dia selalu ada

dia selalu ada via data.whicdn.com

Dia yang benar-benar peduli padamu tentu saja tak hanya menemani ketika kamu sedang berada di posisi teratas roda kehidupan. Ia pun tetap ada di tempatnya ketika kamu sedang tergelincir, berada di bawah, dan tergilas oleh segala permasalahan. Sahabat sejati akan selalu menyediakan raganya untuk berjaga. Bersedia pula mendampingi dan menguatkanmu. Ia memahami kondisimu dan tidak akan pernah berjingkat meninggalkan.

4. Tak hanya kamu yang merasa dekat, keluargamu pun begitu mengenal dan merangkulnya dengan hangat.

keluargamu juga ikut dengan dengannya

keluargamu juga ikut dengan dengannya via www.pinterest.com

Kamu tentu sudah mengenalnya luar-dalam, karena bagimu dia sudah seperti saudara sendiri. Hal ini tak hanya kamu saja yang merasakannya. Bahkan, keluarga dan kekasih pun juga sudah akrab dengannya. Mereka percaya bahwa sahabatmu ini bisa memberikan efek positif bagi kehidupanmu. Sehingga, mereka juga menerima kehadirannya dengan tangan terbuka.

5. Dia mengusahakan untuk selalu ada bagimu di tiap waktu. Bahkan, dia akan ikut sedih atau bahagia karena jatuh-bangunnya dirimu.

dialah yang ikut sedih

dialah yang ikut sedih via www.ligacaoteen.com.br

Sahabat sejati selalu mengusahakan untuk hadir di sisi, setiap momen bersejarah di hidupmu. Tak hanya sebagai penonton setia, mereka juga ikut meresapi emosi yang sedang kamu rasa. Ketika kamu sedang bergembira karena pencapaian yang kamu ukir, mereka ikut berbangga dan bertepuk tangan. Tak ada rasa iri yang dipendam diam-diam, karena mereka ikut larut dengan kebahagiaan yang kamu rasakan.

Begitu pula ketika kamu sedang berada di titik terendah, mereka tidak akan pergi meninggalkanmu sendirian. Mereka tetap mendampingi, bahkan mereka juga ikut sedih ketika kamu sedang dilanda berbagai permasalahan hidup. Bersama dengan dia yang betul-betul peduli, kamu tak akan ditinggalkan berkubang dalam kesedihan. Mereka akan membantu dan menopangmu untuk bisa bangkit berdiri.

6. Sahabat sejati berperan sebagai pegas pelontarmu. Dia tak segan menyemangati supaya kamu bisa terus maju.

dia tak segan memaksamu terus maju

dia tak segan memaksamu terus maju via s5.favim.com

Dia yang menjadi sahabat sejatimu memang selalu menemani di setiap fase kehidupan yang sedang kamu jalani. Tak hanya itu, dia pun turut berperan serta sebagai pendampingmu. Dia membagi pengetahuannya dan tak segan memaksamu untuk berjuang lebih keras, meretas batas kemampuanmu. Bahkan, dia mempercayaimu sepenuh hati bahwa kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dengan keberadaannya di sisi, kamu terpacu untuk bisa makin terlontar lebih tinggi.

7. Saling menopang merupakan nilai yang kalian tinggikan. Bahu-membahu soal masalah hati sampai masalah ekonomi sudah jadi kewajiban sehari-hari

kamu dan dia tak segan membicarakan tentang uang

kamu dan dia tak segan membicarakan tentang uang via careerhack.net

Uang memang menjadi hal yang sensitif untuk dibicarakan. Namun, hal ini tidak berlaku bagimu dan sahabat sejatimu. Tidak ada rasa was-was, segan, maupun takut di antara kalian ketika membicarakan masalah uang. Kamu dan dia terbuka dan saling percaya sehingga meminjamkan sejumlah uang pun sudah menjadi hal yang biasa. Kalian dengan ikhlas saling membantu dan percaya bahwa uang yang dipinjamkan suatu saat akan kembali sesuai dengan jumlah yang semestinya.

8. Mungkin kalian sudah tak lagi tinggal di kota yang sama, namun jarak tak memisahkan kelekatan kalian berdua. Kamu dan dia saling berusaha menjaga persahabatan yang ada.

kalian tak putus komunikasi begitu saja

kalian tak putus komunikasi begitu saja via www.flickr.com

Kesibukan tentu akan menjadi konsumsi utama kalian ketika menjalani hidup sehari-hari. Namun, tentu saja hal ini tak lantas dijadikan kambing hitam bagi kerenggangan hubungan kalian. Di setiap kesibukan membelit erat, kamu dan dia berusaha mengurainya dengan mencari celah waktu luang untuk saling bersua.

Bahkan, bila kalian tak lagi tinggal dalam satu kota, kamu dan dia juga tak lantas putus hubungan begitu saja. Kalian masih saling berkomunikasi. Ketika kamu berkunjung ke kotanya kamu tahu tempat tujuan untuk bermalam, begitu juga sebaliknya.

Sungguh, jarak dan waktu bukan menjadi penyekat kedekatan hubungan kalian.

9. Kamu dan dia memiliki visi dan misi yang hampir serupa. Bahkan jika pemahaman kalian tak diamini dunia, kamu dan dia tetap teguh memegang visi-misi itu bersama.

dia ikut merasakan apa yang kamu rasakan

dia ikut merasakan apa yang kamu rasakan via twzoriginal.blogspot.com

Kalian memiliki pandangan tersendiri terhadap suatu hal. Apa yang dunia serta orang lain yakini, belum tentu kalian amini. Justru hal inilah yang menjadi perekat hubungan kalian. Kamu dan dia memiliki visi dan misi dalam hidup yang hampir serupa. Walaupun kalian tak membukanya pada dunia, namun kamu dan dia meyakininya dalam-dalam bersama.

10. Pertikaian bisa dipastikan akan sesekali datang. Namun, pada akhirnya kalian akan tetap bergandengan tangan.

kalian tetap akan baik-baik saja

kalian tetap akan baik-baik saja via www.picnpin.com

Pada dasarnya, setiap hubungan itu seperti gelombang pasti ada pasang – surut serta naik – turun. Tak terkecuali hubungan yang kamu bina dengan sahabat sejatimu. Walaupun persahabatan kalian sejati, namun tentu saja perbedaan pendapat pasti pernah menyapa. Sungguh, hal ini sangat wajar adanya.

Tentu sejenak kalian akan bersitenggang kemudian hubungan menjadi renggang, namun kalian tak pernah lupa jalan pulang. Kamu dan dia akan saling menemukan dan memaafkan. Justru dengan begini, konflik yang pernah ada bisa digunakan sebagai perekat pondasi persahabatan kalian.

Jadi, apakah kamu sudah menemukan sahabat sejatimu? Jika sudah, mention nama mereka di kolom komentar ya, supaya mereka tahu bahwa kamu menyadari dan menghargai keberadaan mereka selama ini. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya