“Kamu sama pacarmu kalau diliat-liat nggak mirip deh,”
“Lah emang kenapa?”
“Nggak jodoh lu berarti sama dia~”
“Buset! Kalau mirip mah saudara. Bukan jodoh…”

Buat kamu yang sudah pacaran lama dalam hitungan tahunan, dibilang muka mirip mungkin sudah jadi hal yang lumrah terjadi. Karena hal itu pula, kamu dan pasangan sering diprediksi akan berjodoh. Hanya karena wajah kalian mirip. Tapi yakin kalau mitos ini benar?

Advertisement

Nah, biar kamu nggak penasaran lagi nih Hipwee kasih tahu seputar kebenaran mitos tersebut. Yuk disimak~

1. Kamu wajib tau, kemiripan wajah pasangan itu tak selalu ada sejak awal. Butuh proses dan rasa saling nyaman sebelum mereka dikatakan mirip

ini bukan kakak-adek kan?

mirip kan~ via kelascinta.com

Memiliki bentuk wajah yang mirip dengan pasangan memang sering dikaitkan dengan jodoh dan cinta sejati. Namun ternyata kemiripan tersebut tak selalu harus sejak awal kalian kenalan loh. Peneliti dari University of Michigan menyatakan bahwa kemiripan dengan pasangan bisa terbentuk seiring berjalannya waktu yang kalian habiskan berdua.

Penelitian tersebut dilakukan dengan meneliti perkembangan wajah dari pasangan yang sudah menikah selama 25 tahun. Hasilnya, semakin lama mereka menghabiskan waktu bersama pasangan, semakin mirip bentuk wajah mereka. Hal ini disebabkan oleh seringnya melihat dan menirukan ekspresi pasangan. Kalau sudah dilakukan dalam waktu yang lama, tentu bentuk wajah mereka juga semakin lama semakin mirip juga.

2. Kemiripan ini tak selamanya berorientasi pada wajah lho. Hal lain seperti sifat dan pola pikir yang sama juga termasuk dalam kriteria kemiripan dengan pasangan

Gak harus mirip wajah kok

Gak harus mirip wajah kok via www.youtube.com

Advertisement

Namun, kemiripan dengan pasangan ini tak selamanya hanya dilihat dari segi kemiripan wajah saja. Penelitian dari University of Liverpool pada tahun 2006 menemukan bahwa ternyata jodoh itu bisa juga kamu temukan lewat kemiripan DNA. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya kesamaan kamu dan jodohmu dalam melakukan banyak hal.

Jika kamu dan pasanganmu memiliki DNA yang bersifat mirip, kalian akan merasa menemukan kecocokakan ketika melakukan banyak hal. Kecocokan tersebut entah kenapa kalian rasa saja tanpa tau penjelasan secara jelasnya. Nah, kalau kamu dan pasanganmu saat ini merasa cocok dalam banyak hal, bisa jadi kalian berjodoh dan bakal awet sampai nanti, lho! 😀

3. Tak bisa dipungkiri juga bahwa kemiripan dengan pasangan adalah salah satu tanda kalian bahagia. Kemiripan, baik fisik maupun pikiran, akan membawa rasa percaya dalam hubungan

Waah... Miriip... xD

Pasangan bahagia via www.bintang.com

Kamu pasti merasa lebih tenang dan lebih nyaman jika kamu punya kemiripan dengan pasanganmu. Hal ini dijelaskan secara ilmiah oleh seorang peneliti dari Univeristy of Stirling. Dia mengungkapkan bahwa jika dilihat dari sisi psikologis, kemiripan dengan pasangan akan menimbulkan rasa nyaman.

Saat kamu memiliki kemiripan dengan pasangan, baik dari segi kemiripan fisik maupun kemiripan pola pikir dan sifat, akan ada rasa percaya dan rasa nyaman yang timbul dari dalam dirimu. Rasa nyaman itu muncul dari banyaknya topik obrolan yang kalian miliki akibat kemiripan kalian. Semakin banyak kemiripan dan semakin sering kalian menikmati kemiripan tersebut, sudah pasti rasa percaya dan rasa nyaman kalian akan semakin bertambah!

4. Kesimpulannya, jodoh atau tidaknya kamu dan pasangan bukan semata-mata karena wajah yang mirip. Tapi keserasian kalian selama ini yang membuat kalian jadi mirip

jodoh tak semata karena wajah mirip

jodoh tak semata karena wajah mirip via bridalmusings.com

Dari hasil-hasil penelitian yang telah dibuat, maka bisa disimpulkan bahwa jodoh atau tidaknya kamu dengan pasangan bukan karena kamu dan pasangan memiliki wajah yang mirip. Ungkapan itu pun hanya mitos belaka. Kalaupun orang lain menilai kamu dan pasangan memiliki wajah yang mirip, itu berarti jadi tanda bahwa kalian memiliki hubungan yang bahagia. Selamat ya~

Jadi, nggak usah keburu takut dulu kalau dibilang nggak mirip sama pasangan sekarang. Seiring perjalanan waktu kamu dan dia bisa kok kelihatan mirip kalau ngga putus di tengah jalan :p

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya