Seberapa penting sih punya Pacar di usia 20-an? Yuk, Utarakan Pendapatmu di Polling Ini

Pacar di Usia Awal 20-an

Usia 20-an adalah masa-masa transisi yang seru sekaligus membingungkan. Di usia ini kamu berkenalan dengan tanggung jawab atas hidupmu sendiri. Kalau dulu ada orangtua yang selalu mem-backup kebutuhanmu, kamu mulai belajar untuk mandiri. Usia 20-an punya banyak tuntutan. Salah satunya adalah soal hubungan.

Advertisement

Mau atau tidak mau, siap atau tidak siap, satu hari dalam usia 20-anmu ini, kamu akan menghadapi pertanyaan keramat kapan nikah. Atau yang lebih sederhana dan youthful adalah “pacarnya mana?”. Status asmara termasuk topik yang selalu muncul dalam keseharian. Tapi kalau menurutmu, penting nggak sih punya pacar di usia 20an? Seberapa berpengaruh kehadiran pacar dalam mewarnai hari-hari di usia 20-an ini? Apakah punya pacar itu sangat penting untuk membuat hidupmu bahagia?

Kalau kamu bingung menentukan jawabanmu, coba saja renungkan pertanyaan-pertanyaan ini dulu.

1. Kalau lihat orang pacaran, kayaknya hepi banget. Menurutmu, pacar itu siapa sih?

Apa arti pacar bagimu? (Image by PublicDomainPictures) via pixabay.com

Sebelum kamu menentukan perlu tidaknya punya pasangan di awal 20-an, tentu kamu harus tahu dulu pacar itu apa dan apa perannya dalam hidup seseorang. Mungkin setiap orang punya jawaban yang berbeda-beda. Ada yang menganggap, pacar itu sosok “sahabat terdekat”, support system, dan jadi teman curhat untuk masalah apa saja. Ada juga yang menganggap pacar itu adalah sumber pemberi perhatian. Mungkin ada juga yang menganggap pacar itu sebatas status, yang penting bisa dipakai untuk menjawab pertanyaan pacarnya mana.

Advertisement

2. Nah, terus, kalau misalnya sudah punya pacar, apa yang mau kamu lakukan?

setelah punya pacar, mau apa? (Image by StockSnap) via pixabay.com

Katakanlah saat ini kamu masih jomblo. Kamu pun berandai-andai untuk punya pasangan. Jika keinginan itu dikabulkan, dan kamu punya pasangan, apa sih yang ingin kamu lakukan dengan pacarmu? Apa sekadar kencan-kencan ringan dengan dinner bareng dan nonton film? Atau diskusi tentang hal-hal berat, termasuk kegalauan hidupmu selama ini? Atau malah langsung minta restu ke orangtua dan segera mengesahkan hubungan di KUA?

3. Sebagai alat komunikasi, ponsel sudah jadi kebutuhan wajib anak muda. Pesan apa yang paling bikin kamu semangat?

pesan apa yang paling bikin kamu bahagia? (Image by Kathy Bugajsky) via pixabay.com

Sekarang, ponsel menjadi salah satu benda wajib yang kalau ketinggalan bisa bikin hari berantakan. Ponsel bisa jadi alat untuk komunikasi, belajar, pacaran, sampai cari uang.  Chatting adalah cara pengganti untuk obrolan. Nah, selama ini, pesan apa sih yang paling kamu tunggu-tunggu setiap harinya? Apakah itu pesan-pesan dari kekasih pujaan hati? Telepon dan kabar dari orangtua di kampung halaman? Atau mungkin pesan dari operator yang memberitahukan bahwa gajimu bulan ini sudah masuk?

4. Setelah lima hari yang penuh kesibukan menguras tenaga, apa sih yang paling pengin kamu lakukan di akhir pekan?

Weekend paling pengin ngapain? (Image by Bogdan Radu) via pixabay.com

Bagi kamu yang sibuk melulu selama lima hari seminggu, akhir pekan adalah perayaan waktu istirahat. Akhir pekan adalah waktunya bersenang-senang. Apa sih yang paling pengin kamu lakukan di akhir pekan? Apa kamu terlalu sederhana dengan mendamba rebahan seharian? Mungkin kamu lebih ingin punya quality time dengan keluarga? Atau kamu sudah nggak sabar pengin kencan romantis sama pacar yang sama-sama sibuk?

Advertisement

5. Hidup di usia 20an nggak lepas dari kecemasan. Apa sih hal yang paling membuatmu khawatir saat ini?

Apa yang paling sering kamu cemaskan? (Image by Hamed Mehrnik) via pixabay.com

Asal nggak berlebihan, kecemasan dan rasa khawatir itu ada gunanya kok. Setidaknya kamu bisa menyiapkan solusi atas risiko buruk yang mungkin datang. Nah, di usia awal 20-anmu ini, apa sih yang paling membuatmu cemas? Hal apa yang paling kamu takutkan akan terjadi? Apakah kesulitan finansial? Atau kamu jadi satu-satunya lajang di antara teman-teman seumuran? Atau mungkin kamu khawatir tumpukan wishlist-mu yang nggak segera berkurang, karena itu tandanya hidupmu nggak berkembang?

6. Masa muda itu memang penuh warna sih. Tapi kalau disuruh memilih 5 hal yang paling sering kamu pikirkan, apa saja?

deskripsikan hidupmu dalam lima kata (Image by Nissor Abdourazakov) via pixabay.com

Setelah memikirkan apa yang paling kamu takutkan, pikirkan juga cara me-resume hidupmu dalam model yang paling sederhana. Caranya, coba deh renungkan apa 5 hal yang paling sering muncul pikiranmu sehari-hari. Mungkin kamu akan menemukan pola: karier, keluarga, orangtua, karier, karier. Atau mungkin juga: pacar, teman, bisnis, traveling, cicilan. Dengan menemukan kesimpulan apa yang paling sering kamu pikirkan, tentu akan lebih mudah untuk memahami arah hidupmu sendiri.

Setiap orang pasti punya pendapat masing-masing. Kalau sudah merenungkan pertanyaan-pertanyaan di atas, mungkin kamu sudah menentukan jawabanmu atas seberapa penting punya pacar di usia awal 20-an. Jangan lupa untuk mengikuti poling di bawah ini, ya.

Loading ...

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta harapan palsu, yang berharap bisa ketemu kamu.

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE