Dari Senin hingga ketemu Senin lagi, kamu selalu disibukkan dengan pekerjaan yang menguras tenaga. Hari libur pun kadang hanya kamu lalui di rumah sambil pingsan karena saking capeknya. Mau mengeluh pun rasanya nggak ada gunanya. Toh pekerjaanmu ini telah menjadi penopang utama dalam keluarga dan berhasil menuntaskan pendidikan adik-adikmu hingga sarjana.

Dengan kesibukan yang selalu buatmu pulang malam ini, perihal jodoh dan pasangan seakan tergeser prioritasnya. Sebab tiap kali menjalin hubungan, ujung-ujungnya pasti kandas di tengah jalan. Penyebabnya tak lain karena kesibukanmu yang selevel dewa, hingga buat pacar-pacarmu tak tahan dan memilih bubaran aja. Lantas bagaimana dengan kelangsungan hidupmu kelak di hari tua? Berhenti dari pekerjaan ini jelas bukan pilihan utama. Apalagi kalau minta dijodohkan orangtua. Duh, ini udah bukan lagi zamannya.

Advertisement

Untukmu yang setiap hari membanting tulang dan mulai resah akan jodoh yang tak kunjung ditemukan, nih Hipwee ada beberapa saran untukmu. Baca aja dulu sambil menyelesaikan pekerjaanmu.

1. Daripada mantengin akun gosip, sempatkan buka-buka online dating saat makan siang. Nggak ada salahnya kan menebar jaring semakin lebar?

Ngecek Tinder bentar~ via unsplash.com

Bagi orang-orang yang sibuknya kebangetan seperti dirimu, makan siang adalah momen paling menyenangkan sepanjang jam kerjamu. Sebab hanya saat makan sianglah kamu bisa bebas melakukan hal yang benar-benar ingin kamu lakukan. Seperti buka-buka akun gosip tanpa takut ketahuan atau hanya sekadar lihat-lihat promo di akhir bulan. Nah daripada momen paling menyenangkan ‘hanya’ kamu nikmati seperti itu, ada baiknya kamu coba menebar jaringmu. Misalnya sempatkan buka-buka online dating dan berkenalan dengan orang baru di sana. Tak perlu malu. Toh nggak ada salahnya kan menebar jaringmu lewat cara ini.

2. Selain itu banyakin ngobrol sama teman. Walaupun hanya sekadar nyapa di pantry atau pas makan siang

Banyakin ngobrol sama teman via unsplash.com

Di umur yang tak lagi muda sepertimu, menjaga hubungan pertemanan itu wajib hukumnya. Apalagi dengan jam terbang pekerjaan yang semakin gila. Mungkin hanya dari teman-temanmulah kamu bisa tahu apa yang sebenarnya terjadi di dunia. Salah satunya teman-temanmu di kantor ini. Memperbanyak obrolan dengan mereka bisa menambah peluangmu untuk menemukan jodohmu. Siapa tahu kan obrolanmu saat makan siang atau pas nggak sengaja ketemu di pantry bia berujung ke “nanti gue kenalin ke temen gue yang jomblo.” ~

3. Sesekali ikutlah bergabung dalam percakapan di grup Whatsapp teman-teman seangkatanmu dulu. Ya siapa tahu salah satu dari mereka ini sebenarnya jodohmu

Nggak ada salahnya nimbrung obrolan di grup Whatsapp via unsplash.com

Advertisement

Kalau lagi sibuk, meladenin chat yang masuk di grup Whatsapp memang malas sekali. Apalagi kalau isinya nggak penting-penting amat seperti menentukan tempat reunian yang membutuhkan waktu beberapa abad skaing lamanya. Justru di sinilah kekeliruanmu. Meski kesibukanmu nggak bisa menunggu, sesekali sempatkanlah bergabung dalam percakapan di dalamnya. Siapa tahu berawal dari nimbrung obrolan ini, kamu menemukan seseorang yang menarik. Sebab nggak menutup kemungkinan kan kalau jodohmu sebenarnya temanmu sendiri?

4. Kamu juga perlu membuka mata dan hati selebar-lebarnya di tempatmu bekerja. Mungkin seseorang yang akan menggenapkanmu berasal dari sana

Peluangmu cari jodoh di kantor juga biar terbuka via unsplash.com

Bekerja mati-matian buatmu hanya menjadi pengabdi bos atau klien di kantor. Akibatnya, fokusmu hanya digunakan saat berhadapan orang-orang ini. Makanya hari-harimu sebagian besar terlewati dengan berat karena setiap melihat mereka, kamu teringat tugas dan deadline yang belum kelar. Padahal kalau kamu membuka mata dan hati lagi, ada banyak kemungkinan kamu bertemu dengan jodohmu di kantormu ini. Seperti sama teman satu tim yang ternyata baik banget orangnya bahkan anak magang yang diam-diam naksir kamu tapi kamunya yang nggak sadar.

5. Pun dengan orang-orang yang dulu pernah mengisi hatimu. Menjaga hubungan baik dengan mereka juga bisa bantu menemukan jodohmu

Jaga hubungan baik dengan mantan via unsplash.com

Punya mantan itu tak harus musuhan. Justru kamu baiknya menjaga hubungan baik dengan mereka meskipun hubungan udah bubaran lama. Tak perlu gamang menjaga baik hubungan dengan mantan karena takut baperan. Sebab kamu nggak akan tahu seperti apa jalan hidupmu ke depan.

Baper sedikit rasanya tak apa. Toh zaman sekarang seseorang bisa baper sama orang-orang di layar kaca kan? Siapa tahu jodohmu yang sebenarnya ada di salah satu mantan-mantanmu itu. Momen putus kalian dulu hanya turning point kalian sebelum bertemu dengan versi diri yang baru.

6. Terakhir, jangan pernah lelah untuk berbaik sangka kepada-Nya. Sebab jodohmu sebenarnya sudah ada, hanya belum dipertemukan saja

Dengan berbaik sangka, pintu jodohmu akan semakin lebar terbuka via unsplash.com

Sibuk dan tak punya waktu untuk memulai hubungan lagi buatmu jadi berburuk sangka dengan Yang Maha Cinta. Kamu beranggapan hidup ini terlalu sulit sampai mencari jodoh pun waktunya amat sempit.

Kini udah saatnya kamu berbaik sangka kepada-Nya. Udah saatnya kamu membuang pikiran-pikiran buruknya soal ‘gimana nanti kalau aku jadi bujang lapuk?’ atau ‘hidup gini amat ya?’. Sebab secara tidak langsung, berbaik sangka pada-Nya buatmu percaya bahwa tiap orang sudah punya masing-masing jodohnya. Kalau kamu sudah berbaik sangka, semesta nggak ragu lagi kan membukakan pintu jodoh agar kamu bisa bertemu dengannya?

Sambil menyelam minum air. Sambil menyelesaikan pekerjaan, nggak ada salahnya cari pasangan. Daripada hanya berpangku tangan kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya