"Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca Hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim"

Apa yang baik dari diet vegan? Kebanyakan orang mengkonsumsi daging sekitar 90 kilo pertahunnya, namun mengapa masih banyak orang yang memilih makan-makanan vegan? Mungkin alasanya dapat Anda temukan di bawah ini.

1. Menurunkan Berat Badan

Timbangan Berat Badan

Timbangan Berat Badan via https://www.mediapria.com

Diet vegan mengandung banyak sekalis serat, buah-buahan dan sayuran. Memilih diet dengan banyak sayuran segar dan makanan dengan serat tinggi akan membantu Anda menurunkan atau menjaga berat badan Anda.

2. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit

Penyakit Jantung Pada Pria

Penyakit Jantung Pada Pria via https://www.mediapria.com

Advertisement

Studi telah menemukan beberapa hubungan positif antara diet vegan atau vegetarian dengan berkurangnya resiko terjangkit penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan beberapa jenis kanker. Biasanya tingkat LDL kolesterol orang yang melakukan diet vegan atau vegetarian lebih rendah dari kebanyakan orang. Sedangkan HDL dan trigesida mungkin masih sama saja.

3. Mengurangi Sembelit

Susah Buang Air Besar

Susah Buang Air Besar via http://cahayaherbalindo.com

Kebanyakan orang diet yang kaya sayuran dan buah untuk menggantikan protein non-hewani guna memperlancar buang air besar mereka secara teratur.

4. Tidak Mudah Lapar

Camilan Sehat

Camilan Sehat via https://pixabay.com

Diet vegan yang kaya akan serat yang didapat dari kacang-kacangan dan sayuran dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Ditambah dengan mengkonsumsi lemak sehat seperti yang ada dalam minyak sayur akan membuat Anda lebih kenyang.

5. Meningkatkan Kesehatan

Makanan Sehat Untuk Jantung

Makanan Sehat Untuk Jantung via https://www.kabarnita.com

Advertisement

Diet menggunakan sayuran telah menawarkan banyak nutrisi dan fitonutrisi bermanfaat dari sayuran dan kacang-kacangan. Lemak jenuh, kolesterol, protein hewani sering diganti dengan lebih banyak folat, karbohidrat, karotenoid, vitamin A, vitamin C, magnesium, serat dan vitamin dan mineral lainnya yang penting untuk kesehatan.

6. Lebih Murah

Buah & Sayur

Buah & Sayur via https://static.pexels.com

Membeli kacang-kacangan dan biji-bijian dapat menghemat biaya belanja Anda ketimbang membeli bahan makanan protein hewani.

7. Banyak Pilihan (Menu/Masakan) Menarik

Pilihan makanan vegan telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Ada berbagai jenis alternatif vegan untuk semua makanan. Coba beberapa menu dan temukan makanan favorit Anda!

Pada akhirnya Anda akan merasa bahwa makanan vegan tidak terlalu buruk rasanya bahkan bisa lebih enak dari makanan yang menggunakan daging. Cobalah keluar dan temukan makanan vegan di restoran-restoran yang sekarang banyak menyediakan menu alternatif untuk vegan.

8. Ramah Bagi Lingkungan

Makanan Sehat Ramah Lingkungan

Makanan Sehat Ramah Lingkungan via https://www.mediapria.com

Memerlukan banyak energi dan air yang dihabiskan untuk merawat dan membesarkan hewan ternak. Merubah pola hidup menjadi vegan dan mengkonsumsi menu-menu vegan dapat membantu memperbaiki lingkungan dengan menggurangi penggunaan energi dan air bagi perawatan hewan ternak.

9. Dapat Memenuhi Kebutuhan Kesehatan Tubuh Anda

Makanan Bernutrisi

Makanan Bernutrisi via https://www.pexels.com

Mungkin agak sulit unutk menyeimbangkan nutrisi seperti B12 ketika berdiet vegan. Namun ini masih memungkinkan untuk dipenuhi. Di beberap belahan Bumi ini banyak budaya berdiet vegan dan mereka sukses juga dalam menyeimbangkan kebutuhan nutrisi tubuh mereka.

10. Cobalah Makanan Vegan & Siap-siap Ketagihan!

Makanan Vegan

Makanan Vegan via https://www.pexels.com

Meskipun Anda tidak berdiet vegan secara penuh mungkin Anda bisa untuk mecoba beberapa masakan vegan. Mungkin Anda dapat medapat makanan bernutrsi dan kaya serat dari menu-menu vegan yang Anda coba dan membuat semakin tertarik untuk menambahkan makanan vegan dalam menu keseharian Anda.

So, jangan khawatir lagi kalau menjadi vegan itu akan membosankan. Banyak kok manfaatnya, ya sekilas akan terlihat susah dan membosankan, tetapi apa salahnya untuk dicoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya