Di Indonesia kopi bukan lagi minuman hitam hangat biasa, ia sudah menjadi gaya hidup. Hari ini banyak sekali coffeeshop dan jika tidak mengunjungi coffeeshop andalan di suatu kota, maka kamu belum bisa dibilang penjelajah dan penikmat kopi.

Bisnis kopi juga menjadi bisnis yang menjanjikan, mengingat menjamurnya penikmat kopi di berbagai tempat di Indonesia. Menikmati kopi dari seluruh daerah menjadi cara menikmati dan menjelajah rasa kopi yang luar biasa.

Karakteristik kopi yang unik, adalah hal yang membuat orang-orang lebih memilih meminum secangkir kopi di pagi hari sambil menikmati perbincangan manis dengan keluarga. Kopi bisa menjadi teman siapa saja, dari mulai kalangan bawah hingga kalangan elit. Ia biasanya menjadi teman berbincang dua orang sahabat yang sudah lama tidak berjumpa. Kopi juga sebagai teman setia ketika nongkrong sendiri.

Jika kamu salah satu penyuka atau peminum kopi, sudahkah kamu menikmati cara meminum kopi keren seperti berikut ini.

1. Menghirup Aroma Kopi

Menghirup Aroma Kopi

Menghirup Aroma Kopi via https://google.co.id

Meminum kopi berbeda dengan meminum cairan biasa. Kopi adalah minuman yang menarik hati banyak orang, karena baunya yang khas. Menghirup aroma kopi sebelum meminumnya adalah cara unik dan keren untuk menikmati segelas kopi. Dengan menghirup kopi, kamu akan merasakan hal yang berbeda. Jika sudah terbiasa, kamu akan menghirup aroma yang berbeda dari setiap kopi yang kamu minum.

Advertisement

Ada beberapa kopi yang beraroma kuat, kopi yang dicampur dengan coklat akan tersirat dengan menghirupnya. Hiruplah kopi untuk beberapa saat dan cobalah deskripsikan seperti apa aroma yang kamu dapatkan dari kopi yang sedang kamu hirup itu.

2. Nikmati Aliran Kopi di Tenggorokan

Nikmati Aliran Kopi di Tenggorokan

Nikmati Aliran Kopi di Tenggorokan via https://google.com

Menikmati kopi bukan meminumnya secara buru-buru. Menikmati kopi bisa dirasakan dengan meminumnya perlahan-lahan, dan rasakan aliran cairan kopi tersebut di mulutmu. Cara terbaik adalah menyeruputnya, biarkan cairan kopi mengalir di mulutmu dan rasakan segala macam rasanya. Maka kamu akan menemukan sensasi meminum kopi yang berbeda.

Setiap kopi memiliki keunikan rasa tersendiri, sehingga dengan cara seperti itu kamu akan mengenal lebih dekat kopi apa yang sedang kamu minum. Campuran apa yang terkandung di dalamnya. Kopi mengandung rasa pahit, dikomposisikan juga dengan buah coklat. Rasanya akan berpadu dan blend tidaknya rasa tersebut akan kamu rasakan lewat lidah kamu.

3. Temukan "Teman" yang Tepat

Temukan "Teman" yang Tepat

Temukan "Teman" yang Tepat via https://travel.kompas.com

Advertisement

Minumlah kopi dengan teman yang tepat. Jika kamu biasa minum kopi di warung kopi, gorengan biasanya adalah teman yang tepat untuk menikmati kopi bersama kawan-kawan. Goreng pisang dan jajanan warung lainnya adalah teman yang pas untuk menikmati kopimu.

Saat memakan makanan manis seperti goreng pisang, jangan biarkan kopi tidak mengantarnya menuju tenggorokan. Pastikan saat memakan goreng pisang kamu mendorongnya dengan kopimu. Dan rasakan nikmatnya melakukan hal itu. Si pencinta kopi, pasti tahu betul rasanya.

4. Coba Nikmati Kopi Tanpa Gula

Coba Nikmati Kopi Tanpa Gula

Coba Nikmati Kopi Tanpa Gula via https://www.google.com

Gula sebenarnya bisa menutup cita rasa dari kopi yang sebenarnya bisa kita rasakan lebih lama di mulut. Menghilangkan rasa pahit kopi dengan menambahkan gula di dalamnya bukan cara yang tepat. Cobalah menikmati kopi dengan unik dan keren dengan tanpa menambahkan gula. Pahitnya kopi akan benar-benar kamu nikmati dan rasakan perbedaannya.

Dalam tempo.com disebutkan bahwa untuk menikmati kopi dan menghilangkan rasa pahit dan asamnya harusnya bukan dengan menggunakan gula. Tetapi dengan menggunakan "teman" minum kopi yang tepat. Nikmati kopi pahit itu dengan makanan-makanan manis apapun yang kamu sukai.

Seperti misalnya kue basah, cookies, nastar, dan lain sebagainya. Dengan begitu, sensasi minum kopi kamu akan lebih dapet.

5. Biarkan Kopimu Hangat Terlebih Dahulu

Biarkan Kopimu Hangat Terlebih Dahulu

Biarkan Kopimu Hangat Terlebih Dahulu via https://google.co.id

Meminum kopi yang terlalu panas tidak akan memberikan cita rasa yang baik. Kopi akan lebih nikmat jika suhunya sudah turun. Para professional kopi mengatakan kalau suhu terbaik agar kopi lebih nikmat saat diminum adalah enam puluh derajat celcius.

Selain itu, perlu kamu tahu juga jika kopi hitam diseduh lebih dari 88 derajat celcius, maka rasanya tidak akan begitu nikmat. Panasnya air saat menyeduh kopi, akan membuat kafein terasa lebih kuat pahitnya karena suhu tinggi membuat kafein cepat lebur.

6. Cobalah Berbagai Macam Jenis Kopi

Cobalah Berbagai Macam Jenis Kopi

Cobalah Berbagai Macam Jenis Kopi via https://bloggerjakarta.com

Nikmati berbagai macam kopi di Indonesia. Kopi di Indonesia cukup terkenal di dunia, jadi kamu akan sedikit ketinggalan jika tidak menikmatinya duluan sebagai orang Indonesia. Nikmatilah perbedaan rasa dari berbagai macam kopi, dan bandingkan perbedaan rasanya.

Kamu akan menemukan berbagai racikan unik, dan peracik-peracik negeri yang tidak kalah hebatnya. Kopi robusta akan berbeda rasanya dengan kopi Arabica. Begitu juga akan berbeda rasanya kopi warung dan kopi hasil tumbukan langsung.

Temukan karakter kamu dalam setiap kopi yang kamu minum, dan temukan diri kamu dalam setiap seduhan kopi yang kamu nikmati.

7. Ajak Juga "Secangkir Kopimu"

Ajak Juga "Secangkir Kopimu"

Ajak Juga "Secangkir Kopimu" via https://goole.com

Menikmati kopi sendirian memang nikmat, tetapi memiliki teman untuk menikmati secangkir kopi juga tidak kalah nikmat. Double date, antara kamu dan pasanganmu dan kopi kamu dan kopi pasanganmu akan menjadi cara menikmati kopi yang unik dan romantis. Traktir mereka minum kopi favorit kamu, dan ajak mereka ke dunia kamu yang unik dan penuh inspirasi. Dan jangan lupa tersenyum.

Berbagi cerita dengan sahabat atau kekasihmu sambil menikmati kopi adalah cara yang akan terus bisa kamu kenang. Kopi adalah teman sepanjang abad bagi para penikmatnya. Ajak mereka ke kedai atau warung kopi favorit kamu. Dengan begitu, kamu akan merasakan bagaimana rasanya berbagi sambil menikmati kopi.

8. Jadilah Pelanggan yang Baik

Jadilah Pelanggan Yang Baik

Jadilah Pelanggan Yang Baik via https://google.com

Kamu bisa menjadi penikmat kopi di manapun ketika kamu menjadi pelanggan yang baik. Barista akan senang meladeni pembeli seperti kamu yang selalu mengajak ngobrol barista, dan tidak berisik.

Dengan begitu, kamu akan mengeluarkan aura positifmu dan nikmatnya secangkir kopi di kedai itu. Kamu jangan heran jika nantinya mereka akan mengenal kamu karena ramahnya kamu saat membeli kopi

9. Nikmati Kopimu di Alam Bebas

Photo by Cynthia Magana on Unsplash

Photo by Cynthia Magana on Unsplash via https://unsplash.com

Jangan melulu menikmati kopi di café, di warung kopi ataupun di rumah, sesekali manjakan mata sambil menikmati kopi di tempat terbuka. Rasanya tentu akan lebih istimewa dan berbeda. Kamu bisa pergi ke puncak yang dingin dan rasakan sensasi meminum kopi di tempat yang dingin.

Beda tempat, pasti juga beda nuansa dan akan beda juga rasa ketika menikmati kopinya. Nggak percaya, cobain deh bawa kopi dan menyeduhnya saat kamu mendaki.

10. Kopi Dingin? Kenapa Tidak?

Kopi Dingin? Kenapa Tidak?

Kopi Dingin? Kenapa Tidak? via https://belajarterbang.com

Jika setiap hari merasakan kopi hangat, sesekali cobalah berganti merasakan kopi dingin. Ketika udara panas, tentu saja minum kopi hangat bukan solusi yang tepat. Nikmati kopi siangmu dengan tambahan es dengan begitu dahagamu bisa hilang.

Kopi dapat memberikan kebahagiaan bagi penikmatnya. Buatlah kopi dingin sendiri, tanpa harus jauh-jauh ke coffee shop. Kemudian rasakan nikmatnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya