Sering merasa lupa waktu kalau sudah scrolling di sosial media instagram. Karena banyak gambar yang menarik perhatian serta video yang lucu di instagram. Menjadi salah satu alasan kenapa kita betah berlama-lama bermain instagram. Apalagi kalau bergam informasi terbaru, yang hanya bisa kita dapatkan dari sosial media ini.

Namun, apa kamu tahu kalau akun instagram yang kamu punya saat ini. Bisa dikembangkan untuk urusan bisnis yang sedang kamu jalani. Serta menerapkan beragam trik digital marketing akan terasa mudah.

Tertarik mengembangkan akun instagram untuk bisnis yang sedang kamu jalani, kalau begitu simak terus sampai bawah ya. Hehehe

 

 

1. Buat akun dengan nama yang mudah diingat

contoh tiga suku kata by magda ehlers

contoh tiga suku kata by magda ehlers via http://pexels

Untuk membuat nama akun pada pertama kali agar mudah diingat oleh para follower atau pelangganmu terkadang menjadi hal yang sulit. Dan untuk mengatasi hal itu, maka kamu bisa memulainya dari kata tertentu yang menjadi ciri khas bisnismu. Disertai dengan panduan dalam pemilihan suku kata yang tidak terlalu banyak.

Advertisement

 

2. Bio profil harus jelas dengan bisnis

tampilan bio profil by akun @freshii

tampilan bio profil by akun @freshii via http://instagram

Kesan pertama yang dibaca saat mengunjungi akun Instagram seseorang biasanya terletak pada bio profilnya. Maka lengkapilah bio profil akun Instagram kamu dengan jelas. Serta bisa menjelaskan kegiatan bisnismu secara singkat. Lebih bagus lagi, kalau kamu bisa membuat cerita yang bisa menggugah rasa ketertarikan seseorang yang berkunjung ke akun Instagram kamu.

3. Gunakan fitur Instagram Story

story instagram by akun @altpress

story instagram by akun @altpress via http://instagram

Update status dari story di Instagram bisa aktif selama 24 jam. Dari teks, foto, gif serta video yang bisa di upload melalui story ini. Serta keuntungannya bisa mendatangkan trafik kunjungan baru yang bukan dari follower kita. Karena instagram Story memudahkan akun kita untuk terekspos dengan akun lainnya yang tentu saja belum terhubung dengan akun kita.

Advertisement

 

4. Maksimalkan fitur story highlight

tampilan sorotan by akun @rintisanstartup

tampilan sorotan by akun @rintisanstartup via http://instagram

Untuk bisa menggunakan fitur ini, maka kamu dianjurkan memakai Instagram Story terlebih dahulu. Pada saat proses upload story Instagram telah selesai, kamu bisa langsung membagikannya pada Story highlight atau yang biasa kita kenal sorotan cerita. Berbeda dengan Story Instagram, fitur ini tidak memiliki batas waktu penggunaannya. Serta kemudahan dalam pemilihan gambar sampul yang menarik pada sorotan cerita.

 

5. Mengupload foto atau video original

pake kamera hp masih bagus by helena lopez

pake kamera hp masih bagus by helena lopez via http://pexels

Foto ataupun video yang original memudahkanmu untuk di ingat oleh para followermu. Meskipun gambar yang kamu dapat adalah hasil jepretan kamera hp, asalkan konten yang kamu sajikan adalah original otomatis followermu akan sangat menghargainya. Alih-alih menggunakan foto dari akun seseorang, yang dapat merugikanmu suatu hari nanti.

6. Bekerja sama dengan para influencer atau selebgram

salah satu influencer instagram di bidang kuliner by akun @enjoyajadotcom

salah satu influencer instagram di bidang kuliner by akun @enjoyajadotcom via http://instagram

Influencer ataupun selebgram tentunya sudah memiliki follower dengan jumlah yang banyak. Sehingga bisa dengan mudah untuk memasarkan bisnismu kepada para follower mereka. Apalagi kalau akun instagram ataupun bisnismu belum ada yang tahu, maka dengan cara bekerja sama dengan mereka. Bisa untuk mendatangkan trafik kunjungan ke akun kamu hingga menuju ke penjualan.

 

7. Jadwalkan postingan konten di Instagram

sudah saatnya nih by ari alqadri

sudah saatnya nih by ari alqadri via http://pexels

Postingan yang terjadwal memudahkan followermu untuk melihat konten yang kamu buat dalam setiap harinya. Misalkan dalam sehari kamu mengupload satu hingga tiga konten. Serta postingan yang terjadwal akan membuat para follower kamu untuk terus aktif dalam setiap konten yang kamu buat.

 

8. Gunakan hashtag yang relevan dengan bisnis

hastag yang saling terkait

hastag yang saling terkait via http://instagram

Hastag atau tanda pagar biasa kita temui dalam akun-akun instagram tertentu. Karena bisa sangat memudahkan dalam pencarian yang terkait dengan hastag tersebut. Dengan menggunakan hastag yang sama pada akun tertentu, akun instagram kamu pun otomatis akan muncul. Sehingga akun instagram yang belum mengikutimu, juga bisa melihat postingan konten yang kamu buat.

 

9. Eksplorasi feed dalam akun Instagram

feed instagram yang menarik by akun @sejauhmatamemandang

feed instagram yang menarik by akun @sejauhmatamemandang via http://instagram

Algoritma feed instagram dengan kolom tiga baris horisontal, sering kali membuat para konten kreator mengeksplorasinya dengan beragam feed yang menarik. Mulai dari potongan gambar grid yang besar, tema feed yang senada, hingga foto dengan filter yang sama pun bisa di buat feed instagram yang menarik. 

Tampilan feed yang menarik juga mempunyai nilai jual tersendiri, karena dapat membuat para akun yang belum mengikutimu. Bisa langung tertarik untuk mengikuti serta menjadikan postinganmu tak akan bosan untuk dilihat.

 

10. Terapkan soft selling dalam setiap postingan konten

photo by pixabay

photo by pixabay via http://pexels

Kalau kamu ingin untuk terus menambah followermu secara organik. Lakukan saja tehnik soft selling atau yang biasa kita kenal dalam istilah menjual tanpa menjual. Karena tujuan utama follower mengikutimu ialah bukan membeli produkmu melainkan hanya sekedar mencari informasi dari konten yang kamu buat. 

Memakai tehnik soft selling juga bisa membuatmu jadi punya banyak pembahasan lain, seputar konten yang kamu buat yang terkait dengan bisnismu.

 

Jadi, kamu sekarang sudah pada tahukan kalau akun instagram yang kamu punya saat ini bisa dikembangkan untuk sesuatu yang menghasilkan. Atau mungkin, kamu juga sudah melakukan hal-hal seperti diatas tadi. Wah selamat yah, bisnis kamu bisa berkembang dan semoga lancar terus.

 

 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya