10 Keresahan yang Mungkin Jarang Diungkapkan Mahasiswa di Masa #KuliahOnline

Keresahan Mahasiswa Saat Kuliah Online. Apa kamu termasuk salah satunya ?

Masa pandemi saat ini memiliki dampak bagi berbagai pihak, baik pekerja, pelajar dan mahasiswa. Pemerintah memberikan instruksi bahwa masyarakat harus mengurangi kegiatan yang melibatkan banyak orang untuk mencegah penyebaran covid-19.

Kegiatan bekerja, ibadah, bahkan kegiatan belajar mengajar juga terpaksa harus dilaksanakan dari rumah. Para pelajar dari tingkat Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi mungkin juga mengambil keputusan tersebut. Banyak sekolah dan kampus yang harus diliburkan untuk beberapa minggu ke depan.

Mahasiwa tidak ketinggalan dalam peran ini, dimana mereka juga harus mengikuti perkuliahan secara daring atau kuliah online. Dosen menghimbau para mahasiswa tetap melakukan perkuliahan, dan menggunakan berbagai cara agar dosen dan mahasiswa dapat tetap berinteraksi dalam kegiatan belajar mengajar. Namun, dari kegiatan kuliah online tersebut, pasti ada beberapa keresahan yang tentu dialami para mahasiswa. Dari aplikasi video meeting, ataupun grup kelas yang berbeda-beda. Berikut beberapa keresahan yang sudah penulis rangkum dari beberapa pengalaman di sekitar yang mungkin teman-teman hipwee alami juga atau belum.

Advertisement

1. Banyaknya grup whatsapp yang baru untuk tiap mata kuliah dengan dosen yang berbeda.

grup kelas dengan dosen dan mata kuliah yang berbeda

grup kelas dengan dosen dan mata kuliah yang berbeda via http://www.google.com

Hal ini tentu dialami kalangan mahasiswa saat ini, dimana dosen dari setiap mata kuliah meminta untuk membuat group khusus mata kuliah tersebut. Hal ini tentu bagi sebagian mahasiswa akan merepotkan, akan banyak chatroom yang bermunculan setiap harinya yang memungkinkan mengganggu mereka ketika jam kosong. Bahkan sampai ada yang mematikan notifikasinya, loh!
Kamu gitu gak genks?

2. Pengisian absensi di group WhatsApp serasa baku hantam

Seperti kuliah pada umumnya, tentu memiliki sesi mengisi daftar hadir, berbeda kali ini dengan masa kuliah online dimana mahasiswa harus melakukan absensi sendiri dengan mencantumkan nama masing-masing. Nah, dalam proses ini tentu banyak yang akan berebutan untuk mengisi absen dahulu kan?! Dari mulai nomor 1,2,3 eh tiba-tiba akan loncat ke nomor 20 ..

Advertisement

Hal ini akan menimbulkan kegeraman teman-teman lainnya. Ada saja memang teman yang selalu ketinggalan dan kurang fokus. Akibatnya absensi berantakan dan dosen meminta untuk dirapikan sebelum mata kuliah dimulai. Semua teman-teman akan kena imbasnya, maka grup kelas kalian yang asli akan ramai dengan ejekan lucu dan gemesin kepada “dia” yang sudah merusak absensi tersebut. Hal ini menimbulkan kekonyolan dan banyolan lucu antar teman lainnya.

3. Memori gadget penuh dengan voice note dan foto materi kuliah

duh, hape ngedet

duh, hape ngedet via http://www.google.com

Dalam masa kuliah online, tidak jarang dosen juga meminta absensi dalam bentuk Voice Note (VN) di group whatsapp. Nah, bagi kalian-kalian yang mengotomatiskan sistem download media di Whatsapp. Tentu hal ini akan sangat mengganggu dan membuat hape kalian kepenuhan memori dan menjadi lamban. Alhasil, kalian akhirnya akan kelelahan menghapus setiap file yang sudah tidak dipakai dan mengganggu.

4. Banyak yang minta jawaban tugas dari teman yang sudah selesai (nungguin upload tugas teman)apalagi ketika batas jam pengumpulan adalah sampai jam mata kuliah selesai.

Advertisement
pada nungguin jawaban!

pada nungguin jawaban! via http://www.unsplash.com

Kuliah pasti tidak lepas dari yang namanya tugas. Bahkan di masa kuliah online sekalipun, dosen tetap memberikan tugas sebagai bahan penambah nilai dan pertimbangan bahwa mahasiswa sudah memahami materi atau belum. Namun yang tidak asing bagi kalian yang ikut kuliah online tentu adalah, masa dimana kalian akan kebingungan untuk mengirim terlebih dahulu atau menunggu teman yang lain.

Karena pada dasarnya ,ketika kalian mengirimkan tugas kalian ke google classroom lebih awal, maka disitulah kesempatan para teman-teman yang menunggu turunnya mukjizat bantuan 😀 atas jawaban dari tugas tersebut.

Ini merupakan keuntungan bagi si penunggu dan kesialan bagi si cepat. Ada juga dalam versi lain, dimana teman yang cerdas akan dipenuhi notif chat meminta jawaban dari temn lainnya. Mau gak dibalas entar dibilang sombong dan enggak kompak, mau dibalas tapi sedikit berat membagi jawaban hasil kerja keras. Alhasil, mau enggak mau ya berbagi deh. Kita yang lelah berpikir, orang yang menikmati. Itulah serunya hidup buuung!

5. Sulit mengerti materi

Gimana ngerjainnya yaa..

Gimana ngerjainnya yaa.. via http://www.unsplash.com

Kuliah secara tatap muka saja belum tentu semua mahasiswa dapat dengan mudah mengerti materi yang dijelaskan, apalagi ketika masa kuliah online yang hanya sekedar sesi tanya jawab dan membagi tugas. Hal ini akan sangat menyulitkan bagi teman-teman mahasiswa yang membutuhkan waktu lebih untuk memahami materi. Resikonya, ketika diberi tugas akan kebingungan dan hanya bisa nangis di pojokkan. Hahaha

6. Wajah teman-teman tampak lucu saat presentasi dengan sinyal buruk

Ternyata, kuliah online melalui aplikasi video meeting atau zoom memungkinkan juga untuk melakukan presentasi. Namun ada saja hal lucu yang terjadi, ketika proses presentasi berlangsung dan sinyal kamu sedang tidak stabil. Maka wajah dari teman-temanmu akan tampak aneh seketika karena buffering, dan suara mereka akan hilang. Kamu hanya bisa berpikir keras sambil menahan  tawa ketika proses itu berlangsung.

7. Enggak bisa tidur siang karena harus kirim tugas setelah jam mata kuliah

ngantuk banget, pengen rebahan

ngantuk banget, pengen rebahan via http://www.unsplash.com

Ketika penulis menanyakan kebeberapa teman kuliah, ternyata ada saja yang masih memikirkan dan merasa kehilangan jam tidurnya. Hal ini membuatnya sedikit kesal, karena kebiasaan tidur siangnya yang direnggut oleh tugas kuliah online yang deadline. Duh!

8. Kesel sama teman yang enggak bisa menahan jari untuk menunggu yang lain selesai mengetik

Ada lagi nih, selain dalam proses membuat absensi di kelas online. Ada saja juga teman yang ketika dosen masih mengetik materi atau menjawab pertanyaan tapi si”kawan” ini udah nerobos langsung bilang “siap bu” .. “jadi kalau misalnya…bla bla bla” .. hal itu mengganggu banget bagi beberapa pihak. Karena konsentrasi mereka dalam membaca materi akan terganggu dengan hal itu.

9. Sinyal susah, ngirim tugas lama, pengen ngajak ribut!

signal,jalan dong

signal,jalan dong via http://www.google.com

Sinyal pada jaringan selular memang sangat dibutuhkan kestabilannya. Apalagi ketika pengiriman tugas yang diberi deadline. Keringat dingin bahkan emosi ketika tugas kalian enggak terkirim ke dosen yang bersangkutan. Padahal jam udah keburu banget, takut tugas enggak diterima lagi dan akhirnya galau dan sedih, menyesal dan ingin nangis di pojokkan.

10. Bangun pagi untuk kuliah online, ternyata dosennya nggak muncul dan cuma isi absensi

i'm ready ..

i’m ready .. via http://www.unsplash.com

Dari sekian banyak keresahan mahasiswa ketika kuliah online, poin ini juga merupakan yang lumayan banyak dirasakan teman-teman di kuliah online. Jadwal pagi kuliah online membuat mereka harus bangun pagi seperti biasa dan bersiap siap di depan gadget masing-masing. Namun, tanpa disangka dan diduga-duga dosen kesayangan kalian yang kalian tunggu-tunggu tak kunjung menampakkan wajahnya di kelas online kalian.

Alhasil kalian pun harus menunggu untuk waktu yang lama. Ingin meninggalkan kelas online sebentar tapi takut dosen malah masuk tiba-tiba dan kita ketinggalan. Tapi ditahan gak kuat, alhasil kalian akan ribut di grup asli kelas kalian dan membuat kemungkinan-kemungkinan lucu penyebab dosen belum masuk.

Apalagi ketika dosen masuk di jam-jam akhir perkuliahan dan hanya memberikan bahan materi, kemudian meminta absensi. Kekecewaanmu pun sangat dalam! Hahaha

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE