Seperti dalam seri game Pokemon sebelumnya, Pokemon dalam Pokemon GO bisa kita dapatkan di tempat yang “logis” sesuai dengan tipe mereka. Misalnya saja, Bulbasaur yang merupakan Pokemon tipe rumput, bisa kita dapatkan di taman atau semak-semak. Squirtle, Pokemon tipe air ini bisa kita dapatkan di dekat perairan, pantai, dan sebagainya. Termasuk juga kita bisa mendapatkan Pokemon Legendaris, yang selalu menjadi primadona dalam setiap seri game Pokemon, dalam game ini.

Pokemon Legendaris dalam game ini tersebar di seluruh dunia, dan ada dua cara untuk mendapatkannya. Pertama, kita harus berkeliling dunia untuk mendapatkan semuanya. Atau yang kedua, Nintendo memberikan opsi saling tukar menukar Pokemon dengan pemain lain, jadi kita nggak perlu repot-repot keliling dunia demi melengkapi Pokedex kita.

Dari seluruh negara di dunia ini, kabarnya, Nintendo dan Niantic Labs memberikan bocoran bahwa ada kurang lebih 10 Pokemon Legendaris yang bisa kita tangkap di Indonesia! Bukan hanya itu, Nintendo dan Niantic Labs, dengan sangat murah hati juga sudah membocorkan di mana tepatnya lokasi kesepuluh Pokemon legendaris itu. Yap! Kita bisa mencari Pokemon Legendaris sambil jalan-jalan keliling Indonesia. Perpaduan antara travelling dan juga bertualang layaknya Satoshi dalam anime Pokemon.

Siapa saja dan dimana lokasi Pokémon legendaris di Pokémon GO yang ada di Indonesia? Berikut daftarnya! 

1. Entei – Gunung Merapi, Yogyakarta

Sebagai salah satu gunung api aktif di tanah Jawa, Nintendo dan Niantic Labs meletakkan salah satu Pokemon Legendaris bertipe apinya disana. Dimana? Yap, Gunung Merapi. Gunung yang terletak di Provinsi D.I. Yogyakarta ini masih berstatus sebagai gunung api yang aktif, dan tebak Pokemon Legendaris yang ditunjuk menjaganya? Tidak lain dan tidak bukan adalah Entei. Entei salah satu Pokemon Legendaris bertipe api yang ditugaskan disana. Hmm Yogyakarta semakin istimewa dengan keberadaan Entei di gunung Merapi, tapi awas ya hati-hati kalau berburu Entei disana.

2. Suicune – Raja Ampat

Suicune via http://google.com

Tanah Papua, memang sangat indah, selain kebudayaannya, juga pemandangan alamnya, salah satunya Raja Ampat. Raja Ampat, daerah di Papua yang terkenal dengan pemandangan laut serta pulau-pulaunya yang menawan. Dibalik keindahannya itu, ada Pokemon Legendaris yang menjaganya. Siapa? Yap! Suicune! Suicune sebenarnya Pokemon Legendaris tipe air / es, sangat cocok untuk menjaga perairan Raja Ampat. So, jangan coba-coba merusak Raja Ampat atau Suicune akan memburu mu, atau mungkin kalian tertarik dan ingin memburu Suicune?

3. Ho-oh – Jayapura

Advertisement

Tanah Papua tak akan lepas dengan hewan langka nan indah mereka, yang juga menjadi ciri khas Indonesia, burung Cendrawasih. Keindahan burung Cendrawasih sudah tersohor di seluruh dunia. Untuk memberikan tribute kepada Cendrawasih, Nintendo dan Niantic pun memutuskan untuk meletakkan salah satu Pokemon Legendaris tercantik mereka, Ho-oh di tanah Papua, tepatnya di ibukota Jayapura.

4. Kyogre – Bunaken

Taman Nasional Bunaken, merupakan tempat yang sangat istimewa, dimana pemandangan laut dan bawah lautnya sangat eksotis. Hal inilah yang membuat Nintendo dan Niantic Labs tak ragu untuk meletakkan Kyogre, salah satu Pokemon Legendaris bertipe air, di perairan Bunaken. Bukan di PINGGIR pantai ya, tapi benar-benar di tengah laut, jadi kita harus ber-diving ria untuk mendapatkan Kyogre. Jangan lupa belikan waterpoof case untuk smartphone-mu.

5. Registeel – Krakatau Steel, Cilegon

Ragisteel via http://google.com

Registeel, salah satu Pokemon Legendaris bertipe besi baja. Sebenarnya, tubuh Registeel terbuat dari metal yang paling kuat yang ada di dunia ini. Dimana keberadaan Registeel? Yap karena baja merupakan metal terkuat, Registeel diletakkan di Cilegon, tepatnya di Pabrik Krakatau Steel. Kita tahu pabrik Krakatau Steel merupakan pabrik baja yang cukup besar di Indonesia. So, teman-teman di Cilegon silakan untuk berburu Registeel di pabrik ini, dan tetap hati-hati serta waspada ya!

6. Moltres – Gunung Anak Krakatau

Moltres via http://google.com

Moltres, Pokemon Legendaris tipe Burung Api. Nintendo dan Niantic Labs meletakkan Moltres ini di Anak Gunung Krakatau. Anak Gunung Krakatau dipilih karena dahulu letusan Gunung Krakatau adalah salah satu letusan yang paling dahsyat. Bahkan, letusanya pada tahun 1883 itu terdengar sampai ke Jepang. So, jika kalian ingin mendapatkan Moltres pergilah ke tempat ini. Tambahan, Anak Gunung Krakatau merupakan salah satu kawasan obyek wisata gunung api aktif yang sangat indah. Sayang untuk dilewatkan.

7. Terrakion – Ujung Kulon

Terrakion via http://google.com

Taman Nasional Ujung Kulon, Jawa Barat, sangat terkenal dengan badak bercula satu, yang juga salah satu hewan langka yang ada di Indonesia. Terrakion, memiliki tubuh yang bisa merepresentasikan badak bercula satu. Tubuhnya yang besar, kuat, dan bertanduk, membuat Pokemon Legendaris ini menjadi salah satu Pokemon yang diletakkan di Indonesia. Is it time to travel to Ujung Kulon?

8. Shaymin – Nusa Tenggara Barat

Shaymin via http://google.com

Nusa Tenggara Barat, merupakan salah satu kawasan di Indonesia yang memiliki padang rumput yang luas. Tempat inilah yang dipilih untuk tempat bersemayamnya Pokemon Legendaris bertipe tanaman / rumput, Shaymin. Sambil mencari Shaymin, kita bisa menikmati hembusan angin dan indahnya sabana di NTB ini.

9. Mesprit – Danau Toba

Mesprit via http://google.com

Indonesia kaya akan pulau-pulau indahnya. Seperti halnya Sinnoh, salah satu region di dunia Pokemon yang terdiri dari pulau-pulau. Di Sinnoh ini ada tiga danau yang dijaga oleh tiga Pokemon Legendaris, salah satunya adalah Mesprit. Di Indonesia sendiri, Mesprit diletakkan untuk menjaga danau terbesar sekaligus terindah di Indonesia, yaitu Danau Toba!

10. Giratina – TPU Jeruk Purut

Giratina via http://google.com

Pokemon Legendaris terakhir yang ada di Indonesia adalah Giratina. Giratina merupakan Pokemon Legendaris bertipe ghost, hemm… bisa membayangkan dimana kita berburu Giratina ini? Kita bisa mendapatkan Giratina di Makam Jeruk Purut, salah satu pemakaman di daerah Jakarta yang terkenal dengan Hantu Jeurk Purutnya. Biar lebih menantang lagi, Giratina ini hanya akan muncul di malam hari. Jadi, ajak teman-temanmu berburu Giratina, dan awas ketemu Hantu Jeruk Purutnya, hihihi..

11. Bonus Pikachu – PLTU Paiton

Pikachu via http://google.com

Yap, Pokémon paling populer ini ternyata juga bisa ditangkap di Indonesia! Meskipun bukan termasuk Pokémon legendaris, namun dengan kepopulerannya di Indonesia, Nintendo dan Niantic pun tak ragu untuk meletakkannya. Dimana? Tentu saja di salah satu pembangkit listrik di Indonesia, PLTU Paiton di Probolinggo. Pikachu akan muncul saat malam hari, tepatnya saat PLTU ini beroperasi. Yah, mungkin agak sulit untuk mendekati lokasi Pikachu, apalagi jika kamu bukan salah satu karyawan di PLTU itu. Karena memang, lokasi Pikachu ada di pembangkit utamanya, alias tempat yang paling dijaga ketat.

Pokemon tak akan bisa lepas dari karakter Pokemon satu ini. Pokemon khas bertipe listrik ini bisa kita temukan di Indonesia. Yap! Siapa lagi kalau bukan Pikachu. Pokemon tikus listrik ini bisa kamu tangkap di PLTU Paiton. Hah? Itu dimana? PLTU Paiton merupakan PLTU terbesar di Jawa yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Nintendo dan Niantic Labs, meletakkan Pikachu di tempat dengan penjagaan yang ketat, dan kita hanya bisa menemukan Pikachu disana saat PLTU beroperasi, yaitu di malam hari. Pikachu juga sebenarnya bisa kita dapatkan pertama kali saat memainkan Pokemon GO.

Jadi, tunggu apalagi! Kemas barangmu! Ayo berpetualang dengan Pokemon GO dan rasakan sensasi menjadi Satoshi di negara kita!!