Sudah baca bermacam-macam artikel tentang Bali yang mengulas tempat-tempat wisata asik di Bali? Nah, kebanyakan artikel itu ditulis oleh pengunjung yang berasal dari luar Bali. Nah, kali ini saya yang warga asli Bali dan kebetulan punya profesi sebagai pemandu wisata di Bali ingin berbagi pengalaman mengenai tempat-tempat wisata favorit bagi wisatawan domestilk tapi belum pernah kamu dengar atau kamu kunjungi. Beberapa tujuan wisata mungkin masih asing bagi kalian karena memang tempat itu baru dipromosikan atau baru dikenal.

Berikut saya rangkum 10 tempat wisata di Bali favorit menurut saya. Ukuran saya tentang favorit adalah saya tak pernah bosan berkunjung ke tempat itu. Kadangkala saya harus mengunjungi tempat yang sama sekali seminggu dan saya selalu menemukan spot atau titik menarik untuk memotret atau sekedar selfie. Ini dia daftar lengkapnya:

1. Menikmati sunrise dari Desa Pinggan

Desa Pinggan yang berkabut via https://www.melalay.com

Tempat ini terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya. Kombinasi tiga buah gunung yang berbaris, diselimuti kabut tipis diterpa sinar matahari yang baru terbit membuat tempat ini seperti sebuah tempat di atas awan. Kini dikenal sebagai tempat foto wedding atau pra wedding favorit. Meski harga (harga tidak resmi karena tempat ini adalah tanah milik pribadi) yang dipatok agak mahal, tetapi tetap rame dikunjungi.

2. Belajar vulkanologi di kawasan lahar bekas letusan Gunung Batur

Photo romantis di kawasan Black Lava via https://www.melalay.com

Adalah sisa-sisa lava letusan dari Gunung Batur pada tahun 1903, 1927, dan tahun 1963. Lava beku ini membentuk batu-batu berongga dengan pemandangan menakjubkan berlatar belakang Gunung Batur.

3. Kembali ke Bali di desa tradisional Cekeng

Advertisement

Desa Wisata Cekeng via https://www.melalay.com

Sepintas mirip dengan Desa Wisata Pengelipuran, letaknya pun tidak jauh dari Desa Pengelipuran. Tapi karena desa ini baru diperkenalkan sebagai desa wisata, ini bisa menjadi tempat alternatif untuk melihat Bali yang masih memertahankan adat dan budayanya dengan kuat.

4. Camping asyik di N’jung Bali Camp

N’jung Bali Camp via https://www.melalay.com

Tempat camping paling asik se-Bali. Berada persis di pinggir Danau Batur dengan pemadangan Danau Batur, Gunung Batur dan Gunung Abang. Jauh dari jalan raya, tenang dengan hawa yang sangat sejuk. Tersedia tenda untuk disewa dan alat-alat untuk keperluan bakar-bakar ikan segar yang langsung dipanen dari Danau Batur.

5. Menikmati sejarah masa lalu di relief Yeh Pulu

Relief Yeh Pulu via https://www.melalay.com

Relief Yeh Pulu berlokasi tidak jauh dari Goa Gajah. Adalah sebuah tebing bebatuan yang diukir membentuk sebuah alur cerita. Meski kamu harus berpikir keras untuk mengerti ceritanya, tapi pahatan-pahatannya jelas kok. Jadi kamu bisa berimprovisasi mengartikan cerita yang terpahat di dinding itu.

6. Menikmati hijaunya Lembah Tukad Melangit di Anjungan Tukad Melangit

Anjungan Tukad Melangit via https://www.melalay.com

Mungkin lagi tren orang-orang bikin anjungan di atas lembah atau tebing. Anjungan Tukad Melangit berada di Desa Jehem Kabupaten Bangli, sebuah tempat yang menawarkan pemandangan lembah hijau Tukad Melangit. Hanya membayar sumbangan 10 ribu rupiah saja, kamu bisa eksis ber-selfie ria di atasnya.

7. Liburan bersama keluarga di Krisna Funtastic Land, Singaraja

Krisna Funtastic Land via https://www.melalay.com

Tempat ini baru dibuka tahun 2016 lalu dan langsung ramai. Lokasinya agak jauh dari Denpasar, sekitar 2,5 jam perjalanan dengan mobil. Berbagai wahana permainan tersedia untuk memanjakanmu bersama keluarga. Sangat cocok untuk liburan keluarga kamu.

8. Menikmati sejuknya Air Terjun Gitgit Goa Rangreng di Gianyar

Air Terjun Tukad Rangreng via https://www.melalay.com

Air terjun ini sebenarnya bukan air terjun besar seperti air terjun yang ada di Gitgit, Singaraja. Tapi karena air terjun ini berundak seperti membentuk sebuah tangga membuatnya cantik. Menariknya lagi, air terjun ini keluar dari sebuah goa yang panjangnya sekitar 100 meter. Konon, menurut warga di sana, goa ini merupakan tempat semedi dan dipercaya bisa memohon keturunan bagi pasangan yang tidak dikaruniai anak di pura yang ada di dalam goa.

9. Menikmati sunrise di atas Rinjani dari Bubung Gede

Sunrise dari Kaldera Batur via https://www.melalay.com

Kintamani memang menyimpan beragam tempat wisata menarik yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Salah satunya Kaldera Batur. Daripada kamu capek mendaki Gunung Batur untuk mencari sunrise, mending ke sini, nih, mendakinya cuma sejam dan kamu akan dihadiahi pemandangan seperti ini. Cakep, bukan?

10. Melihat keajaiban mayat tak berbau di Kuburan Desa Trunyan

Kuburan Desa Trunyan via https://www.melalay.com

Ajaib, itu yang pertama kali kamu rasakan ketika memasuki wilayah kuburan Desa Trunyan ini. Merupakan kuburan dari sebuah desa tradisional, sering disebut Bali Mula. Kuburan Desa Trunyan tidak seperti kebanyakan kuburan lain. Mayat hanya diletakkan di tanah dan hanya ditutupi anyaman bambu. Ajaibnya meski kamu bisa melihat mayat yang membusuk tapi kamu sama sekali tak mencium baunya. Agak serem sih, tapi penasaran kan? Apalagi tengkorak-tengkorak yang berjumlah ratusan berjejer di sebuah altar menambah serem tempat ini.