10 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula, Terutama Saat Pandemi Covid-19 yang Wajib Kamu Perhatikan Nih!

Tips penting bagi pendaki pemula yang harus diketahui

Kegiatan mendaki gunung merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi para pecinta alam, karena dengan mendaki gunung kita bisa menikmati pemandangan alam di atas ketinggian. Namun kegiatan mendaki gunung bukanlah hal yang sepele karena banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum kita mendakinya, karena apabila kita tidak mempersiapkan dengan benar maka akan mempersulit kita dalam pendakian, begitupula sebaliknya. Apalagi pada saat ini dunia sedang dilanda pandemi Covid 19. Berikut beberapa tips yang perlu anda lakukan yaitu :

Advertisement

1. Membuat surat kesehatan

Photo by stempow from Pixabay

Photo by stempow from Pixabay via https://pixabay.com

Pada saat pandemi Covid 19 saat ini membawa surat kesehatan merupakan hal yang wajib ketika mendaki gunung, karena surat tersebut akan diminta pada saat melakukan registrasi pendakian. Oleh sebab itu bagi Anda yang ingin mendaki gunung di saat pandemi Covid 19 ini diharapkan membawa surat kesehatan terutama bagi pendaki pemula.

2. Menyiapkan fisik sebelum mendaki

Photo by Rene Rauschenberger from Pixabay

Photo by Rene Rauschenberger from Pixabay via https://pixabay.com

Sebelum mendaki gunung alangkah baiknya mempersiapkan fisik kita terlebih dahulu seperti melakukan olahraga jogging atau berjalan beberapa kilometer, sehingga diharapkan dengan melakukan olahraga tersebut fisik kita menjadi lebih kuat karena sudah terbiasa melakukan kegiatan yang melatih fisik, karena saat mendaki gunung memerlukan tenaga yang cukup banyak.

Advertisement

3. Pilih gunung yang tidak terlalu tinggi

Photo by riyan hidayat from Pixabay

Photo by riyan hidayat from Pixabay via https://pixabay.com

Dalam mendaki gunung terutama bagi pemula, alangkah baiknya memilih gunung yang tidak terlalu tinggi dan juga rute yang dilalui tidak terlalu ekstrim agar tidak terlalu capek, hal ini bisa dijadikan juga sebagai tolak ukur ketika ingin mendaki ke gunung yang lebih tinggi.

4. Mendaki dengan ditemani orang yan sudah berpengalaman

Photo by Sasin Tipchai from Pixabay

Photo by Sasin Tipchai from Pixabay via https://pixabay.com

Bagi kalian para pendaki pemula alangkah baiknya jika kalian ingin mendaki gunung ditemani dengan orang yang sudah berpengalaman mendaki gunung terutama memiliki pengetahuan tentang ilmu survival, karena dalam mendaki gunung kita tidak tahu hal apa yang kemungkinan terjadi dan apabila ditemani dengan orang yang berpengalaman diharapkan kita bisa meminimalisir resiko yang tidak diinginkan selama mendaki.

5. Membawa bekal secukupnya sesuai kebutuhan

Photo by jun yang from Pixabay

Photo by jun yang from Pixabay via https://pixabay.com

Untuk bebrapa gunung di Indonesia banyak tersedia warung terutama di Pos istirahat pendakian, sehingga apabila tidak ingin membawa bekal yang terlalu berat anda bisa mengurangi beban tersebut dengan makan di warung-warung yang tersedia. Dengan membawa sedikit beban maka pendakian yang anda lakukan tidak akan terlalu berat.

6. Membawa turun sampah yang dibawa

Photo by analogicus from Pixabay

Photo by analogicus from Pixabay via https://pixabay.com

Inilah hal yang perlu diperhatikan dan dipatuhi, apabila anda mendaki membawa bekal sebaiknya sampah yang dihasilkan jangan dibuang sembarangan agar keindahahan alam di gunung tersebut tetap tejaga. Karena apabila anda membuang sampah sembarangan di gunung maka keindahan alam di gunung tersebut akan terancam dan juga ekosistem yang terdapat di gunung tersebut akan terganggu.

7. Pesiapkan obat-obatan atau P3K

Photo by Steve Buissinne from Pixabay

Photo by Steve Buissinne from Pixabay via https://pixabay.com

Obat-obatan seperti vitamin sangat penting bagi anda yang ingin melakukan pendakian di gunung terutama bagi pemu, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di gunung nanti, semisal badan tiba-tiba drop ketika mendaki gunung apabila menyiapkan obat maka diharapkan kondisi kita akan cepat pulih kembali dan bisa melanjutkan perjalanan.

8. Memperhatikan kondisi cuaca

Photo by Ron Rev Fenomeno from Pixabay

Photo by Ron Rev Fenomeno from Pixabay via https://pixabay.com

Ketika mendaki gunung salah satu hal yang paling menyenangkan adalah bisa menikmati pemandangan yang indah terutama saat di puncak gunung, namun apabila sedang mendaki gunung dalam keadaan kurang bersahabat terkadang pemandangan alam yang indah tersebut tidak begitu terlihat. Alangkah baiknya ketika kita ingin mendaki gunung melihat kondisi cuaca terlebih dahulu, sehingga apabila kita mendaki di saat cuaca yang tepat, kita tidak akan ketinggalan moment melihat pemandangan disaat cuaca yang bersahabat dan pendakianpun tidak terasa sia-sia.

9. Menggunakan pakaian yang sesuai

Photo by Free-Photos from Pixabay

Photo by Free-Photos from Pixabay via https://pixabay.com

Pakaian saat mendaki gunung tentunya sangat bereda dengan pakaian yang kita gunakan ketika berlibur di mall, karena pakaian yang kita gunakan saat digunung sebisa mungkin menggunakan pakaian yang berbahan tebal untuk melawan hawa dingin ketika berada digunung.

10. Jangan gengsi

Photo by Foundry Co from Pixabay

Photo by Foundry Co from Pixabay via https://pixabay.com

Tips terakhir bagi pendaki pemula adalah, ketika anda sedang mendaki gunung dan di tengah perjalanan anda tiba-tiba merasa sangat kelelahan, jangan segan-segan untuk berhenti beristirahat. Jangan merasa gengsi atau malu ketika meminta istirahat kepada rombongan anda, karena jika dipaksakan akan berakibat fatal dan juga akan menyusahkan diri sendiri dan juga rombongan anda.

Itulah Tips-tips mendaki gunung bagi pendaki pemula terutama saat pandemi Covid 19, tips tersebut dibuat berdasarkan pengalaman pribadi dan juga pengalaman beberapa pendaki gunung sudang berpengalaman. Semoga tips yang diberikan bisa bermanfaat dan bisa menjadi acuan bagi pendaki pemula ketika ingin melakukan pendakian.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE