Siapa yang setuju kalau kebahagiaan secara hakiki letaknya ada di dalam hati? Kita yang membentuknya. Bahagia sangat sederhana. Jika saja kita mampu untuk lebih melihat anugerah-anugerah yang luar biasa indahnya yang telah Tuhan berikan dengan hati yang damai, dengan mensyukuri segalanya, dengan tersenyum dengan tulus, dengan mengalirkan energi yang positif tentunya.

Wanita khususnya, mempunyai begitu banyak kelebihan yang menggelutinya di dalam banyak hal dalam menapaki kehidupan ini. Jangan salah, seorang wanita itu juga ternyata dapat mempengaruhi sisi letak kebahagiaan kepada orang lain yang berada di sekitarnya. Auranyapun mampu memancar dengan sendirinya. Mungkin terbilang seperti magnet ya.

Wanita dengan kodratnya, tercipta sebagai makhluk yang dominan dengan sifat perasa, cenderung lebih sensitif. Tetapi memang seperti itulah seorang wanita. Tidak melulu tentang seberapa besar harga yang diperoleh untuk mengukur sebuah kebahagiaan. Karena kebahagiaan terletak di dalam hati yang damai dengan selalu mengingat Tuhan.

Kita pun bisa mengemasnya, membentuknya dan merealisasikan kebahagiaan dengan cara-cara yang sederhana.

1. Temukan definisi bahagia versimu. Bukan, bukan meniru orang lain yang mungkin punya standar bahagia setinggi langit

your happiness :)

your happiness 🙂 via https://unsplash.com

Bahagia datangnya justru dari hal-hal yang sangat sederhana. Karena bahagia itu datangnya dari jiwa. Terletak didalam hati. Misalkan, Kita bisa mengapresiasikan kebahagiaan dari sudut pandang kita sendiri. Coba deh kita lebih mengenal dan memahami tentang diri kita sendiri.

Advertisement

Hal-hal apa saja sih yang membuat kita nyaman, membuat kita lebih fresh, membuat kita lebih enjoy. Mungkin dengan mengecup kening buah hati kita. Mungkin dengan mendengarkan musik atau dengan genggaman hangat yang diberikan oleh pasangan kita saja kita sudah bisa merasakan kebahagiaan tersendiri.

2. Pancarkan aura positif saat bertemu orang lain. Bisa dengan tersenyum atau berjabat tangan yang tulus

Memulai hari dengan berpikir positif

Memulai hari dengan berpikir positif via https://unsplash.com

Spread your kindness girl..

Buatlah semacam energi positif yang memancar dari jiwa. Selalu memulai hari dengan "Bismillah" dan tentunya dengan selalu berpikir yang positif. Buang jauh-jauh energi negatif dari dalam diri kita. Biar kita tidak terbebani dengan berbagai pikiran yang menguras hati. Lelah hayati kan girl jika kita selalu bernegatif thinking.

Advertisement

Semoga kita semua dijauhkan dari hal seperti itu yup! Dengan selalu berpikir positif kita bisa lebih elegan lagi dalam bersikap dan tentunya aura yang positif itu akan mengalir dan memancar dari dalam diri kita.

Kita bisa lebih relax. Berdampak baik untuk kesehatan hati dan pikiran, itu sudah pasti. Dan lagi kita pastinya akan menjadi wanita yang berbahagia. Karena aura yang memancar juga positif.

3. Ingat peran Tuhan, lalu bersyukurlah bahwa kamu terlahir sebagai wanita paling bahagia meski caramu mungkin berbeda

Bahagia dengan selalu bersyukur

Bahagia dengan selalu bersyukur via https://unsplash.com

Kita didalam keseharian tidak pernah luput dari segala bentuk interaksi, aktivitas dan rutinitas yang kerap membuat kita terkadang lelah. Namun tanpa kita sadari, jika saja kita dapat melihat akan begitu banyaknya orang diluaran yang kehidupannya kerap digelayuti persoalan dari segi kehidupan, sikap yang menyimpang dan lain sebagainya jauh dari pada yang sudah kita dapati.

Kita pasti bersyukur dengan apa yang sudah Tuhan berikan kepada kita. Karena kodrati sudah menjadi watak setiap insan, selalu merasa tidak cukup. Namun sejatinya, jika bukan dari diri kita sendiri yang menanamkan rasa cukup akan kebesaran yang sudah Tuhan berikan dari mana lagi.

Mutlaknya, Dari diri kita sendirilah yang harus menanam segala hal kebaikan. Bersyukur dengan apa yang sudah Tuhan berikan. Karena dengan selalu mengucap syukur bisa membius kita untuk bisa lebih bahagia menjalani kehidupan.

4. Manajemen waktu dan kedisiplinan adalah kunci kebahagiaan. Hayo, sudah teratur belum kamu?

disiplin!

disiplin! via https://unsplash.com

Siapa yang tidak kenal dengan artis berparas ayu dan multitalent "Dian Sastrowardoyo". Pastinya sudah sangat populer. Salah satu figur yang dapat menginspirasi kita khususnya wanita.

Salah satu cara agar bisa menjadi wanita yang berbahagia adalah dengan mampu mengelola waktu dengan berbagai hal yang bermanfaat. Sesuai dengan kewajiban. Dengan selalu mengisi dan memaksimalkan waktu yang ada dengan berbagai hal yang bermanfaat, Kita sudah pasti akan mendapatkan keberuntungan yang signifikan.

5. Mampu memupuk ketenangan di masa-masa sulit sekalipun. Ibaratnya, kamu nggak hobi mengumbar masalah di media sosial atau bercerita ke banyak orang

Bahagia dihati dengan selalu tersenyum

Bahagia dihati dengan selalu tersenyum via https://unsplash.com

Ketenangan hati ada didalam iman. Hati akan selalu merasa damai kalau kita selalu mendekat dan mengingat kepada Tuhan. Kebahagiaan yang hakiki mutlak ada didalam ibadah. Dan hati yang sehat terdapat didalam keridhaan dan keikhlasan yang terletak didalam hati nurani. Begitu pun halnya dengan ketentraman jiwa.

Ketentraman jiwa ada didalam kelegaan hati. Kesederhanaan dalam bersikap pun menjadi faktor utama untuk membentuk kebahagiaan. Karena dengan bersikap baik, itu mampu menuntun kita kepada bahagia yang sebenarnya didalam jiwa yang damai. Senyuman itu adalah ibadah. Senyuman itu adalah sedekah. Dan kecantikkan wajah ada didalam setiap senyuman. Mewarnai hari dengan senyuman. Yuk kita hadapi hari dengan selalu tersenyum ☺

6. Menonton TV atau terlalu lama melihat akun media sosial orang lain hanya 'racun' buatmu. Kurang-kurangi, ya!

Menonton TV tidak dilarang. Tetapi baiknya jangan terlalu sering

Menonton TV tidak dilarang. Tetapi baiknya jangan terlalu sering via http://kabarnews.pinterest.com

Menurut survei orang yang lebih ceria itu justru ia yang lebih banyak bersosialisasi dan mengasah otak dengan kegiatan yang bermanfaat. Tidak menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton TV. Karena terlalu intens menonton TV bisa bikin kita lupa waktu dan dapat menumbuhkan sifat malas. Yuk kita mulai bijak dalam mengatur waktu dengan hal yang bermanfaat.

7. Wanita yang paling bahagia adalah ia yang bisa meluangkan waktu untuk dirinya sendiri

Hey Ladies.. Coba deh kamu meluangkan waktumu untuk diri sendiri. Dengan hal yang sederhana yang kamu sukai. Misalnya, Dengan mendengarkan musik sambil membaca buku favoritmu. Dengan sekedar pergi keluar teras rumah yang halamannya penuh dengan penghijauan yang bisa membuat nafas lega dengan menghirup udara segar.

Kamu juga bisa meluangkan waktu dengan menggali potensi dan kelebihan yang selama ini terpendam. Atau jika kamu pecinta coffee, Dengan secangkir coffee hangat kesukaanmu pun sudah cukup membuat harimu lebih fresh. Bisa juga dengan sekedar makan ice cream kesukaanmu.

Hal-hal sederhana seperti itu justru bisa membuat kesehatan mental tetap terjaga dan tetap positif. Kamu bisa lebih bahagia dan percaya diri.

8. Coba deh sesekali pergi ke alam terbuka, jangan cuma ke mal atau kafe prestisius saja!

Explore wisata bareng teman-teman

Explore wisata bareng teman-teman via https://unsplash.com

Kita memulai hari dengan bahagia yuk!

Dengan mencintai alam, dengan memulai menghirup udara segar dengan nafas yang membuat kita lega. Salah satunya bisa juga dengan pergi berpetualang seru bareng teman ke taman wisata alam. Bisa ke pantai, bisa ke pegunungan.

9. Berusahalah sebijak mungkin dalam mengambil segala keputusan. Jangan buru-buru, karena ini hanya akan menjadi benalu

Wanita bijaksana bisa menjamin kehidupan bahagia

Wanita bijaksana bisa menjamin kehidupan bahagia via https://unsplash.com

Tugas bagi seseorang wanita dewasa itu tidak akan pernah usai. Terus berlanjut dengan mengerjakan tugas lainnya dan menuntaskannya. Jangan merasa tertekan. Karena kalau sampai merasa tertekan bisa melemahkan mental kita juga nantinya.

Apa yang kita alami semua pasti akan ada akhirnya. Sama halnya dengan apa yang menjadi awalnya pasti nanti akan ada akhirnya. Tidak ada yang abadi di dunia ini. Sekalipun itu kebahagiaan yang kita miliki. Dengan kita lebih bijak memberi makna di dalam kehidupan, dan menikmatinya, kita bisa lebih berbahagia.

Seorang wanita yang bijaksana yang berkarakter mulia sudah pasti ia mampu memahami tabiat orang lain. Terlebih mampu memahami keadaan. Tidak perlu hal-hal yang sangat sempurna untuk bisa membuat hidup lebih bermakna, Karena kesempurnaan hanyalah milik Allah.

Cukuplah kita dengan selalu bersyukur dan berlaku bijak dalam menjalani hari. Jangan menunggu hari esok dan jangan menundanya. Mulai hari ini, jalani hari ini dan berbahagia di hari ini.

10. Please, jadilah sosok murah senyum dan pandai bergaul. Ingat, kunci bahagia ada di sini!

smile :)

smile 🙂 via https://unsplash.com

Sesekali merenung akan rasa syukur yang tertanam di dalam hati dari hal yang kecil. Menjadikan keindahan dan kebahagiaan yang luar biasa. Saat kita mampu dengan tulus memberikan senyuman kepadar orang. Padahal hati kita sedang sedih mungkin.

Maka sebenarnya dari situlah kita justru mampu meringankan derita dalam diri dan mampu membukakan pintu jalan keluar dari permasalahan untuk melepaskan diri dari belenggu. Saat kita menemui orang lain dengan memancar senyuman yang hangat, dari itu kita bisa memberikan keindahan hidup. Untuk diri sendiri dan juga untuk orang lain tentunya.

Namun, jika kita justru menampakkan wajah bermuram durja dan kusut. Sudah pasti tidak enak juga kaan untuk dipandang. Alih-alih malah bisa membuat suasana yang tadinya indah malah menjadi tidak indah dan terkesan tidak enak. Dengan kita selalu berharap di dalam do'a dan yakin kepada semesta agar kebahagiaan senantiasa menghampiri.

Maka yang akan kita dapati pun serupa dengan apa yang kita harapkan dan pikirkan. Semesta pun akan menyemogakan-Nya. Alangkah bahagianya hati kita jika mampu memberi arah yang positif kepada sesama melalui bahasa hati yang kita niatkan dengan ketulusan. Dan alangkah indahnya bibir ini ketika kita mampu berbicara dengan bahasa senyuman.

Ceriakan harimu, bahagiakaan harimu, hiasi harimu dengan memelihara senyuman.
Bagaimana dengan harimu hari ini? Sudahkah kamu tersenyum hari ini?

Semoga tips-tips tadi bisa membuat kita lebih memaknai hidup dengan cara yang sederhana untuk bisa berbahagia dalam menyapa kebahagiaan dan kita khususnya para wanita bisa menjadi wanita yang paling berbahagia ~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya