10 Trik yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Malam

 

Kebiasaan tidur sehat dapat membawa perubahan besar pada kualitas hidup. Kebiasaan itu bisa juga disebut kesehatan tidur yang mengartikan bahwa sehat bisa didapat saat tidur. Tidur adalah cara yang tepat untuk mengistirahatkan badan. Maka dari itu dengan waktu dan cara yang benar sangat diperlukan untuk mendapatkan kualitas tidur agar menghasilkan tubuh yang sehat. 

Masalah tidur bukan sekedar masalah sepele. Jika kamu menganggap kesulitan tidur karena pekerjaan yang selalu ada dipikiran, maka cobalah untuk menerapkan pola tidur yang sehat. Nah, Berikut ini adalah tips mendapatkan tidur sehat agar lebih menunjang aktifitasmu

 <>1. Atur jadwal tidur
Atur jadwal tidur

Atur jadwal tidur via http://www.healthcareatoz.com

Atur pukul berapa seharusnya kamu tidur, dan atur pukul berapa seharusnya kamu bangun. Lakukan dengan rutin, maka tubuhmu akan secara otomatis mengikuti jadwal yang kamu buat. Dengan begitu ketika waktu tidurmu tiba, kamu tidak perlu bersusah-payah menutup mata dengan berbagai alat atau meminum obat tidur agar dapat tidur lebih cepat. Jadwal tidur tubuhmu akan mengatur secara alami saat waktu tidur dan waktu bangun telah tiba.

<>2. Buat suasana tidur senyaman mungkin
Buat suasana tidur senyaman mungkin

Buat suasana tidur senyaman mungkin via http://bestadjustablemattress.com

Buatlah tempat tidurmu menjadi tempat paling nyaman dari segala tempat yang kamu temui seharian. Atur tempat tidurmu sehingga saat melihatnya kamu seakan-akanterbawa suasana untuk tidur. Atur dengan berbagai cara agar kamu merasa benar-benar nyaman saat merebahkan tubuh diatas kasur.

Akan lebih baik jika lampu kamarmu dimatikan agar suasana lebih tenang dan nyaman. Jika kamu takut gelap, tak perlu mematikan semua lampu kamar. Sisakan satu lampu dengan daya kecil agar efek redup dapat membawamu menuju tidur yang nyenyak.

<>3. Hindari tidur siang
Hindari tidur siang

Hindari tidur siang via http://my.telegraph.co.uk

Khusus bagi kamu yang memiliki masalah dengan tidur malam, baiknya kamu tidak tidur pada siang hari. Jika telah terbiasa dengan tidur siang, mulai kurangilah waktu tidur siangmu secara perlahan. Gunakan waktu tidur malam seutuhnya, karena ketika sudah menjalani tidur siang, kamu tidak akan merasa mengantuk ketika jadwal tidur malam tiba.

<>4. Olahraga ringan setiap hari
Olahraga ringan setiap hari

Olahraga ringan setiap hari via http://images.fineartamerica.com

Aktifitas berat dipagi atau siang dapat memicu kualitas tidur yang lebih baik. Tapi jika kamu tidak memiliki aktifitas berat, maka lakukan saja olahraga ringan minimal setengah jam sebelum tidur agar tubuh merasa nyaman saat berbaring diatas tempat tidur.

<>5. Evaluasi kamar tidur
Evaluasi kamar tidur

Evaluasi kamar tidur via http://www.minimalisti.com

Merancang kamar tidur yang nyaman untuk kebutuhan tidur sehat sangatlah penting. Tidur lebih cepat didapat jika kamarmu bersuhu lebih dingin. Suhu dingin akan menstimulasi kelopak mata untuk sering melakukan gerakan menutup.

Hal itu juga mengindikasikan bahwa mata akan lebih cepat kering ketika suhu sekitar lebih dingin. Hampir sama saat kita akan tidur, mata yang lebih cepat kering akan memudahkan kamu untuk menutup mata dan terlelap tidur. Selain atur suhu kamar, hilangkan segala sesuatu yang mengganggu saat menjelang tidur.

Semisal memakai penutup telinga untuk mencegah suara bising, mematikan lampu, menggunakan selimut, merapikan kamar atau saat kamu memiliki teman tidur sampaikan padanya bahwa kamu ingin tidur lebih baik hari ini. Mereka akan mulai mengerti saat kamu mengatakannya.

<>6. Tidur pada kasur dan bantal yang bersih dan nyaman
Kasur dan bantal yang bersih

Kasur dan bantal yang bersih via http://ghk.h-cdn.co

Tidak bisa dipungkiri bahwa faktor utama tidur nyenyak adalah keadaan kasur dan bantal. Kamu tidak akan merasa nyaman saat tidur jika kasur dan bantalmu tidak pernah dicuci selama satu bulan atau bahkan lebih. Keadaan yang lebih buruk lagi adalah kesehatanmu yang juga terancam. Maka dari itu kondisikan kasur dan bantal bersih dan nyaman. Atur semua peralatan tidur agar dapat mendukung kualitas tidur yang sehat.

<>7. Gunakan teknik Circadian Rhythm
Gunakan teknik Circadian Rhythm

Gunakan teknik Circadian Rhythm via https://fuzzyscience.wikispaces.com

Circadian Rhythm adalah teknik tidur berkualitas dengan memanfaatkan cahaya matahari saat pagi hari dan menghindari cahaya lampu yang berlebihan saat malam hari. Kamu perlu mendapat sinar matahari yang cukup ketika pagi hari dan menghindari segala macam cahaya lampu berlebihan pada aktifitas malam agar mendapat kualitas tidur yang sehat.

<>8. Hindari mengkonsumsi minuman berkafein, rokok atau makanan berat pada malam hari
Makanan berat membuat tidurmu tidak nyaman

Makanan berat membuat tidurmu tidak nyaman via https://www.stayathomemum.com.au

Minuman berkafein, rokok dan makanan berat membuat kesehatanmu lebih buruk bahkan saat kamu menjalani pola tidur sehat. Seakan tidak berguna jika kamu melakukan pola tidur sehat tetapi kamu masih menumpuk berbagai masalah kesehatan.

Makanan pedas juga membuatmu mengalami gangguan pencernaan sehingga tidur sehat lebih sulit didapat. Atur pola makan di malam hari dua atau tiga jam sebelum tidur. Jika kamu masih lapar, cukup makan makanan ringan rendah kalori minimal 45 menit sebelum tidur.

<>9. Lakukan aktifitas yang menenangkan
Lakukan aktifitas ringan sebelum tidur

Lakukan aktifitas ringan sebelum tidur via http://cdn2.amerikanki.com

Tubuh butuh menyesuaikan diri dengan pola tidur sehat, sehingga kamu perlu membiasakan melakukan sesuatu yang ringan sebelum tidur. Membaca buku adalah salah satu cara paling efektif mendapatkan tidur sehat. Hindari segala sesuatu yang berhubungan dengan perangkat elektronik atau gadget sebelum tidur. Semua perangkat itu hanya memicu aktifitas yang lebih pada otak sehingga kamu merasa kesulitan mendapatkan tidur yang sehat.

<>10. Jika tetap tidak bisa tidur, pergi keluar kamar
Tidur di sofa bisa jadi solusi

Tidur di sofa bisa jadi solusi via http://www.wired.com

Lebih baik berjalan keluar kamar dan melakukan sesuatu yang membuatmu mengantuk daripada menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur. Bisa jadi kamu sudah bosan dengan suasana kamarmu sehingga lebih nyaman tidur di sofa besar atau menggelar kasur di ruang keluarga. Cara itu tak menjadi masalah asalkan kamu mendapat kualitas tidur yang sehat.

 

Nah, itulah tips tidur sehat yang bisa kamu jadikan referensi agar tidurmu lebih nyenyak dan berkualitas. Karena salah satu kualitas hidup juga ditentukan oleh kualitas tidur, maka lakukan mulai hari ini dan jadikan tidurmu tidur yang sehat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

pingin tau tips unik menarik lainnya? cek di http://tipsmee.com/

4 Comments

CLOSE