Sudah tahu kan kalau nama official dari United Kingdom adalah The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland? Wah, panjang juga ya. Seringkali negara ini cukup disebut sebagai Britania Raya atau Britain. Britania Raya sendiri sebenarnya terdiri dari empat negara yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Nggak ada salahnya kan kalau kita explore ke negara selain Inggris sebagai destinasi wisata kita?

Lupakan sejenak Big Eye, Big Ben, dan London Brigde yang menjadi landmark favorit di London. Saatnya kita jelajahi pesona Britain lainnya mulai dari yang romantis sampai yang mistis.

Siap-siap mupeng, ya!

1. Shakespeare’s Stratford, Surga Bagi Penggemar Karya Shakespeare

Suasana romantis di tepi Sungai Avon

Suasana romantis di tepi Sungai Avon via https://www.rsc.org.uk

Terdapat beberapa spot menarik di Shakespeare’s Stratford yang seolah membuat kamu merasakan suasana pada abad ke-16. Stratford-upon-Avon adalah tempat dimana Shakespeare lahir dan dimakamkan. Di tepi sungai Avon yang indah ini kamu bisa melihat tempat kelahiran Shakespeare. Ada beberapa lokasi yang sangat menarik untuk dikunjungi seperti toko souvenir, Anne Hatthaway’s Cottage yang merupakan rumah istri William Shakespeare sebelum menikah, Hall’s Croft, Mary Arden’s House and Farm, Shakespeare Birthplace yang menyajikan berbagai kuliah dan peragaan menarik, Holy Trinity Church, dan Royal Shakespeare Theatre. Ada pula berbagai kebun yang cantik, pohon, bunga, dan berbagai herbs yang disebutkan dalam karya-karya Shakespeare.

2. Edinburgh Castle

Kastil yang megah

Kastil yang megah via https://www.facebook.com

Edinburgh Castle merupakan salah satu tempat bersejarah yang wajib dikunjungi di Skotlandia. Dulunya, kastil ini menjadi tempat tinggal kerajaan. Kemudian sejak tahun 1745 sampai tahun 1920-an, Edinburgh Castle digunakan sebagai basis utama tentara Inggris di Skotlandia. Kini, ia menjadi ikon terkenal di dunia dan merupakan bagian dari The Old and New Towns di Situs Warisan Dunia Edinburgh.

Advertisement

Kastil ini memiliki beberapa bagian, diantaranya The Great Hall, The Royal Palace, The Stone of Destiny, Crown Jewels, St Margaret’s Chapel, Mons Meg, One O’clock Gun, Half Moon Battery, National War Museum, Prisons of War, Scottish National War Memorial, dan Regimental Museums.

3. Edinburgh Haunted Walking Tour

Berani uji nyali disini?

Berani uji nyali disini? via http://bit.ly

Ini dia sebuah tour yang akan mengajakmu untuk menemukan sisi gelap Edinburgh. Kota yang menawan di siang hari ini rupanya memiliki sejarah cerita teror, misteri, dan berbagai kejadian yang mengerikan. Kamu bisa bergegas ke Royal Mile dan menemui pemandu lokal di sana untuk menelusuri masa lalu Edinburgh yang kelam, cerita legenda yang menakutkan, mitos hantu, perampokan, pembunuhan misterius, dan lain-lain. Harus siap mental ya, karena pemandu juga akan mengarahkan kamu ke pemakaman dan kuburan massal yang berusia ribuan tahun. Hii.. berani coba?

4. Natural History Museum London

Hm.. jadi berasa

Hm.. jadi berasa via https://www.designboom.com

Fyi, museum ini adalah salah satu museum di London yang bisa dikunjungi secara gratis! Asiiik! Kecuali kalau ada pameran atau event tertentu ya. Menjelajahi Natural History Museum ini bakalan memperkaya wawasan kamu tentang sejarah kehidupan di bumi, mulai dari serangga terkecil hingga mamalia terbesar. Ada juga berbagai cerita tentang koleksi, ilmuwan, serta berbagai penelitian museum.

Advertisement

Rupanya museum ini menarik cukup banyak pengunjung, lho. Selain karena tanpa biaya, salah satu yang menjadi daya tarik adalah pengalaman “virtual dive” yang memungkinkan kamu untuk menyelam tanpa beranjak dari tempat berpijak. Teknologi VR ini memungkinkan pengguna untuk menjelajahi berbagai terumbu karang dari seluruh dunia seperti Great Barrier Reef, Tubbataha Reef di Filipina, Hourglass Reef di Bermuda dan tidak ketinggalan Pulau Komodo di Indonesia. Seru banget, kan?

5. The British Museum

Tempat yang pas buat belajar sejarah kehidupan manusia

Tempat yang pas buat belajar sejarah kehidupan manusia via https://www.facebook.com

Yay, ada satu lagi Museum gratis di London! Meskipun kamu bisa masuk secara cuma-cuma, terdapat anjuran untuk memberikan sumbangan sebesar £ 5. Selain itu, sama seperti Natural History Museum yang memberlakukan biaya masuk untuk pameran khusus dan acara tertentu. British Museum didirikan pada tahun 1753 dan memiliki koleksi lebih dari dua juta tahun sejarah manusia. Temukan beberapa spot terkenal seperti Batu Rosetta, Patung Parthenon, dan Mumi Mesir yang dikunjungi hingga enam juta orang per tahun.

6. London Harry Potter Walking Tour

Ngerasain serunya jadi siswa di Hogwarts

Ngerasain serunya jadi siswa di Hogwarts via https://www.visitlondon.com

Ah, rasanya traveling ke UK nggak paripurna kalau nggak ikutan London Harry Potter Walking Tour! Kamu bisa menjelajah sendiri ataupun mengambil kesempatan berjalan bersama rombongan dan local guide untuk berkenalan dengan berbagai landmark fenomenal dari dunia Harry Potter. Pemandu akan mengajakmu berjalan-jalan di beberapa spot seperti Diagon Alley dan Leaky Cauldron. Jangan lewatkan juga untuk berjalan di atas Jembatan Millenium, tempat serangan maut Lord Voldemort di Harry Potter and the Half-Blood Prince. Bikin liburanmu makin berkesan dengan berfoto di Platform 9¾ ya!

7. Gali Inspirasi di Hyde Park

Refreshing di Royal Park

Refreshing di Royal Park via https://www.dayoutwiththekids.co.uk

Hyde Park adalah salah satu dari delapan Taman Kerajaan London (Royal Parks) dan memiliki area seluas 350 hektar. Ia berlokasi di jantung kota London dan berada tidak jauh dari Buckingham Palace. Sungguh sebuah taman yang sempurna untuk having fun bersama pasangan atau keluarga, membaca buku, istirahat, bersantai, berolahraga, atau sekedar memanjakan mata dengan pemandangan yang indah. Suasana makin nyaman dengan alunan merdu dari bebek, burung, dan flamingo. Selain berleha-leha, kamu pun bisa menggali berbagai inspirasi di taman kota yang menawan ini.

Taman ini juga menjadi tempat untuk semua kalangan dan berbagai aktivitas, jadi jangan heran kalau kamu melihat ada demonstrasi ataupun sekumpulan orang yang menyuarakan pendapatnya di Speaker’s Corner. Kamu juga bisa mengunjungi monumen Diana, Princess of Wales Memorial Fountain, berkuda, dan bermain perahu kayuh di Serpentine. Uniknya, disini juga ada Senior Playground yang dirancang khusus untuk para orang tua, lho.

8. Royal Buckingham Palace

Kunjunganmu ke London

Kunjunganmu ke London via https://www.royal.uk

Buckingham Palace adalah kediaman resmi para penguasa Inggris sejak 1837 dan kini bangunan ini dijadikan sebagai kantor serta pusat Monarki Konstitusional Inggris. Selain itu, istana yang memesona ini juga berfungsi sebagai tempat untuk berbagai upacara dan acara kerajaan. Bangunan luas ini memiliki 775 kamar yang terdiri dari 19 ruang negara, 52 kamar tidur Royal dan tamu, 188 kamar tidur, 92 kantor, dan 78 kamar mandi. Kalau kamu ingin berkunjung ke Buckingham Palace lebih baik datang di waktu tertentu yang disarankan, sebab istana kerajaan ini hanya terbuka untuk umum selama musim panas dan beberapa tur terbatas pada bulan Desember, Januari dan Paskah setiap tahun.

9. Tower of London

Menara yang indah

Menara yang indah via http://www.historic-uk.com

Sherlockian mana suaranya? Pasti masih ingat dong scene dimana Moriarty mencuri The Crown Jewels di Tower of London pada episode The Reichenbach Fall di stasiun televisi BBC?

Tower of London ini dulunya memiliki reputasi sejarah yang suram, menjadi tempat penyiksaan, dan kematian. Bahkan salah satu sel penjaranya sempat dikenal sebagai Bloody Tower atau Menara Berdarah. Namun kini, ia menjadi salah satu landmark paling terkenal di London. Disini, kamu bisa menemukan Crown Jewels, sejarah istana kerajaan, gudang senjata, dan benteng yang kuat. Salah satu lokasi yang wajib dikunjungi di London, nih!

10. Penggemar Game of Thrones wajib ke Belfast!

Salah satu lokasi yang cantik di Belfast

Salah satu lokasi yang cantik di Belfast via https://www.facebook.com

Ini tempat yang wajib dikunjungi buat para pecinta serial TV Game of Thrones. Kamu bisa mengikuti ‘Game of Thrones’ Film Location Tour' yang akan membawamu dari Belfast sampai ke Giant’s Causeway. Beberapa tur bahkan memberikan fasilitas traveling yang dimulai dari Dublin, tentu dengan biaya yang lebih mahal.

Untuk mengikuti tur ini, kamu perlu pemandu sebab terdapat beberapa situs yang tersebar dan tidak ada di peta. Selain itu, kamu juga bisa mendengar berbagai fakta dan cerita menarik di balik layar Game of Thrones. Hm.. menarik, ya?

11. Manjakan Mata di Snowdonia

naik, naik, ke puncak gunung

naik, naik, ke puncak gunung via http://www.planetware.com

Kalau kamu sempat ke Wales, tidak ada salahnya langsung mengunjungi Snowdonia, sebuah area pegunungan yang indah di Gwynedd. Disana ada 14 puncak setinggi 3.000 kaki dan puncak tertingginya adalah Snowdon yang memiliki tinggi 3.546 kaki. Tenang saja, kamu nggak perlu bercapek-capek ria sebab untuk menuju puncak tertinggi di Wales ini bisa menggunakan kereta api, kok. Dijamin bakal ngasih pengalaman yang berbeda dan sangat menyenangkan!

Nah, gimana sudah punya bayangan kan mau kemana aja di Britania nanti?

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya