Demam Harry Potter memang sudah menjangkit hingga ke banyak kalangan anak muda di dunia. Walaupun, 7 seri film Harry Potter sudah berakhir, orang-orang di dunia tetap saja mendambakan suasana seperti dunia sihir di seri film Harry Potter ini. Tak ayal jika banyak yang bermimpi ke tempat-tempat yang mirip dengan plot latar pada seri film Harry Potter ini menjadi travel bucket list-nya. Walau hanya untuk berpose ala-ala murid Hogwarts dan mempostingnya di sosial media. Kamu belum dapat dikatakan fans berat Harry Potter kalau belum ke UK dan menemukan tempat-tempat ini.

Berikut ini, 11 tempat hits yang harus kamu kunjungi kalau ke UK agar dapat ber-selfie atau ber-wefie ala-ala Harry Potter. Tempat-tempat ini dijamin bikin kamu jatuh cinta dengan UK.

1. Alnwick Castle


"Sapu, Terbang!"


Kalau kamu ingin bernostalgia dengan adegan Harry Potter belajar naik sapu terbang yang diajarkan oleh Madam Hooch, tempat ini cocok buat kamu yang suka selfie dengan sapu terbang. Tempat ini dijamin buat kamu bernostalgia dengan beberapa adegan Harry Potter and The Philosopher's Stone maupun Harry Potter and The Chamber of Secret.

Advertisement

Di seri pertamanya, Alnwick Castle tidak hanya digunakan sebagai tempat belajar naik sapu terbang saja. Harry Potter juga belajar Quiditch bersama senior Gryffindor-nya di taman Alnwick Castle ini. Cocok bagi kamu yang demam Quiditch, mungkin kamu bisa belajar menangkap Golden Snitch di Alnwick Castle, loh.

Di seri keduanya, Alnwick Castle digunakan sebagai latar adegan mendaratnya mobil terbang yang digunakan Ron Wesley dan Harry Potter. Kalau kamu masih ingat adegan-adegan ini, dijamin kamu pasti tidak mau pulang dari Alnwick Castle.

Ada satu adegan lagi yang bisa kamu tiru kalau berpose di castle cantik ini. Kamu bisa berpose jalan ala-ala Hogwarts Student karena bagian dari kastil ini yang diberi nama The Lion Arch merupakan jalan menuju Rumah Hagrid dan Hutan Terlarang. Keren kan?

Advertisement

Alnwick Castle ini terletak di Alnwick, Northumberland, Inggris. Cukup 2 jam perjalanan naik mobil dari Edinburgh kamu bisa sampai di kastil menawan ini. Rumputnya yang hijau juga bisa bikin kamu betah tiduran di atasnya. Bahkan ketika salju turun, kastil ini masih tetap saja mempesona. Kamu bisa coba sendiri tantangan ini.

2. Kelas Profesor Flitwick di Harrow School, London

Harrow Hall, London

Harrow Hall, London via https://www.popsugar.com


"Wingardium Leviosa".

Masih ingat dengan mantera itu?


Hermione dan teman-teman belajar sihir menerbangkan benda pertama kali di Harrow Hall, London. Jika kamu terpesona dengan mantera ini karena adegan lucu di scene Wingardium Leviosa, tempat ini wajib jadi travel bucket list kamu sobat hipwee!

Harrow School sendiri merupakan sekolah asrama di London untuk anak-anak usia 13 sampai 18 tahun. Sekolah ini didirikan tahun 1572 M oleh Ratu Elizabeth I. Lokasinya termasuk sangat indah dan menawan. Sekolah ini juga memiliki halaman yang luas dan rerumputan hijau dengan scene perbukitan. Kamu wajib siapkan kamera untuk bisa ber-selfie dan buat vlog di sini. Atau mungkin kamu ingin sekolah di sini juga boleh.

3. Platform 9 3/4 di King's Cross Station

Ingin bergaya mendorong troli masuk ke dalam platform 9 3/4? Kamu wajib datang ke King's Cross Station ini. Stasiun kereta ini memang menjadi latar nyata dan menjadi saksi sejarah pembuatan film Harry Potter. Peron 9 3/4 ini sudah dikunjungi ribuan penggemar Harry Potter dari seluruh penjuru dunia. Stasiun ini terletak di tepi utara Kota London tepatnya di King's Cross Station yang juga berdekatan dengan University of London, The British Museum dan The Sherlock Museum.

Sejak Harry Potter viral, tempat ini tidak hanya menjadi stasiun biasa lagi, tetapi menjadi destinasi wisata yang dibanjiri oleh para turis mancanegara agar dapat bergaya seolah memasuki pintu gerbang menuju stasiun Hogwarts Express.

Selain itu, stasiun ini juga sudah dilengkapi dengan Platform 9 3/4 shop yang lengkap dengan atribut-atribut Harry Potter dan Hogwarts. Namun, sepertinya kamu harus siap-siap mengantri lama karena antrian panjang. Belum sampai di situ, kamu hanya dibolehkan berfoto selama 2 menit saja oleh stafnya. Staf di peron 9 3/4 juga akan membantu kamu mengibarkan syal Hogwarts supaya tampak berkibar-kibar. Siap-siap pegang tongkat sihir dan masuk ke peron 9 3/4 ya.

4. Stasiun Hogsmeade

Stasiun Desa Goathland, Yorkshire

Stasiun Desa Goathland, Yorkshire via https://netz.id

Setelah kamu masuk ke peron 9 3/4 di King's Cross Station, Hogwarts Express akan membawa para murid Hogwarts ke pemberhentiannya, Stasiun Hogsmeade. Siapa sangka, desa Goathland yang terpencil ini menjadi tempat syuting Harry Potter dan destinasi pilihan turis mancanegara.

Desa Goathland yang terletak di Yorkshire Inggris ini akan lebih mengembalikan ingatanmu dengan Hogwarts Express. Selain pemandangan di desa ini yang indah, desa ini masih memiliki kereta uap lokomotif yang masih berbahan bakar batu bara. Wisatawan juga dapat menikmati kereta ini dengan merogoh kocek sesuai jarak, waktu dan usia berkisar Rp. 160 ribu bagi anak-anak dan Rp. 475 ribu bagi orang dewasa.

Kamu tidak akan menyesal ke desa terpencil ini. Bentangan rerumputan hijau yang luas,lembah yang diapit perbukitan dan domba-domba yang sibuk mencari makan di padang rumput akan melelehkan hati kamu, ditambah Inggris terkenal dengan suasananya yang sendu dan udaranya yang sejuk.

Stasiun ini juga dilengkapi dengan toilet yang bersih dan toko-toko sovenir yang siap kamu buru. Selain itu, kamu bisa bergaya seperti murid Hogwarts yang turun dari kereta Hogwarts, melambaikan tangan dari jendela kereta, atau membuat vlog meniru adegan Ron, Hermione dan Harry yang berpisah untuk liburan musim panas di seri pertamanya Harry Potter bersama sahabatmu. Siap-siap menyiapkan kamera untuk berfoto ria di sini ya.

5. Perpustakaan Bodleian Oxford, Kelas Profesor McGonagall

Kelas Profesor McGonagall

Kelas Profesor McGonagall via https://libraryarchitecture.wikispaces.com

Keindahan Oxford sebagai universitas sudah tidak diragukan lagi. Oxford yang dinobatkan sebagai peringkat ke-6 Universitas ternama berdasarkan QS World Ranking University di 2018 ini menjadi tempat syuting Harry Potter dimana Profesor McGonagal mengajar kelasnya. Masih ingat adegan Harry Potter dan Ron Wesley telat masuk kelas di Seri Pertama Harry Potter kan? Adegan itu diambil di Perpustakaan Bodleian Oxford.

Arsitekturnya yang indah cocok buat selfie dan wefie di sini. Aktris Maudy Ayunda juga pernah foto di depan perpustakaan ini. Selain itu, perpustakaan ini juga pernah menjadi latar film Transformers The Last Knight dimana Vivian Wembley, seorang profesor Hogwarts, telat mengajar kelasnya dan mobilnya malah menabrak sepeda-sepeda yang berjejer di depan perpustakaan ini.

Selain fakta keindahan arsitekturnya, Bodleian yang juga dikenal dengan nama Bodley atau The Bod di lidah orang Inggris juga menyimpan 11 juta koleksi barang. Tentu saja isinya juga penuh dengan buku-buku berkualitas. Bagi kamu yang termasuk The Geek atau dinobatkan sebagai si kutu buku di kalangan teman-temanmu, perpustakaan ini jadi pilihan utama yang paling direkomendasi buat kamu. For your information, perpustakaan ini termasuk salah satu yang terbesar di Eropa dan kedua terbesar di Britania Raya setelah The British Library. Hati-hati kamu terpesona dengan keindahan arsitektur Hogwarts ya.

6. Great Hall Hogwarts di Christ Church Oxford

Great Hall Hogwarts

Great Hall Hogwarts via http://oxfordstudent.com

Ternyata, Great Hall Hogwarts benar-benar ada loh. Great Hall Hogwarts mengambil latar di Great Hall Christ Church, kamu tidak akan susah mendapatkan lokasi ini. Gereja yang dibangun pada 1546 M ini terus beroperasi bukan hanya sebagai katedral tetapi memproklamirkan dirinya sebagai bagian dari College. Kamu tidak hanya dapat berpose di latar yang mirip dengan Great Hall Hogwarts tetapi banyak yang dapat kamu lakukan di sini.

Kamu dapat melihat prosesi ritual Kristen di katedral ini. Selain itu, kamu dapat mengunjungi perpustakaan yang juga menyimpan koleksi buku-buku Oxford. Ada juga toko souvenir di dalamnya. Namun, yang paling seru yang dapat dilakukan di tempat ini adalah ber-selfie atau ber-wefie di halaman gereja yang indah dengan bentangan rumput hijaunya.

7. Diagon Alley di Leadenhall Market, London

Leadenhall Market

Leadenhall Market via https://www.nextbiteoflife.com

Setelah kamu menenangkan pikiran di tenangnya kehidupan kampus Oxford, kamu dapat pergi berbelanja di pasar penyihir. Kamu wajib bernostalgia dengan Diagon Alley. Diagon Alley merupakan pasarnya para penyihir yang tersembunyi dari para muggle. Pada seri pertama Harry Potter, Harry dan Hagrid datang ke tempat ini untuk membeli tongkat sihir dan beberapa keperluan sekolah di Hogwarts. Pada seri kedua, Harry juga ke Diagon Alley dengan wickey powder walaupun sempat menyasar ke pasar sebelah.

Di Leadenhall market tidak sah rasanya jika tidak merasakan jajanan di jalanannya. Leadenhall market termasuk pasar retail modern ala-ala Victorian. Banyaknya toko dan restoran membuat pasar ini selalu ramai dikunjungi. Cocok buat kamu yang food traveller atau shopaholic

Dibangun 1321 M dimana pasar ini pertama kalinya menjual hasil-hasil peternakan dan menjadi tempat hang out orang-orang di abad 14-an. Pada abad ke-19 , pasar ini direnovasi agar bergaya Victorian. Saat ini, Leadenhall Market justru menjual pakaian di butik-butiknya, pub, wine-bars yang menjadi destinasi pelepas lelah bagi para pekerja dan penduduk kota. Saat ini, pasar ini dapat dikunjungi oleh para turis mancanegara. Namun, kamu jangan datang di hari sabtu dan minggu ya, pasar ini tutup di hari weekend.

8. Millenium Bridge, London

Millenium Bridge

Millenium Bridge via https://www.e-architect.co.uk

Ketika para dementor dan penyihir-penyhir hitam pengikut Voldemort menyerang dunia muggle, jembatan ini hancur. Tenang saja, itu hanya efek CGI untuk pembuatan film. Aslinya, jembatan ini terkenal dengan keindahannya. Walaupun hanya mengambil scene dengan beberapa waktu yang sedikit di jembatan ini, Millenium Bridge merupakan salah satu destinasi yang patut kamu kunjungi.

Arsitekturnya yang modern dijamin dapat membuat kamu meleleh dan jatuh hati dengan UK. Kamu dapat berfoto ria disini dan mungkin dapat mengedit fotonya untuk menambahkan objek dementor di foto kamu supaya tampak seolah kamu sedang ikutan syuting.

9. Perpustakaan Hogwarts di Perpustakaan Duke Humfrey

Perpustakaan Duke Humfrey

Perpustakaan Duke Humfrey via http://pustakawan.club

Jika tadi kamu mengunjungi perpustakaan Bodleian, kamu wajib ke ruangan perpustakaan Duke Humfrey. Perpustakaan ini merupakan ruangan baca tertua yang menjadi bagian dari gedung perpustakaan Bodleian.

Perpustakaan ini digunakan Harry, Hermione dan Ron untuk mencari berbagai informasi seperti Nicholas Flamel, ramuan untuk bernapas di dalam air dan ramuan perubah bentuk tubuh menjadi orang lain. Bahkan setting perpustakaan terlarang diambil di ruangan ini. Kamu bisa membaca buku-buku di sini dan mungkin dapat menemukan buku sihir Harry Potter di sini atau cukup berpose sedang membaca dan meng-upload-nya ke sosial media.

10. Hutan Terlarang di Ashridge Forest, Hertfordshire

Hutan Terlarang

Hutan Terlarang via https://www.flickr.com

Hutan seram di dunia sihir Harry Potter ternyata aslinya sangat indah dan romantis. Plot Hutan Terlarang mengambil tempat syuting di Ashridge Forest, Hertfordshire, London yang berada di sebelah timur Oxford. Semua scene yang mengambil plot hutan terlarang aslinya dilakukan di Ashridge Forest ini , seperti misalnya Harry dan Darco Malfoy yang bertemu dengan sosok lemahnya Voldemort di seri kedua, Harry yang menggunakan mantra "Aresto Momentum" untuk melindungi Sirius Black dan dirinya yang berada di sisi danau dari para dementor.

Ashridge Forest ditutupi oleh lavender, rerumputan hijau dan pohon-pohon rindang. Tempat ini terkenal romantis dan menawan. Kamu dapat berfoto ria bersama sahabat, keluarga atau pasangan di sini kalau kamu mampir ke UK.

11. Warner Bros Studio

Warner Bros. Studios, leavesden set tour

Warner Bros. Studios, leavesden set tour via https://www.wbstudiotour.co.uk

Kamu merasa tidak sempat mengunjungi satu per satu latar tempat di atas? Ingin paket lengkap? Kamu tidak mau ribet? Tenang, Warner Bros Studio ini bisa jadi pilihan paling cocok buat kamu. Pada awalnya tempat ini hanya dijadikan studio pembuatan film. Akhirnya setelah 10 tahun dijadikan tempat pembuatan film, Warner Bros Studio dibuka untuk umum dengan nama hitsnya "The Making of Harry Potter". Ada apa saja sih di Studio ini?

Masih ingat setiap seri di film Harry Potter ada sebuah aula besar (Great Hall) dimana para murid Hogwarts dan para profesor berkumpul? Tempat ini menyediakan replikanya loh. Kamu bisa bergaya menjadi murid Hogwarts di sini. Masih ingat juga kan adegan Harry Potter memakai topi seleksi di tahun pertama dan akhirnya ditempatkan di Gryffindor? Kamu bisa berpose seperti itu di sini. Studio ini berlokasi di London.

Selain itu, studio ini juga menyuguhkan tempat Hogwarts Express (kereta api Hogwarts), Diagon Alley, Hutan Terlarang, Leaky Cauldron (pub dan hotel di seri Harry Potter ke-3 maupun ke-4) dan masih banyak lagi tempat replika yang persis sama dengan latar Harry Potter. Kalau kamu kesini, jangan lupa berfoto bersama buckbeak (hewan hipokrit berparuh burung elang, berwarna putih, dan berkaki empat di seri Harry Potter and The Prisoner of The Azkaban) dan kamar tidur Harry Potter yang berada di bawah tangga di rumah keluarga Dursley di Privet Drive, ya. Jangan lupa membungkukkan kepalamu sebagai tanda hormat kepada buckbeak supaya tidak diserang seperti Draco Malfoy.

Nah, betapa seru dan menariknya UK untuk menjadi destinasi liburanmu. Tunggu apa lagi, saatnya kamu membuktikan dan mengeksplorasi tempat-tempat di atas dengan dirimu sendiri. Saatnya, kamu membuktikan dirimu sebagai fans Harry Potter dengan datang ke UK. Ayo ke UK!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya