Kali ini, saya akan mencoba untuk menuliskan keutamaan dari salat tahajud, yang mana tujuannya supaya kita bisa semangat dalam mengamalkan sunnah solat malam yang satu ini. Mungkin, dari kita, sudah ada niatan untuk merutinkan diri dalam melaksanakan salat tahajud, tapi susah untuk bangun tengah malam dan tidak ada penyemangat untuk mengerjakannya.

Maka dari itu, sebelum kita mengerjakan salat tahajud dengan semangat, kita harus mengetahui terlebih dahulu keutamaan-keutamaan dari salat tahajud itu sendiri, yang tujuannya supaya kita memiliki semangat dalam mengamalkannya.

Dalam Al-Quran sendiri dijelaskan, supaya kita tidak langsung mengerjakan salat tahajud. Soalnya,mengamalkan salat tahajud itu bukan suatu amalan yang mudah, karena kita harus terlebih dahulu mengetahui keutamaanya, sebelum mengerjakan ibadahnya. Dengan mengetahui keistimewaan atau keutamaan salat tahajud ini, akan membuat kita termotivasi untuk lebih banyak mengerjakannya. Nah, rumus tersebut disebut dalam istilah fiqih dengan kata Wa’dun atau janji positif dan keutamaan yang Allah SWT siapkan bagi hambanya yang mengerjakan ibadah tertentu.

1. Keutamaan Salat Tahajud

Ketuamaan sholat tahajud via https://ibnuasmara.com

Ada tiga keutamaan dalam mengerjakan sallat tahajud, dan keutamaan tersebut bisa menambah semangat kamu dalam mengamalkan salat tahajud dengan rutin. Langsung saja disimak dengan cermat akan keutamaan dari salat tahajud ini dan mudah-mudahan bisa mejadi pemacu kita untuk bersemangat dalam mengamalkan salat tahajud.

2. Membawakan Kita ke Tempat Terpuji dan Mulia di Sisi-Nya

Di dalam Al-Quran, disebutkan atau diisyaratkan bahwa orang yang mengamalkan salat tahajud, akan langsung dijamin kehidupanya oleh Allah SWT, yang dijelaskan langsung dalam Al-Quran surat Al-Isar ayat 79-81

Advertisement

أَقِمِ الصَّلاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا (٧٨) وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا (٧٩) وَقُلْ رَبِّ أَدْخِلْنِي مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِي مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيرًا (٨٠) وَقُلْ جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوقًا (٨١

Artinya:

Dan pada sebagian malam, lakukannlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji [79] Dan katakanlah (Muhammad), “Ya tuhanku, masukkan aku ke tampat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong (ku) [80] Dan katakanlah “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap. “Sungguh yang batil itu pasti lenyap. [81].

Inti dari isi ayat di atas menyatakan, bahwa Allah SWT menjamin akan memberikan empat hal kepada orang yang mengamalkan salat tahajud dan tidak akan pernah diberikan kepada orang yang tidak mengamalkan salat tahajud, meskipun dia memiliki amalan-amalan lain selain tahajud.


  • Allah SWT akan menjamin kesuksesan pada karirnya, dimudahkan dalam mengerjakan sesuatu dan segala aktifitas sehari-harinya.

  • Dibimbing dan diawasi oleh Allah SWT dalam mengawali aktifitasnya,

  • Diberikannya solusi terbaik ketika menemui permasalahan dalam hidupnya.

  • Mendapatkan pertolongan langsung dari Allah SWT tanpa perantara.

3. Ritual Salat yang Mustajab Untuk Mengantarkan Doa dan Harapan

do'a mustajab via https://okistudio.com

Pada tiap malam, Tuhan kami turun ke langit dunia ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman,"Barang siapa yang menyeruKu, akan aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepadaKu, aku perkenankan permintaannya, dan barang siapa yang meminta ampunan kepadaKu, aku ampuni dia”. (HR. Bukhori dan Muslim)

Kandungan yang terdapat dalam hadis di atas sudah jelas, yakni ketika kita mengerjakan salat tahajud, dan setelahnya memohon kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan mengabulkan semua permohonan kita.

Sesungguhnya, kita sebagai manusia yang lemah, dan tidak ada kekuatan melainka kekuatan Allah SWT, akan memerlukan permohonan itu. Seruan keselamatan dunia akhirat, memohon dilimpahkan rezeki yang penuh berkah dan ampunan, merupakan doa dasar yang sangat dibutuhkan kita semua sebagai hamba-Nya.

4. Mendekatkan Diri Dengan Sang Ilahi

Poin yang ketiga ini, merupakan poin yang akan memudahkan kita dalam mengerjakan segala urusan. Sungguh, ketika kita sudah dekat kepada Allah SWT, niscaya kita akan dipermudah utnuk menjalankan segala aktifitas. Sama halnya ketika kita dekat dengan bos di kantor, atau orang tua kita di rumah, pastinya kita akan mudah dalam mendapatkan rasa simpatinya. Ketika kita sudah mendapatkan rasa simpatinya, mudah bagi mereka untuk mengabulkan segala permintaan kita.

Begitu juga dengan Allah SWT, sang pencipta dan sang pemilik segalanya. Akan mudah untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, ketika diri ini sudah dekat karena ketakwaan kita dan selalu menyertakanNya dalam setiap amal kita. Seperti yang diserukan oleh Allah SWT dalam penggalan ayatnya, “Berdoalah kepadaKu, niscaya akan aku kabulkan.”

Mengamalkan salat tahajud dengan istiqomah akan menjadikan kita semakin dekat dengan sang ilahi. Kedekatan ini niscaya akan menjadikan hati dan batin kita semakin tenang dalam mengahdapi hiruk-pikuk kehidupan dunia.

5. Manfaat Dalam Mengerjakan Sholat Tahajud

manfaat tahajud via https://satujam.com

Kepatuhan-kepatuhan kita terhadap ritual keagamaan, seperti sallat serta bentuk ritual lainnya, memiliki pengaruh bagi meningkatnya sisitem kekebalan tubuh, serta terbebas serta dari gangguan penyakit, baik yang menyerang diri kita secara langsung maupun tidak langsung. Terdapat seribu satu hikmah di dalam setiap apa yang telah disyariatkan untuk dilaksanakan.

Diantara manfaat atau keajaiban salat tahajud adalah salat tahajud merupakan kehormatan bagi seorang muslim, sebab:


  • Menghapus dosa-dosa yang dilakukan di siang hari.

  • Menghindarkannya dari kesepian di dalam kubur.

  • Menjadi hiasan surga.

  • Keselamatan dan kesenangan di dunia dan akhirat.

  • Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bahaya.

  • Dimudahkan hisabnya, berjalan diatas shirat bagaikan kilat.

  • Wajah orang yang sering mengerjakan salat tahajud akan memancarkan cahaya keimanan.

  • Dijamin baginya kebutuhan hidup.

  • Mengharumkan bau badan.

  • Mendatangkan kesehatan.

  • Akan mendapatkan perhatian dan kecintaan dari orang-orang yang mengenalnya.

Oleh karena itu, bagi mereka yang mendambakan tempat yang terpuji, tempat yang mulia, baik di sisi allah maupun di mata manusia, maka salah satu kunci rahasianya yaitu tahajud.

Dengan membaca tulisan ini, mudah-mudahan kita bisa semangat dalam mengamalkan salat tahajud setiap malam dan mendapatkan keutamaan-keutamaan juga terkabulkan segala hajat kita.

Sumber tulisan: https://ibnuasmara.com/panduan-sholat-tahajud