5 Alasan Ini Membuktikkan Mencuci Tangan Jauh Lebih Penting Daripada Menggunakan Hand Sanitizer

Simak alasan mencuci tangan jauh lebih penting dan bersih untuk menjaga kebersihan tangan kita!

Di tengah situasi pandemi yang melanda dunia saat ini, pemerintah menganjurkan kita untuk melaksanakan protokol kesehatan, salah satunya yaitu bahwa kita harus sering menjaga kebersihan tangan kita. Tapi, apakah kita tahu mengapa mencuci tangan itu lebih penting dan bersih dibandingkan menggunakan hand sanitizer, padahal keduanya sama-sama membersihkan tangan kita? Yuk kita simak!

Para ahli menganjurkan bahwa agar kita tetap mencuci tangan dengan sabun cuci tangan dan air mengalir minimal selama 30 detik. Mengapa demikian?

Advertisement

1. Hand sanitizer tidak dapat membasmi semua jenis kuman dan virus

Photo by Google Images

Photo by Google Images via http://www.google.com

Beberapa jenis mikroba lebih efektif dan mudah terbunuh jika kita mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, demikian juga virus baru akan benar-benar hilang di tangan jika kita menggosok tangan dengan cara yang baik dan benar pada saat mencuci tangan.

2. Kurang efektif untuk tangan yang kotor.

Photo by Google Images

Photo by Google Images via http://www.google.com

Jika kita membersihkan tangan hanya dengan hand sanitizer tidak efektif membunuh kuman-kuman tersebut, diperlukan sabun dan air mengalir untuk benar-benar membasmi kuman. Dalam kondisi darurat jika tidak ada tempat cuci tangan, disarankan agar menggunakan hand sanitizer yang memiliki kadar alkohol 60-95% yang lebih efektif untuk membunuh kuman-kuman tersebut.

Advertisement

3. Meningkatkan bahan-bahan kimia berbahaya.

Photo by Google Images

Photo by Google Images via http://www.google.com

Kandungan zat kimia dalam hand sanitizer justru dapat meningkatkan kadar pestisida dalam tubuh, salah satunya menyebabkan kulit tangan kita mudah kering dan rentan luka. Maka dari itu kurang efektif bagi kita membersihkan tangan hanya dengan menggunakan hand sanitizer.

4. Kurang menjangkau bagian punggung tangan, sela-sela jari dan celah-celah kuku.

Photo by Google Images

Photo by Google Images via http://www.google.com

Tanpa kita sadari biasanya saat membersihkan tangan dengan menggunakan hand sanitizer hanya terfokus pada telapak tangan saja, tetapi tidak memperhatikan punggung tangan, sela-sela jari dan celah-celah kuku. Maka dari itu, lebih efektif jika kita mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir yang dapat menjangkau seluruh bagian telapak tangan, jari, dan kuku kita.

5. Membuat kuman dan bakteri menjadi kebal

Photo by Google Images

Photo by Google Images via http://google.com

Makin sering kita menggunakan hand sanitizer, makin besar kemungkinan kuman dan bakteri menjadi kebal terhadap alkohol yang ada di dalam kandungan hand sanitizer. Akhirnya, cara tersebut tidak efektif lagi untuk membunuh kuman di tangan kita.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa LSPR Communications & Business Institute dengan major Public Relations

CLOSE