Satu langkah yang menyebabkan mahasiswa ingin cepat lulus dari kampus ialah motivasi. Motivasi bisa datang dari dalam diri sendiri ataupun dari lingkungan sekitar. Kali ini saya ingin berbagi pada mahasiswa tingkat akhir yang males untuk ngerjain skripsi.

Motivasi biar lebih cerah untuk mengerjakan skripsi dan enggak kaku ketemu bapak-ibu dosen yang membimbing penelitianmu. Siapa yang enggak punya impian? Pasti semua orang punya impian! Jangankan kamu, orang gila aja punya impian biar cepet waras. Hehehhe. Aku cuma becanda lho ya. Banyaknya alasan kita, aku dan kamu pastinya mengapa ngebet banget mau cepet lulus di kampus tercinta itu. Ini dia 5 alasan yang mendorong kamu supaya cepet lulus dengan nilai gemilang dan cemerlang. Cekidot!

1. Habis skripsi terbitlah undangan resepsi

nikah setelah kuliah via https://cdn2.konsultasisyariah.com

Tidak bisa dipungkiri alasan ini menjedi sebab musabab untuk mendorong mati-matian kamu ingin cepet lulus. Yups! M-e-n-i-k-a-h. Manusiawi aja kalau kamu mantap melangkah ke jenjang yang bukan main-main lagi. So, kelarkan skripsimu jumpai dosenmu. Insya Allah pasti mudah karena tiada hasil yang menghianati usaha itu kata-kata yang ada di tivi. Dijamin bakal ada energi yang panas untuk berusaha menggapai prestasi dan menggapai ridho-Nya. Mantu idaman itu bertanggung jawab atas apa yang telah dia lakukan. Betul apa betul? Nah, menjadi mahasiswa adalah salah satu kunci untuk kamu belajar bertanggung jawab dalam masalah kehidupan pelajar. Gimana kamu bisa menghidupi orang lain? Untuk mempertanggung jawabkan pilihanmu saja masih belum beres. Well, mesti kelar dulu study mu baru deh kamu bisa membina rumah tangga yang sakinnah mawaadah warohmah bareng si doi. Desakan-desakan inilah yang menjadi pemicu agar kamu tidak main-main dalam belajar, hehehe. Untuk kamu mahasiwa akhir mari laksanakan tugas-tugasmu dalam mengarungi samudera ilmu, agar kamu menikah dibekali dengan ilmu!

2. Uang UKT yang mahal

ukt mahal via http://www.viva.co.id

Nah, ini nih yang bener-bener bikin kantong mahasiswa kering, UKT atau Uang Kuliah Tunggal. Alasan UKT sih simple, yaitu subsidi silang kalau ada yang nggak mampu bisa dibayarin dengan yang mampu semacam gotong royonglah. Kita nggak bahas masalah politik deh. Gini aja kalau UKT kamu 1.400.000 (satu juta empat ratus ribu) maka untuk 3 semester saja kamu sudah menghabiskan uang senilai 4.200.000 nilai yang fantastis bukan? Jadi, coba deh kamu lihat kemampuanmu jika kamu ingin berlama-lama dikampus. Sudahi saja jangan kelamaan nanti dapat julukan jadi MAHAPALA (MaHasiwa Paling Lama) mending kalau lama-lama dapat hasil kayak kerjaan kek, atau apa gitu. Ini malah nyusahin orangtua dan orang lain! Kan kasian. Untuk kamu mahasiwa akhir mari laksanakan tugas-tugasmu dalam mengarungi samudera ilmu, agar kamu hidup dibekali dengan ilmu!

3. Harapan orang tua

Advertisement

harapan orang tua via https://4.bp.blogspot.com

Baper deh kalau sebut-sebut orangtua. Kalau kamu yang kuliahnya diperantauan pasti ngerasain bagaimana jauhnya dari orangtua. Nah, masak kamu tega mengecewakan segenggam harapan kedua orang tua dipundakmu. Enggak mau dong ya. Oleh karenanya sebagai anak yang berbakti kepada orangtua mestinya dalam pendidikan jadilah orang yang bertanggung jawab dalam menyelesaikannya. Terlebih orang tua mengharapkan penuh akan keberhasilanmu, jadi sungguh-sungguhlah dalam memperoleh ilmu. Apalagi kalau hidup pas-pasan, pasti orang tuamu bangga jika mampu melewati rintangan semasa perkuliahan dengan jerih payah melalui doa-doa mereka. Untuk kamu mahasiwa akhir mari laksanakan tugas-tugasmu dalam mengarungi samudera ilmu, agar kamu bisa membanggakan kedua orang tuamu dibekali dengan ilmu!

4. Prestasi

Kalau alasan yang satu ini memang mutlak adanya, biasanya prestasi ini juga menjadi bagian yang memang tidak dipungkiri bahwa kamu layak cepat lulus karena nilai akademikmu bisa mencapai predikat cumlaude atau dengan pujian. Widih keren ya. Apalagi aktif didalam atau diluar kelas jadi pujaan sih biasanya. Dibimbing oleh profesor dan doktor yang kemampuannya tak diragukan lagi. Salut deh pokoknya kalau belajarnya bener-bener! Biasanya banyak diincer oleh perusahaan terkenal. Sukses deh untuk mahasiswa yang seperti ini. Untuk kamu mahasiwa akhir mari laksanakan tugas-tugasmu dalam mengarungi samudera ilmu, agar kamu bisa sukses prestasi dibekali dengan ilmu!

5. Keberuntungan

Keberuntungan-Mengucap-Bismillah-Tanpa-Henti via https://yanasuryana.id

Dari sekian banyak alasan jitu agar kamu benar-benar melakukan skripsimu, ialah tak terlepas dari yang namanya keberuntungan. Sejauh usaha yang kita lakukan, maka pasti ada rintangan dan hambatan. Bisa saja sewaktu-waktu musibah menghampiri disaat kamu sedang sibuk mengerjakan skripsi. Rasanya itu kesel bercampur benci. Nah, agar keberuntungan ada dipihakmu maka kamu kudu tahu caranya. Caranya ialah ‘doa’ dimana doa itu ialah senjata paling ampuh untuk mendatangkan keberuntungan itu sendiri. Dengan doalah bisa meluluhkan hati dosen agar segera meng-acc proposalmu. Sehebat apappun dirimu tetaplah menghamba pada haribaan-Nya, niscaya keberuntungan menyertaimu.

Serius loh ya. Doa itu menjadi penjamin agar kamu sukses. Sesulit apapun rintangan yang kamu hadapi doa jualah yang memampukanmu menghadapi semua lelah perjuangan ini.

Kalau tahun ini juga belum bisa menghadirkan keberuntungan bagimu, mungkin saja kamu kurang berdoa atau ada orang-orang yang tidak suka padamu. Ini harus di cek ya minta maaf gih buruan ke mereka agar mereka menyelipkan namamu dalam doa-doanya. Wah mudah-mudahan ya!

Untuk kamu mahasiwa akhir mari laksanakan tugas-tugasmu dalam mengarungi samudera ilmu, agar kamu bisa mendatangkan keberuntungan dibekali dengan ilmu! Baiklah itu saja motivasi untuk kalian agar skripsi dan penelitian sukses. Selamat berjuang!