Si penyandang titel polisi sekolah ini nggak benar-benar menakutkan lho. Banyak siswa yang selalu takut dengan kemunculan guru ini. Tiba-tiba rapihin baju lah tiba-tiba rapiin rambut lah, bak petugas ketertiban, kedisiplinan, dan keamanan sekolah guru BK kerap di cap sebagai polisi sekolah.

Kalau ditelurusi lebih lanjut lagi, pekerjaan guru BK tidak hanya tentang mendisiplinkan siswa, tapi juga mengembangkan potensi siswa. Melalui aktivitasnya memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa, siswa terbantu akan mengembangkan diri dan menyelesaikan masalahnya. Seperti ketika siswa yang galau dengan jurusan kuliah yang akan ditempuhnya guru BK siap memberikan informasi dan bantuannya agar siswa bisa membuat keputusan secara mandiri.

Nggak cuma itu saja, Guru BK punya sifat dan sikap yang bisa dijadikan alasan menjadi pasangan hidup kamu lho

1. Penyabar

patient via http://pexel.com

Berkarier sebagai guru, bukan perkara mudah. Apalagi sebagai guru BK. Dalam pekerjaanya melayani siswa untuk memberikan bimbingan ke kelas dan konsultasi, guru BK tentunya bertemu dengan berbagai macam karakter siswa, ada yang nggak bisa diam, ada yang cerewet, ada yang pendiam banget ditambah dengan masa puber para siswa membuat guru BK harus ekstra sabar dalam menangani siswa.


Ngadepin siswa aja sabar, gimana ngadepin kamu


2. Pendengar yang baik

listening via http://google.com

Advertisement

Modal utama untuk menjadi guru BK salah satunya adalah menjadi pendengar yang baik. Mereka mendengarkan setiap kata, kalimat atau ungkapan dari siswa tidak hanya untuk di balas tanggapi tapi juga untuk mengerti dan memahami apa yang di benar-benar dialami oleh siswa.

Dalam memberikan respon, cenderung untuk memberikan pemikirannya agar kamu tidak hanya menelan mentah-mentah saran tapi juga membuat kamu bisa mempertimbangkan. Gimana rasanya punya partner yang mampu mendengarkan kamu dengan baik? Pastinya bakal dibuat nyaman

3. Nggak gampang nge-judge

Sebelum menjadi guru BK, calon guru BK di bekali ilmu di jurusan psikologi pendidikan. Mereka belajar bagaimana manusia berperilaku, kepribadian, dan keunikan indvidu. Sehingga mereka nggak gampang untuk menyimpulkan atau men-judge orang lain. Mereka akan mempertimbangkan latar belakang yang menjadi penyebab orang berperilaku atau melakukan tindakan tertentu.

4. Tahan banting

strong via http://google.com

Pekerjaannya yang menguras pikiran dan tenaga, membuat guru BK memiliki kepribadian yang tahan banting. Harus berurusan dengan siswa, berurusan dengan orang tua siswa belum juga berurusan dengan kepentingannya dengan guru lain di sekolah. Apalagi, para guru BK yang baru debut (honorer), dengan bayaran yang tak seberapa guru-guru BK ini tetap berjuang tak kenal lelah untuk mengabdi mencerdaskan anak bangsa.

Siapa sih yang nggak mau bangun rumah tangga sama yang punya jiwa yang kuat?

5. Memiliki empati tinggi

empathy via http://pexel.com

Nggak banyak orang punya rasa empati. Empati adalah kemampuan menempatkan diri dalam pikiran atau perasaan orang lain. Empati yang dimiliki guru BK membantunya dalam menangani siswa, tidak hanya sebatas sebagai tuntutan pekerjaan tapi juga kepedulian menolong kesulitan yang dialami siswa untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Kebayang kan kalau punya pasangan yang punya empati, jiwa tentram.

Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya, tak melulu terkenal sebagai guru yang menyeramkan, guru BK juga punya kelebihan yang patut dipertimbangkan menjadi pasangan.