Masa muda memang penuh kejutan dan godaan untuk berhura-hura dan bersenang-senang sebagai bentuk ekspresi diri dari jiwa muda yang menyala-nyala. Tapi seiring berjalannya waktu, hidup terus menuntut kita untuk memperhatikan hal-hal yang lebih penting lainnya seperti mempersiapkan masa depan ke arah yang lebih baik. Tidak terus melulu memikirkan bagaimana cara memperoleh kesenangan duniawi yang tidak ada habisnya, tapi kita sebagai anak muda harus juga memiliki kegiatan yang produktif untuk mendapatkan energi positif yang berkelanjutan. Selain itu terdapat juga alasan lain mengapa kita harus menjadi anak muda yang produktif.

1. Kamu sebagai anak Muda Adalah Kunci Perubahan

aktivis sosial via http://google.com

Kunci perubahan terletak pada kemampuan kita untuk bisa terus berkembang. Hal inilah yang melekat dalam diri setiap anak muda dengan rasa penasarannya dan tidak muda merasa puas dalam mencapai suatu hal. Inilah yang mendasari mengapa keaktifan kita sebagai anak muda harus dikelolah untuk menjadi lebih produktif.

Sebagai contoh,tidak hanya aktif untuk melakukan demo-demo kampus saja, tapi kita sebagai anak muda juga bisa menjadi bagian dari suatu aktivis sosial atau peduli lingkungan. Misalnya dengan mengikuti kegiatan sosial atau ikut berkampanye tentang pentingnya mendeteksi kanker serviks sejak dini.

2. Dengan jargon "Generasi Millennia yang melek Teknologi" tidak hanya membuatmu berkutat dengan game-game online saja, namun sekarang saatnya kamu memiliki hasrat yang besar dalam berbuat lebih dengan memanfaatkan teknologi dalam genggalammu itu

melek teknologi bukan hanya untuk game online saja via http://google.com

Advertisement

Menjadi anak muda yang produktif di tengah perkembangan teknologi yang tidak ada habisnya tentu bukanlah hal yang sulit. Tidak ada celah bagi anak muda yang mengenal internet untuk sekedar bermalas-malasan seperti hanya sekedar bermain game online atau mantengin akun-akun gosip yang menyebar luas di sosial media. Namun saat ini kita harus sudah sadar bahwa persaingan untuk berkembang di dunia digital seolah sudah mulai terang-terangan terjadi. Anak muda di era millennials memang memberikan banyak dampak bagi lingkungan dan sekitarnya. Mereka mulai secara aktif ikut serta dalam mengedukasi orang lain untuk lebih melek teknologi serta memanfaatkannya sebaik-baiknya seperti pentingnya berbisnis online di era digital misalnya.

3. Tidak hanya berlaku sebagai konsumen saja, namun anak muda jaman sekarang mengasah skill serta eksistensinya sebagai produsen juga

Yasa Singgih via http://hai-online.com

Sebut saja sebagai contoh Yasa Singgih selaku Pendiri Men's Republic membuktikan bahwa anak muda saat ini tidak hanya berklaku sebatas konsumen yang konsumtif saja, namun mereka juga mulai aktif sebagai produsen. Hal ini mereka lakukan tidak seolah-olah hanya untuk memperoleh profit atau keuntungan semata, namun lebih agar ide serta kreatifitas yang dimiliki bisa segera dituangkan dalam bentuk karya. Soal laba? Itu hanya bonus dari apresiasi karya kita !

4. Generasi muda cenderung menyukai kolaborasi yang mementingkan sebuah kualitas. Disinilah ruang lingkup ide-ide akan berkembang kepada anak-anak muda yang produktif !

team work via http://google.com

Sadar atau tidak bahwa anak muda generasi zaman now kurang lebih 88% lebih menyukai cara bekerja kolaborasi alias kerja tim. Hal ini tentu saja sangat berdampak positif. Mereka dapat saling bertukar ide untuk menghasilkan kualitas kerja yang baik. Selain itu, anak muda saat ini mengharapkan sosok pimpinan yang dapat mereka jadikan mentor untuk terus berkembang baik dalam segi pembelajaran maupun karir. Selain itu pimpinan dengan kepribadian seperti ini juga diharapkan dapat memberikan dukungan nyata yang dapat meningkatkan produktifitas kerja

5. Siapa bilang anak muda melulu galau tentang cinta-cintaan? Jangan salah, anak muda juga selalu punya pemikiran segar yang inovatif untuk memedulikan lingkungannya

Inovatif via http://google.com

Advertisement

Nggak melulu galau atau mikirin hal nggak berfaedah lainnya (contohnya mikirin kapan dia bisa ngertiin perasaan aku?, hehe) , tapi saat ini para anak muda memiliki banyak sekali peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menuangkan ide-ide segar mereka. Tak sekedar berhenti sampai di situ, banyak kesempatan untuk bisa mewujudkannya sebagai sebuah bentuk kerja yang real.

Seperti di program #PahlawanDigital yang diselenggarakan oleh Jagoan Hosting nih, kamu sebagai anak muda bisa ikut turut serta mengekspresikan opini mengenai cara memajukan UMKM lokal agar tidak kalah bersaing dengan produk-produk internasional. Selain itu di program #PahlawanDigital kamu tidak hanya bisa menuangkan ide saja, tapi kamu juga bisa ikut serta bertemu dan aktif secara langsung dengan UMKM dalam mengembangan produk mereka. Seru bukan? Yuk segera daftarkan diri kalian di www.pahlawandigital.com dan terus pantengin kegiatan-kegiatan keren mereka di instagram @pahlawandigital . Be productive kaula muda !

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya