Kalian punya teman yang sudah pacaran beberapa tahun, namun tak kunjung mengkirimkan undangan pernikahannya ke kamu? Kadang sering penasaran dengan mereka. Atau malah kamu sendiri yang mengalaminya? Tidak ada peraturan perundang-undangan yang mengharuskan kaliam pacaran satu tahun langsung menikah, atau harus menunggu sewindu baru diizinkan menikah. Semua tergantung pada diri kita sendiri dan pasangan yang sudah sepakat dan berkomitmen.

Tak jarang mendengar orang lain bilang,"itu pacaran apa kredit rumah? lama bener." Terkadang kita boleh menghiraukan omongan orang lain. Ada juga dadakan menjadi penasihat "aku udah punya dua anak loh, kamu kapan?". Ingat, masing-masing orang mempunyai planning dalam hidupnya, sehingga kalian harus tahu apa alasan mereka tak kunjung menikah.

1. Mungkin dia ingin melanjutkan study, bukannya mengulur-ulur waktu untuk menikahi

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Akan lebih nyaman apabila kelian berkeluarga kamu sudah menyelesaikan study, sehingga kamu nggak perlu pusing mikirin tugas kuliah dan tugas lainkamu dalam rumah tangga. Di samping itu, kita mempunyai kemampuan yang berbeda untuk menyelesaikan kuliah dan mencapai gelar sarjana.

2. Takut nganggur, dia ingin memantaskan diri di bidng finansial terlebih dulu

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Selesai kuliah dan mendapatkan gelar sarjana, sayang bila kamu tak memanfaatkan ilmu yang sudah kamu dapat. Kamu bisa mulai menabung untuk resepsi nanti. Sehingga tidak melimpahkan semuanya ke orangtua. Maka dari itu, mencari pekerjaan bisa menjadi alasan tidak kunjung melangkah ke pelaminan.

3. Orangtuanya masih jadi prioritas utama, meski kamu yang tetap dia cinta

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Advertisement

Dia memilih belum menikah bila belum bisa bikin orang tua bahagia. Waktunya untuk berterima kasih kepada orang tua yang telah membesarkan kita. Membahagiankan orang tua itu tanpa batas.

4. Hmmm, bagaimana kalau pasanganmu ternyata ingin mandiri dengan membangun usaha?

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Setelah kalian puas berkerja di kantor orang lain, tak ada salahnya kita punya harapan untuk bisa membuka usaha sendiri. Pengalaman semasa bekerja di kantor orang bisa kita jadikan referensi untuk membangun usaha kita. Tak jarang orang ingin memiliki usaha terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke jenjang pernikahan.

5. Ada keraguan di antara kalian berdua. Coba introspeksi, yuk!

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Ketakutan atau trauma terhadap sahabat atau teman dekat yang mengalami kegagalan dalam rumah tangga, bisa terjadi pada siapa saja, sehingga mereka membutuhkan waktu untuk mencari solusi untuk mengatasinya.

Advertisement

So, kita harus mengerti alasan orang di sekitar kita masih menunda menikah padahal sudah mapan, sudah mantap, sudah waktunya, sudah serasi atau lainnya, karena kita tidak pernah tau apa yang sudah mereka rencakan untuk masa depan mereka. Ketika mereka sudah mantap, jangan khawatir, mereka pasti akan kirimkan undangan pernikahannya ke kamu.

Stop menilai, lebih baik buat masa-masa pacaran kalian ini sebagai ajang pembelajaran!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya