Banyak dari kita tidak ingin menjadi tua. Kalau bisa kita inginnya muda selamanya. Namun, kita bukanlah sosok para dewa di Yunani yang konon kabarnya akan kuat selamanya. Kerapuhan tubuh manusia tidak bisa ditolak seiring dengan bertambahnya usia. Sadar bahwa tubuh kita makin berumur makin rapuh, penting bahwa keuangan di hari tua kita terjamin dengan investasi agar kita tidak stres dan sakit-sakitan di usia senja. Berikut ini 5 alasan kenapa mempersiapkan dana untuk hari tua itu melalui investasi itu sangat penting:

1. Tidak Gesit Lagi

https://usahamudahmenghasilkan.files.wordpress.com via https://usahamudahmenghasilkan.files.wordpress.com

Kita tentu sepakat bahwa setiap orang akan menjadi tua. Saat tua kita tidak gesit lagi seperti saat muda. Langkah kita menjadi lamban. Kita tidak bisa lagi memiliki pendapatan yang layak seperti saat muda. Kalau tidak waspada, bisa-bisa kita malah mengalami gejala "post power syndrome".

2. Sudah Tidak Punya Penghasilan

http://cdn.zettamedia.co via http://cdn.zettamedia.co

Ketika menjadi tua, kita sudah tidak bekerja lagi karena faktor fisik atau sudah dipensiunkan. Kita tidak memiliki penghasilan sebesar saat sebelum pensiun. Namun dengan profesi tertentu seperti dokter, investor saham, pengajar, konsultan, pengusaha, penulis dan pekerjaaan lainnya yang sejenis kita masih bisa bekerja. Namun karena keterbatasan fisik, kita hanya bisa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang ringin sehingga pendapatan juga relatif kecil.

3. Tingginya Biaya Kesehatan

Advertisement

https://pxhere.com via https://pxhere.com

Bukan rahasia lagi. Semakin kita tua, semakin pula kita gampang diserang penyakit. Karena tingkat kesehatan menurun, kita bisa gampang masuk angin, cepat capek, cepat ngantuk. Orang berkata, semakin kita bertambah menjadi tua, semakin bertambah pula penyakit-penyakit yang siap menghadang.

4. Harus Mandiri

http://jakartamotherhood.id via http://jakartamotherhood.id

Situasi paling menyedihkan yaitu masa tua yang tidak mendiri secara keuangan alias bergantung pada anak atau orang lain. Kita harus sadar bahwa saat kita tua nanti, kebutuhan anak-anak kita yang mungkin sudah berkeluarga kebutuhan hidupnya juga banyak. Tidak bergantung secara keuangan pada anak tentu akan menyenangkan.

5. Ingin Tetap Melayani Tanpa Membebani

http://www.cdn.beningpost.com via http://www.cdn.beningpost.com

Sudah tua tetapi bisa melayani sesama dan rajin beribadah tentu merupakan sukacita tersendiri. Intinya, ketika kita ingin mengisi hari tua dengan banyak kegiatan dan pelayanan, kita harus memiliki kemandirian keuangan baik untuk transportasi maupun biaya-biaya lainnya.`