UNS (Universitas Sebelas Maret) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terletak di kota Surakarta atau biasa lebih dikenal dengan Kota Solo, Jawa Tengah. Meskipun terletak di Kota yang boleh di katakan tidak terlalu besar UNS telah mampu beradaptasi dengan perkembangan dunia pendidikan nasional bahkan internasional. Bagi yang belum mengenal UNS tentu akan bertanya-tanya seberapa pantas atau baikah untuk dijadikan tempat kuliah si UNS ini?

Apalagi sekarang ini tentu banyak siswa kelas 12 yang akan segera lulus dan sudah mencari-cari tempat kuliahan selanjutnya. Adapun terkait dengan kelayakan UNS untuk tempat kuliah akan kita bahas selanjutnya.

1. UNS merupakan kampus dengan segudang prestasi

bara yudhistira via http://bara.blog.uns.ac.id

Sebagai universitas dengan umur yang masih muda, sekitar 40 tahunan UNS telah mampu mengukir banyak prestasi, baik prestasi institusi maupun dosen dan karyawannya. Adapun prestasi tersebut antara lain:

a. Peringkat 3, Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi Versi BAN-PT (2014-2019)

b. Peringkat 5, Kampus Ramah LingkunganVersi UI GreenMetric

Advertisement

c. Peringkat 6, Universitas Terbaik di Indonesia Versi 4ICU

d. Peringkat 8, Universitas Mandiri Riset Nasional Versi Kemenristekdikti

e. Peringkat 11, Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

f. Perguruan Tinggi Cluster I (unggulan) Versi Kemenristekdikti

Dari 6 prestasi tersebut masih banyak diantaranya yang belum dapat disebutkan satu persatu.Sebagai universitas dengan umur yang masih muda, sekitar 40 tahunan UNS telah mampu mengukir banyak prestasi,

2. UNS masih memegang erat budaya nasional dalam aktivitasnya

bara yudhistira via http://solopos.com

UNS menerapkan budaya ACTIVE yaitu “Achievement Orientation, Customer Orientation, Teamwork, Integrity, Visionary, Entrepreneurship.” Dimana hal tersebut sangat selaras dengan budaya Solo yang merupakan budaya Jawa. UNS mempertahankan budaya Jawa dan Indonesia di tengah internasionalisasi yang sedang di galakan.

3. UNS terletak dijalur transportasi strategis

bara yudhistira via http://bara.blog.uns.ac.id

UNS merupakan kampus yang dapat diakses dengan mudah dengan berbagai macam jenis moda transportasi, sehingga kita tidak akan bingung ketika akan menuju UNS.

Jika kita menuju UNS melaui jalur udara kita dapat turun di Bandara Internasional Adi Soemarmo (SOC), sehingga kita tidak akan bingung jika kita membutuhkan transportasi cepat seperti pesawat. Selanjutnya bagi yang ingin menuju Solo dengan kereta api dapat juga turun di Stasiun Solo Balapan ataupun stasiun Purwosari bagi kereta ekonomi.

Opsi transportasi terakhir apabila kita tidak membawa kendaraan pribadi dapat juga menggunakan Bus, dimana kita dapat turun di terminal Tirtonadi yang merupakan salah satu terminal terbaik di Indonesia dengan fasilitas menyamai fasilitas bandara.

Sebagai info Solo merupakan jalur utama bus Jogja-Surabaya jadi hampir dipastikan tiap menit selalu ada bus melewati Solo selama 24 jam nonstop. Atau bahkan jika kita dari arah Surabaya kita dapat turun langsung didepan kampus UNS. Jadi kita tidak akan bingung kalau mau ke UNS

4. UNS terletak di Solo dengan fasilitas yang cukup lengkap

Solo merupakan salah satu kota dengan fasilitas yang cukup lengkap untuk mahasiswa memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk kebutuhan mendasar seperti pangan dan papan Solo sudah lengkap, mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal.

Karena Solo masih kental dengan budaya Jawa tentunya hampir dapat dipastikan semua makanan dapat diterima oleh semua orang.

“ya meski lebih dominan manis sih? Hehe”

Tapi itu tidak masalah, meski makanannya cenderung manis tapi bisalah untuk diterima. Makanan di Solo tersedia 24 jam, jangan khawatir meski tengah malam kita tidak perlu bingung mencari makan. Selain restoran fast food, kita juga dapat membeli nasi kucing di angkringan HIK.

Selanjutnya fasilitas penunjang seperti tempat rekreasi ataupun tempat hiburanpun banyak tersedia. Jangan berfikir kalau tinggal di Solo bakal kudet? Karena di Solo banyak juga lho mall nya hehe. Kemudian jika ingin berwisata, tentunya banyak sekali objek wisata tujuan mulai dari wisata budaya, wisata kuliner bahkan wisata belanjapun ada.

5. UNS terletak di kota dengan biaya hidup murah

nasi kucing via http://resepmedia.com

Bagi anak kuliahan apalagi anak kostan harga murah terkait biaya hidup merupakan harga mati hehe

Solo merupakan salah satu kota dengan biaya hidup yang cukup murah di Indonesia. Bayangkan untuk sekali makan masih ada dengan harga 10 ribu sudah dapat nasi lengkap dengan sayurnya serta dengan lauk dan minumnya.

Hampir setiap kebutuhan dasar di Solo memiliki harga yang relatif murah jika dibandingkan dengan kota yang lainnya. Jadi apa lagi yang perlu dipikirkan, ayo kuliah di Solo, ayo kuliah di UNS