Zaman makin berkembang, tapi bukan berarti yang jadul akan selalu tertinggal bukan? Salah satu contohnya dalam dunia fotografi, di saat makin banyak yang menawarkan teknologi-teknologi canggih, ada segelintir orang yang malah jatuh cinta dengan kamera analog. Bukan karena pengen dibilang kekinian atau gaul, tapi karena ini nih....

1. Tantangan

Malang Analog Team

Malang Analog Team via https://www.instagram.com

Eitsss…ini bukan perkara nge-trip, tapi tantangan di sini karena hasil yang nggak akan pernah kamu bayangkan sebelumnya. Dengan 1 roll, kamu hanya bisa melakukan jepretan sebanyak 36 kali, tapi ada juga yang di bawah itu, tergantung roll apa yang kamu gunakan. Jadi mau nggak mau, pasti kamu akan tertantang untuk memutuskan membidik objek seperti apa.

2. Anti Mainstream

Gathering Malang Analog

Gathering Malang Analog via https://www.instagram.com

Yoih, tak lain dan tak bukan pastinya bakal beda. Coba lihat sekitarmu, pasti banyak yang tenteng kamera digital, tapi kalau kamu bawa kamera analog pasti orang akan berkata, 'zaman udah canggih, masih aja pakai yang jadul'. Di situlah, kamu bisa membuktikan seperti apa karyamu dibandingkan mereka yang serba 'instan'.

3. Memperdalam ilmu fotografi

Malang Analog Review Karya

Malang Analog Review Karya via https://www.instagram.com

Advertisement

Dari total jepretan yang mana hanya dikasih kesempatan 36 kali, pastinya kamu nggak akan menyianyiakan hal itu. Dan kamu akan belajar lagi, baik dari insting, ataupun cari tahu melalui teman, buku, dan internet. Wawasanmu pasti akan lebih luas lagi.

Berbeda ketika kamu menggunakan digital, semua yang akan kamu jepret pasti sudah muncul di LCD, sehingga memudahkanmu untuk mengatur seperti apa gambar yang kamu bidik.

4. Tambah Teman

Hunting Bersama

Hunting Bersama via https://www.instagram.com

Advertisement

Pastinya nih, terkait dengan belajar itu tadi, di sini kamu juga akan lebih intens belajar dengan orang-orang yang berkecimpung di dunia yang sama denganmu. Mendatangi pameran kamera analog, atau workshop juga pastinya akan membuatmu makin banyak teman.

5. Karyamu lebih berharga

Diskusi karya

Diskusi karya via https://www.instagram.com

Gimana nggak berharga, dengan jepretan terbatas dan kamu bisa mendapatkan hasil yang luar biasa itu adalah suatu hal yang besar. Bahkan, kamu juga bisa membuat konsep pameran dengan memanfaatkan 36 jepretan itu tadi. Perkara sepele, tapi bisa banget hal ini kamu wujudkan.

Ya, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu dapatkan. Tapi tenang, di sisi lain kamu bakalan tahu banyak hal yang lebih berarti dari pada di atas. Selamat mencoba kamera jadul, jangan lupa berkarya terus sampai mampus.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya