Bau badan bagaikan sebuah momok yang selalu mengganggu aktivitas kita. Namun, apa yang harus dilakukan jika orang yang memiliki masalah bau badan adalah teman sendiri? Banyak orang memilih untuk tidak memberitahu karena takut menyinggung perasaan orang yang memiliki masalah dengan bau badan. Cara memberitahu teman yang bau badan harus dilakukan dengan pendekatan-pendekatan secara personal dan dari hati ke hati agar tidak menyinggung perasaan orang bersangkutan. 

Pada dasarnya memberitahu teman yang bau badan memang perlu dilakukan dengan cara yang manusiawi. Meskipun bau itu sangat mengganggu namun jangan sampai upaya untuk menghilangkan bau tersebut justru menyisakan rasa malu kepada orang yang bersangkutan.

Karena, walau bagaimanapun orang yang mempunyai masalah bau badan tidak menyadari akan bau badannya sendiri. Berikut cara memberitahu teman yang bau badan tanpa menyebabkan orang yang bersangkutan tersinggung.

1. Berbicara empat mata

pixabay.com

pixabay.com via https://pixabay.com

Cara memberitahu teman yang bau badan yang pertama yaitu dengan cara berbicara empat mata. Berbicara secara pribadi kepada teman yang memiliki masalah dengan bau badan secara empat mata harus dilakukan secara hati-hati.

Advertisement

Bilang kepadanya bahwa Anda merasa terganggu dengan bau badannya beri dia penjelasan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Jangan sampai pembicaraan ini justru terkesan menuduh, namun pastikan pesan dapat sampai dengan jelas.

2. Berbicara dengan jujur

pixabay.com

pixabay.com via https://pixabay.com

Usahakan untuk berbicara dengan jujur kepada orang yang bersangkutan tersebut dengan bahasa yang sopan. Jujur bukan berarti tanpa menyaring dahulu, namun harus memilih kata-kata yang sekiranya dapat diterima.

Nyatakan ketidaknyamanan tersebut selama beraktivitas bersama. Mereka berhak tahu apa yang dirasakan selama melakukan aktivitas bersama. Lakukan langkah ini secara personal antara dua teman yang ingin terjadi perkembangan positif kepada temannya.

3. Mendengarkan keluhan

pixabay.com

pixabay.com via https://pixabay.com

Advertisement

Setelah melakukan pembicaraan, usahakan untuk mendengar keluhan-keluhan orang bersangkutan yang memiliki masalah bau badan. Dengarkan dengan sepenuh hati tentang keluhan mereka berkaitan dengan masalah bau badan mereka. 

Biasakan mendengarkan dengan sepenuh hati agar yang bersangkutan merasa dihargai. Saat mereka merasa dihargai, dapat dipastikan akan mendengar berbagai saran untuk mengatasi bau badan yang mengganggu tersebut.

4. Memberikan jalan keluar

pixabay.com

pixabay.com via https://pixabay.com

Cara memberitahu teman yang bau badan yang ketiga yaitu dengan cara memberikan solusi-solusi kepada yang bersangkutan. Solusi yang diberikan juga harus disampaikan dengan baik agar tidak terjadi salah persepsi.

Tentunya pemberian solusi dapat berupa rekomendasi-rekomendasi pemakaian deodoran, minyak wangi, jenis makanan yang dapat dipilih maupun pemilihan jenis bahan pakaian yang dikenakan. Semua itu dapat dijadikan sebagai rekomendasi solusi yang ideal.

5. Melihat perkembangan

pixabay.com

pixabay.com via https://pixabay.com

Cara kelima ini dapat dilakukan setelah semua cara telah dilakukan. Cobalah untuk melihat perkembangan dari teman Anda tersebut. Jika sudah mengalami perkembangan, Anda sudah tidak perlu lagi membicarakan masalah bau badan ini.

Namun, jika dirasa belum ada perkembangan berikan ia produk-produk yang telah direkomendasikan secara langsung. Pastikan, Anda tetap memberikan produk-produk ini secara personal dengan cara yang baik agar mereka tidak merasa malu.

Demikian lima cara memberitahu teman yang bau badan yang bisa Anda praktekan. Bau badan pada dasarnya dapat diatasi, asalkan orang yang bersangkutan menyadari akan permasalahan ini.

Jadi, jangan ragu menyampaikan ketidaknyamanan Anda karena adanya teman Anda yang bau badan. Namun, tetap sampaikan dengan baik dan sopan agar teman tidak merasa tersinggung.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya