Cita-cita atau tujuan hidup ini hanya bisa diraih jika kita memiliki motivasi yang kuat dalam diri kita. Tanpa motivasi apapun, sulit sekali menggapai apa yang kita cita-citakan. Namun tak bisa dipungkiri, memang cukup sulit membangun motivasi di dalam diri sendiri. Padahal ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan motivasi tersebut. Simak baik-baik, ya!

1. Kembangkan selalu tujuan kita

Apa Tujuan Hidup Anda?

Apa Tujuan Hidup Anda? via http://bisnisanakmuda.id

Jangan pernah terpaku pada satu tujuan yang sederhana saja, kawan. Tujuan hidup yang terlalu sederhana membuat kita tidak memiliki kekuatan yang lebih.


Yang membuatku terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidupku -Muhammad Ali.


Advertisement

Padahal untuk meraih sesuatu kita memerlukan tantangan yang lebih besar, untuk mengerahkan kekuatan yang sebenarnya. Tujuan hidup inilah yang akan membangkitkan motivasi dan kekuatan tersendiri dalam hidup kita.

2. Hampiri bayangan ketakutan

Saat kita dibayang-bayangi oleh ketakutan dan kecemasan, jangan melarikan diri dari bayangan tersebut, kawan. Misalnya selama ini kita takut menghadapi masa depan yang buruk atau suram. Coba datangi dan nikmati rasa takut itu dengan mencoba mengatasinya. Bahwa saat kita berhasil mengatasi rasa takut, saat itu kita telah berhasil meningkatkan keyakinan diri bahwa kita mampu mencapai hidup yang lebih baik.

3. Berlatihlah dengan keras

Kerja Keras dan Doa

Kerja Keras dan Doa via https://garasidp.com

Tidak bisa tidak, kita harus banyak berlatih terus bila ingin mendapatkan hasil yang terbaik dalam hidup kita. Pada dasarnya tidak ada yang tidak dapat kita raih kalau kita terus berusaha keras. Semakin giat kita berlatih maka akan semakin mudah pula mengatasi setiap kesulitan. Ingatlah, barangsiapa yang menanam maka ia akan menuai. Jika kita mau berusaha keras maka kita akan menjadi pribadi yang sukses.

4. Ciptakan sensasi dalam diri

Pramoedya Ananta Toer

Pramoedya Ananta Toer via https://quotefancy.com

Advertisement

Menciptakan sesuatu yang dapat membangunkan dan membangkitkan gairah kita saat pagi menjelang. Sensasi berpikir bahwa hari esok harus lebih baik dari hari ini. Memacu semangat menyambut hari esok untuk lebih baik lagi. Di mana sebaik-baik manusia adalah mereka yang selalu mempersiapkan bekal untuk masa depan.

Baik masa depan yang dalam jangka dekat, seperti hari esok, minggu depan, bulan depan dan tahun depan. Maupun masa depan dalam jangka jauh, seperti mempersiapkan kematian, bekal untuk kehidupan setelah kematian.

5. Tinggalkan teman yang buruk

Teman Buruk

Teman Buruk via http://www.pictame.com

Jangan ragu untuk melakukan hal ini. Tidak perlu khawatir meninggalkan teman-teman yang tidak dapat mendorong kita untuk mencapai tujuan. Sebab, siapapun kita seharusnya mampu membawa diri pada perubahan yang lebih baik. Ketahuilah, bergaul dengan orang yang optimis akan membuat kita berpikir optimis pula. Bersama mereka hidup kita terasa lebih menyenangkan dan penuh motivasi.


Kesimpulannya bahwa motivasi dapat menumbuhkan semangat dalam mencapai tujuan. Motivasi yang kuat dalam diri kita akan memiliki apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap diri dan hidup ini. Sehingga kita tidak akan ragu untuk melangkah ke depan, yaitu mencapai visi hidup kita. Salam sukses!


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya