5 Cara Mempromosikan Akun Online Shop Bagi Pemula

Promosi Akun Online Shop

Bagi kalian yang baru merintis usaha pasti mengalami kesulitan dalam hal promosi. Dan hal itu memang benar kenyataannya bahwa mempromosikan akun online shop bukanlah suatu hal yang mudah. 

Pada saat melakukan promosi yang paling utama adalah hilangkan rasa malu kalian, karena dalam melakukan promosi kalian harus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Selain itu, kalian juga harus mempersiapkan mental untuk menerima berbagai penolakan dari pihak lain. Nah untuk itu, pada artikel ini akan membahas beberapa cara yang dapat bermanfaat untuk kalian. Jadi simak lebih lanjut ya! Berikut cara mempromosikan akun online shop bagi para pemula: 

Advertisement

1. Dengan meminta bantuan kepada orang-orang terdekat

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Pada cara yang pertama ini, kalian bisa membuat materi yang menarik terlebih dahulu. Setelah itu, kalian meminta bantuan kepada teman, keluarga, dan tetangga untuk mempromosikan akun online shop kalian di akun media sosial mereka, dengan materi yang sudah kalian siapkan.

Pada cara ini tidak semua orang terdekat kita berkenan untuk membantu, jadi kalian jangan mudah putus asa, karena itu hal yang wajar dalam proses promosi. Melainkan, jadikan pelajaran bagi kita bahwa masih ada cara lain supaya akun online shop kita dapat dikenal semua orang.

Advertisement

2. Dengan mengikuti berbagai akun online shop

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://pexels

Pada cara yang kedua, kalian bisa mengikuti berbagai akun online shop di media sosial seperti instagram, twitter, line, dan facebook. Setelah itu, kalian bisa mencari tahu pengalaman dari akun-akun tersebut.

Kalian akan mendapatkan pelajaran bahwa memang perjalanan dalam memulai usaha itu tidak mudah. Selain itu, kalian juga dapat mengambil berbagai tips yang bisa bermanfaat untuk kalian. Namun, jika kalian ingin mengambil tips tersebut usahakan untuk meminta izin terlebih dahulu agar kita tidak dianggap sebagai plagiat.

3. Mengenal Promote For Promote (PFP)

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Setelah kalian mengikuti cara yang kedua, pasti kalian akan mengenal yang namanya PFP atau Promote For Promote. Pada cara yang ketiga ini, kalian harus memiliki keberanian untuk berkomunikasi dengan pihak lain. Dengan cara kalian harus aktif mengirimkan pesan kepada akun online shop lainnya, untuk mengajak mereka PFP. Kalian bisa melakukan ini setiap hari minimal mengirimkan 8 pesan kepada akun online shop lain di berbagai media sosial. 

Jadi yang namanya PFP itu kalian harus saling menguntungkan satu sama lain. Jika akun online shop yang kalian undang untuk bekerjasama, ternyata mereka tidak bersedia, kalian harus menerima itu dan berfikir positif saja. Mungkin dikarenakan jumlah pengikut online shop kita tidak sebanding dengan mereka. Jadi kita sadar diri aja, karena pasti itu tidak akan menguntungkan satu sama lain bukan?  

Nah kalian jangan merasa berkecil hati dulu, harus tetap semangat mencari akun online shop lain yang bersedia diajak kerjasama dan yang pasti saling menguntungkan. Cara mengajak PFP itu seperti apa sih? Nah caranya itu, kalian harus menyapa dan memperkenalkan diri kalian, menanyakan kabar, memberitahu kepada mereka tujuan kalian mengirimkan pesan, dan mengucapkan terimakasih. Dalam mengirimkan pesan yang paling penting bahasa yang digunakan harus sopan. 

4. Mengenal Paid Promote (PP)

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Pada cara yang keempat, tentu saja berbeda dengan cara yang ketiga. Jadi bedanya itu jika PFP kita tidak perlu bayar (gratis), sedangkan PP kita harus membayar kepada pihak yang bersedia mempromosikan akun online shop kalian.

Pasti kalian semua bertanya kenapa sih harus ada yang berbayar? Sedangkan yang gratis saja sudah ada. Memang benar selagi masih ada yang gratis mengapa harus yang berbayar? Namun perlu kalian ketahui bahwa kalian tidak bisa hanya bergantung pada PFP saja. Karena dengan kalian mengandalkan PFP saja itu tidak akan menjamin adanya kemajuan dalam hal promosi usaha kalian. 

Nah kalian pasti mengira bahwa PP itu mahal bahkan harganya pasti di atas 100.000. Namun kalian jangan salah sangka seperti itu dulu ya, karena ada kok PP yang harganya terjangkau bahkan dengan harga yang dibawah 40.000. Jadi kalian harus pinter memilih akun online shop yang menerima jasa PP dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang baik. 

Pada cara PP ini kalian bisa mengajukan permintaan untuk dibagikan di feed atau story. Namun menurut ku yang paling banyak peminatnya sih pasti di story, tapi itu kembali lagi pada diri kalian masing-masing ya. Atau kalian juga bisa minta rekomendasi dari akun yang akan mempromosikan online shop kalian.

Jadi seringlah kalian untuk berkomunikasi dengan si penerima jasa promosi, pasti kalian akan diberikan beberapa rekomendasi dan pengalaman dalam hal promosi. Dengan berkomunikasi juga melatih diri kalian untuk menjalin atau menciptakan hubungan yang baik dengan berbagai pihak atau rekan bisnis kalian. 

5. Endorse selebgram

Photo by Freepik from Pinterest

Photo by Freepik from Pinterest via https://ru.freepik.com

Untuk cara yang kelima kalian bisa menjalin kerjasama dengan para selebgram. Dengan cara ini biasanya akan sangat berpengaruh pada promosi akun online shop kalian. Kalian pasti tahu jika suatu hal yang dipromosikan oleh selebgram pasti hasilnya akan memuaskan terutama untuk selebgram yang memiliki banyak pengikut dan terkenal bagus dalam mempromosikan. Tentu saja biaya yang dibutuhkan untuk mengendorse selebgram tersebut akan lebih mahal. 

Nah untuk kalian para pemula jangan khawatir karena masih ada kok selebgram yang menawarkan endorse dengan harga terjangkau dan hasilnya memuaskan. Kalian bisa mencari selebgram yang masih sekolah, karena biasanya mereka menetapkan harga untuk endorse relatif lebih murah. 

Demikianlah 5 cara mempromosikan akun online shop bagi pemula. Dengan cara apapun kalian promosi, hal yang paling penting persiapkanlah segala sesuatunya dengan baik, karena kesan pertama adalah hal yang sangat berpengaruh dalam kemajuan promosi akun online shop kalian. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE