5 Cara Menghadapi Fase Quarter Life Crisis, Biar Nggak Kelabakan Pas Lagi Ngalamin

Kamu sudah mengalaminya belum?

Quarter Life Crisis menjadi istilah yang sering diperbincangkan oleh siapa saja. Fase ini biasanya akan terjadi pada kamu yang telah berumur 19-25 tahun. Menuju tahap kedewasaan, kamu pasti sering mempertanyakan akan kelebihan diri sendiri dan tujuan hidup selanjutnya yang akan kamu tempuh di masa depan. Dengan melewati fase tersebut, tentu kamu akan lebih dewasa dan santai dalam menghadapi tantangan lain di hidup kamu. Untuk melewati fase Quarter Life Crisis ini, kamu perlu beberapa cara untuk menghadapinya, Yuk simak ulasan di bawah ini!

Advertisement

1. Temukan hobi dan minat barumu

Photography by Unsplash

Photography by Unsplash via https://unsplash.com

Saat kamu sedang berada di fase Quarter Life Crisis, ada baiknya kamu tidak terlarut dalam kegelisahan dan cobalah untuk menekuni hobi dan minat barumu. Carilah bakat dan hobimu yang terpendam dan temukan akses yang bisa memfasilitasi hobi dan minatmu, misalnya seperti mengikuti kursus, mengikuti lomba dan juga mengikuti komunitas yang sesuai dengan hobimu. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus untuk mendalami hobi dan minat barumu.

2. Jangan bandingkan kemampuanmu dengan orang lain

Gelisah by Unsplash

Gelisah by Unsplash via https://unsplash.com

Setiap orang pasti pernah merasa tertinggal dari orang lain, nah perasaan seperti ini akan berujung dengan membandingkan kemampuan sendiri dengan orang lain. Biasanya, kamu akan terus-terusan mengeluh dan merasa bahwa dunia tidak pernah berpihak padamu. Eits tunggu dulu, untuk hal seperti ini kamu tidak boleh lupa untuk bersyukur dan fokus ke diri kamu sendiri untuk lebih baik lagi. Karena proses masing-masing orang memang tidak sama.

3. Pergi liburan dan temukan suasana baru

Travelling by Unsplash

Travelling by Unsplash via https://unsplash.com

Untuk menghindari stres saat sedang berada di fase Quarter Life Crisis, penting untukmu memanjakan dirimu dengan liburan dan menemukan suasana baru. Kamu bisa mencoba dengan solo traveling misalnya atau bisa juga liburan bersama sahabatmu. Dengan pergi liburan dan travelling, kamu akan mempunyai pengalaman baru dan melihat hal-hal baru. Hal tersebut akan membuat kamu lebih semangat untuk mengeksplor hal baru lebih banyak lagi, sehingga kamu tidak hanya terpaku dengan kegelisahaanmu itu.

4. Percaya dengan diri sendiri dan menerima apa adanya

Percaya diri by Unsplash

Percaya diri by Unsplash via https://unsplash.com

Percaya dengan diri sendiri adalah hal yang penting untuk dilakukan. Jangan lupa untuk selalu berusaha dan percaya pada diri kamu sendiri bahwa kamu pasti bisa melewati semuanya. Selain itu, kamu juga perlu memaknai hidup secara terbuka dengan menerima dirimu apa adanya. Artinya, setiap orang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan nya masing-masing dan hal itu sangatlah wajar.

5. Ceritakan kegelisahanmu kepada orang terdekatmu

Advertisement
Sharing by Unsplash

Sharing by Unsplash via https://unsplash.com

Cara terakhir untuk menghadapi fase quarter life crisis ini adalah kamu bisa menceritakan kegelisahanmu kepada orang terdekat atau orang yang kamu percayai. Karena kegelisahan mu tidak boleh hanya dipendam sendirian. Dengan menceritakan semuanya kepada orang terdekat, hal tersebut bisa membuat kamu merasa lega dan pastinya mendapat wawasan baru yang akan membuka pikiranmu.

Nah, itulah 5 cara untuk menghadapi fase quarter life crisis, semoga bermanfaat ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE