5 Cara Mudah Menagih Utang dari Temanmu yang Langganan Pinjam Uang. Harus Tegas!

Cara menagih utang dengan tegas

Siapa sih yang nggak pernah kesulitan buat nagih utang ke temanmu yang sering banget pinjam uang? Saking susahnya, kadang sampai nggak enak sendiri dan bingung gimana cara menagihnya. Apalagi kalau temanmu yang ngutang itu malah menghindar atau pura-pura lupa dengan utangnya. Bahkan ada yang sampai menghilang dari peredaran pertemanan kalian. Duh, bikin kesal saja.

Dikutip dari MoneySmart.id, Hipwee telah merangkum beberapa hal yang mesti kamu lakukan saat salah satu teman kalian berutang dan susah banget ditagihnya. Yuk, lihat bareng-bareng di bawah ini.

1. Ketahui dulu dia orang yang seperti apa

Ketahui dulu

Ketahui dulu via https://unsplash.com

Advertisement

Dalam pertemanan ada baiknya lo kamu mengetahui karakter dari teman yang suka berutang atau pertama kalinya pinjam uang. Dia teman dekat atau nggak, mau nggak mau kamu mesti ketahui dulu karakternya seperti apa.

Misalkan dalam keseharian dia terbilang orang yang boros, kamu mesti waspada nih. Karena kalau orang yang udah boros dalam kesehariannya uang yang ia miliki bakal cepat habis. Yang ada nanti kamu kerepotan lho buat menagih uang kamu di dia. Ya, gimana nggak repot, si dia aja boros pasti uangnya cepat habis.

2. Kamu mesti kenal orangtuanya

Kamu mesti kenal

Kamu mesti kenal via https://unsplash.com

Jika ada teman kamu yang berutang dan sulit menagihnya, ada baiknya sebagai pemberi utang mesti tahu keluarganya. Ya, setidaknya kamu tahu kedua orangtua teman kamu yang berutang.

Advertisement

Emang sih cara ini paling jitu banget saat menagih teman kamu yang susah bayar. Kamu bisa langsung bertemu dengan kedua orangtuanya. Saat orangtua tahu anaknya berutang ke kamu, mau nggak mau ibu atau bapak si dia bakal mengingatkan atau menegur ke temanmu itu.

3. Bikin perjanjian saat si dia berutang

Bikin perjanjian

Bikin perjanjian via https://unsplash.com

Bikin perjanjian dengan teman kamu yang berutang itu sangat penting lo. Ya, meskipun kadang hal ini suka meleset saat si dia berutang dan mesti bayar. Buat kamu yang suka meminjamkan uang ke teman ada baiknya bikin perjanjian agar dia menepati janjinya. Misalnya, dengan memberikan waktu tenggang kapan dirinya mesti melunasi utangnya.

4. Kamu mesti berpikir dua kali saat memberikan utang

Advertisement
berpikir dua kali

berpikir dua kali via https://unsplash.com

Ada baiknya kamu nggak membiasakan meminjamkan uang ke temanmu. Kalau kamu keseringan memberikan uang ke teman alias utang, yang ada nanti si dia bakal kebiasaan banget.

Jadi kamu mesti berpikir dua kali nih buat meminjamkan uang ke teman. Ya, nggak apa-apa deh dibilang pelit atau apa, ya setidaknya kamu nggak bakal direpotkan dengan ulah teman yang suka berutang tapi sulit banget nagihnya.

Beri alasan nggak menyinggung teman yang mau berutang. Dengan memberikan alasan yang masuk akal pasti teman kamu bakal mengurungkan niatnya berutang.

5. Kasih omongan pedas juga nggak apa-apa

Kasih omongan pedas

Kasih omongan pedas via https://unsplash.com

Kalau teman udah kelewatan gak bayar utang alias susah banget bayarnya, gak apa-apa kok kamu berikan omongan yang sedikit pedas. Kalau udah kesal ya mau nggak mau terkadang kamu bakal emosi ya kan.

Kasih penjelasan yang sedikit menohok ke dia biar dirinya mudah mengembalikan uang kamu. Kamu nggak mesti merasa bersalah karena udah mengeluarkan kalimat nggak enak, ya namanya utang ya janji.

Jadi gimana nih dengan tips di atas? Semoga bisa membantu kamu buat menagih utang ke teman yang susah banget bayarnya. Ada baiknya nggak membiasakan ke teman kamu buat berutang ke dirimu. Yang ada nanti malah pertemanan kalian jadi nggak enak.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE