5 Cara yang Bisa Jadi Fondasi untuk Self-Love. Yuk Mulai Pahami!

Sudahlah kamu mencintai dirimu sendiri hari ini?

Menjalani kehidupan di bumi yang sangat ramai dan sibuk ini seringkali membuat kita mengukur diri kita berdasarkan alat ukur yang dimiliki oleh orang lain.

Kurang cantik, kurang tinggi, kurang pintar, katamu. Hei bukankah setiap individu memiliki keunikannya sendiri? dan bukankah orang yang pertama kali harus memiliki rasa syukur dan mencintai dirimu sendiri adalah kamu ?

Jika masih bingung, nih aku ada 5 cara yang bisa jadi fondasi kamu untuk belajar self-love.

Advertisement

1. Berhenti menghina dan menyalahkan diri sendiri

pinterest

pinterest via https://pin.it

Teman teman, bukankah menghina adalah hal yang buruk? Apakah dengan menghina atau menyalahkan dirimu itu akan membuat masalahmu menjadi selesai? Tentu tidak.

Yuk, ubah mindset bersama bersama, daripada sibuk mencari siapa yang  salah mending sibuk mencari solusi dan bagaimana cara mengatasi masalahnya.

Advertisement

Karena kadang suatu masalah ada agar kita bisa belajar dari masalah itu, bukan untuk menyalah-nyalahkan siapa pun,termasuk dirimu sendiri.

2. Tidak melihat kekurangan diri menjadi beban

pinterest

pinterest via https://pin.it

Yakinilah setiap manusia tidak ada yang sempurna, semua orang yang terlihat hebat itu sudah menempa dirinya dengan semua kegigihan, kerja keras dan perjuangan sehingga kesuksesannya itu bisa menutupi kekurangan yang dia miliki, dan kamu pun bisa seperti itu.

Tidak perlu memandang buruk dirimu karena kamu merasa kamu memiliki kekurangan, fokuslah kepada kelebihan yang kamu punya dan berdamailah dengan kekurangan yang juga kamu miliki, karna semua orang, tak hanya kamu, memilikinya.

Advertisement

3. Menerima diri sendiri seutuhnya

pinterest

pinterest via https://pin.it

Terimalah dengan lapang dada, berdamailah dengan dirimu sendiri, kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki serta trauma atau luka yang kamu punya dari masa lalu yang ada di dalam dirimu, karna setiap kehidupan dan hembus nafasmu adalah anugerah dari Tuhan.

Dan juga setiap manusia adalah hasil maha karya-Nya yang dia berikan rahmat, Yakinilah, setiap manusia berharga, termasuk dirimu.

4. Biasakan dirimu untuk mengatakan hal-hal yang baik, apalagi tentang dirimu sendiri

Pinterest

Pinterest via https://pin.it

Tanpa kamu sadari, seringkali ucapanmu memberikan dampak yang besar kepada dirimu. Katakanlah aku pintar, aku memiliki kehidupan yang baik, aku kuat. Ucapan yang positive akan memberikan kebahagiaan dan ketenanangan untuk dirimu dan bisa mengarahkan dirimu ke arah yang positive juga.

Sedangkan kata-kata yang buruk tanpa kamu sadari akan memberikan dampak yang buruk untuk dirimu sendiri seperti makin tidak percaya diri, makin merasa sedih dan terpuruk.

Dirimu mendengar apa yang kamu bicarakan, dan dia berkembang dan tumbuh seperti apa yang kamu katakan

5. Berempatilah kepada dirimu sendiri

pinterest

pinterest via https://pin.it

Tak hanya untuk orang lain, berempati juga perlu dilakukan kepada dirimu sendiri. Terutama karena tidak akan ada yang bisa mengerti dirimu, melindungi perasaanmu, dan menjaga jiwamu kecuali dirimu sendiri.

Berhenti berlaku keras terhadap dirimu sendiri, tetapi rangkullah orang yang ada di dalam dirimu sendiri itu dan berjuanglah bersama untuk kehidupanmu yang lebih baik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

if one day i was gone, and then u miss me, just read my writing, cause i was in there.

CLOSE