Siapapun pasti setuju kalau keindahan itu adalah sesuatu yang sangat enak untuk dinikmati. Melihat kawan kita yang cantik, biasanya kita selalu kagum dan takjub. Lantas kita memujinya dan berharap menjadi cantik seperti teman kita tersebut.

Sayangnya, banyak juga orang yang cenderung iri dengan kecantikan orang lain. Sebagian menyikapinya secara dewasa dengan berbenah diri menjadi lebih baik lagi seperti berdandan, maupun bersih diri sewangi mungkin. Sebagian lagi bersikap kekanakan, seperti mencela teman yang cantik, menjauhinya, bahkan memfitnah yang tidak-tidak.

Memang, menjadi cantik itu suatu anugerah yang patut disyukuri. Pada saat yang sama, cantik itu seperti pedang bermata dua. Ada banyak juga hal-hal yang tidak mengenakkan memiliki wajah rupawan. Seperti judul novel penulis terkenal Eka Kurniawan, bahwa cantik itu luka. Cantik tak selamanya bahagia.

1. Menjadi objek rasa iri dan dengki teman-teman maupun orang di sekeliling.

High School 2015 via http://www.dramabeans.com

Seseorang yang cantik sebenarnya tidak berharap punya wajah cantik. Mereka merasa bahwa wajahnya adalah pemberian Tuhan yang tidak mungkin ditolak. Beberapa teman di sekeliling mereka selalu bilang, “ih, iri deh punya wajah cantik kayak kamu”, “Ih, mau dong jadi kamu yang cantik, ke mana-mana selalu dideketin cowok”. Kita yang tidak cantik mungkin merasa bahwa kalimat tersebut adalah suatu pujian.

Advertisement

Tetapi, bagaimana anggapan teman kita yang cantik tersebut?

Belum tentu lho mereka merasa senang dibilang seperti itu. Ada juga cewek cantik yang merasa tak enak hati dengan temanya. Bahkan pasti dalam hidupnya itu ia jadi bahan rasa dengki beberapa teman karena wajahnya.

2. Sering disalahkan untuk hubungan yang mereka tidak tahu.

Kamu yang tak seberapa rupawan ini pernah kecewa dengan gebetan yang tak kunjung melirik. Si gebetan justru seakan menjauh untuk mendekat ke cewek lain yang punya wajah dambaan pria. Lalu kamu kesal, marah, dan ingin membanting sesuatu!

Advertisement

Kamu cenderung menyalahkan cewek tersebut gara-gara wajahnya yang cantik itu udah bikin si dia tak kunjung memperhatikanmu.

Dari sini, siapa sebenarnya yang salah, apakah si cewek cantik itu sepenuhnya salah?

Kita hanya bisa marah-marah. Padahal, kita tidak tahu kalau sebenarnya gebetanlah yang mengejar-ngejar si cewek cantik.

Sementara teman kamu yang cantik itu jadi bersalah untuk hubungan yang sama sekali ia tak tahu.

3. Beberapa orang menganggap cewek cantik itu sempurna. Padahal mereka juga manusia biasa.

Cewek cantik seakan menjadi suatu simbol dari kesempurnaan. Saking cantiknya, terkadang orang lain suka salah kaprah menilai. Cewek cantik dianggap sebagai manusia sempurna tanpa cela, padahal mereka juga sama saja dengan orang lain. Contohnya saja ketika ada cewek cantik tapi suka ngorok, pasti ada aja yang bilang. “Ih, cantik-cantik tapi kok suka ngorok”. Kemudian ada juga yang bilang pada cewek cantik yang nggak begitu pandai di kelas “Ih, kamu cantik tapi sayang bodoh” dan lain sebagainya.

Padahal, kita tahu bahwa kesempurnaan hanyalah milik Tuhan. Bahkan walau cantik pun, mereka juga manusia biasa yang bisa salah.

4. Menjadi objek fantasi laki-laki tekadang membuatnya risih.

Gini deh, sebagian besar wanita pasti setuju kalau mereka tidak ingin jadi objek imajinasi liar laki-laki. Wanita suka dicintai, namun bukan untuk dijadikan fantasi sesaat.

Sementara, kebanyakan yang mengalami hal seperti ini adalah cewek cantik. Mereka juga risih sebenarnya dengan banyaknya cerita dewasa maupun meme yang memasang mereka sebagai tokohnya. Mereka beranggapan bahwa wajah cantik mereka itu anugrah yang tidak seharusnya menjadi media pikiran tidak senonoh sebagian laki-laki.

5. Dianggap salah pilih kalau dapat pasangan yang nggak begitu ganteng.

Sering kita menemui cewek cantik yang punya pasangan tidak seberapa rupawan dibanding dirinya. Hal ini sebenarnya merupakan sesuatu yang wajar terjadi di belahan bumi manapun. Manusia diciptakan untuk mencintai tidak bedasarkan seperti apa rupa dan latar belakangnya.

Namun, akhir-kahir ini banyak orang yang nyinyir dengan cewek cantik yang punya pasangan nggak ganteng. Ada juga yang beranggapan bahwa cewek cantik melihat isi dompet pasangan dibanding wajahnya. Hmm.. memang ada yang seperti itu namun bukan berarti semua cewek cantik di dunia itu matre kan?

Sobat, cantik memang anugerah. Di mana selain ada keuntungan, ketidakuntunganya juga banyak terjadi. Apakah kamu masih berharap menjadi cantik setelah baca artikel ini?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya