5 Desain Ruangan Warna Sage, Lembut dan Elegan Banget!

Inspirasi Interior Hunian Warna Sage Green

Belum mau pergi jauh-jauh, warna hijau masih jadi salah satu tren warna buat desain interior di tahun ini. Melambangkan warna yang segar, alami, menenangkan, mampu menurunkan stress, kesuburan, kedamaian, hingga keseimbangan, warna hijau masih dapat dengan mudah kelihatan di hunian-hunian modern.

Ragam warna hijaunya pun bermacam-macam. Mulai dari warna hijau tua seperti forest green, army green, menuju ke warna-warna hijau medium emerald green, basil green, moss green, sampai warna-warna hijau muda kayak mint green, lime green, dan sage green.

Beberapa warna hijau ini, terutama yang terakhir bakal tetap jadi primadona untuk warna desain interior kekinian. Hijau sage atau sage yang punya tampilan lebih pucat karena campuran pigmen abu-abu untuk membuat warnanya.

Sage green punya efek yang lebih kalem, earthy, menenangkan, elegan, dan lembut. Bahkan, beberapa ahli dan desainer interior menyebut bahwa warna sage bisa dikategorikan sebagai warna yang netral, terutama sage green yang lebih pucat.

Makanya sebagai warna favorit yang trendi dan menawan, enggak ada salahnya menerapkan warna sage di berbagai ruangan di rumah. Bikin rumah tampil elegan dan anti membosankan.

Hadirkan warna sage di keseluruhan ruangan atau kombinasikan sama warna-warna lain buat hasil yang maksimal. Dekoruma punya lima inspirasi desain aneka ruangan dengan warna sage green yang indah. 

Advertisement

1. Tonjolkan Elemen Sage Green dengan Metode Color-Blocking. Kontras dan Perpaduan Warna yang Jadikan Sage Pemeran Utamanya

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Kalau kamu pengin menonjolkan satu warna, biasanya ada dua cara yang bisa dilakukan. Bikin semua benda di dalam ruangan itu punya warna yang sama atau tabrakin warna itu dengan warna-warna lain yang bener-bener kontras dari warna yang pengin ditonjolkan.

Buat desain interior, cara yang kedua atau color-blocking biasanya selalu berhasil. Apalagi kalau kamu jago buat memadukan warna-warna yang beda jauh. Contohnya kayak yang dilakukan pemilik hunian ini.

Advertisement

Dinding ruang keluarga dibikin full sage green. Barulah kemudian furnitur dipasang seperti sofa dan karpet yang bercorak orange dan pink, terus meja TV dari kayu warna cokelat muda. Begitu juga tambahan berbagai lukisan dan dekorasi lainnya.

Di tengah keramaian ini, sage green kelihatan jadi warna yang membingkai keseluruhan ruangan jadi lebih selaras dan tetap jadi warna yang paling dominan di ruangan ini. 

2. Dapur Bercorak Sage Green dan Kayu yang Dominan. Hadirkan Suasana Cozy dan Hangat Ketika Berkumpul di Dapur

Advertisement
Sumber: Laurbanasf.com

Sumber: Laurbanasf.com via https://www.laurbanasf.com

Buat kamu yang hobi masak dan dapur jadi tempat buat bereksperimen dengan masakan, jangan sampai desain interior dapur enggak diperhatikan dengan serius. Dapur juga perlu tampil kece dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan palet warna sage green, dong.

Sage tampak dominan dari konter, rak, dan kabinet dapur yang menjulang sampai ke atas. Enggak usah khawatir kehabisan tempat menyimpan peralatan makan atau masak kayak wajan dan panci, deh.

Supaya enggak monoton, aksen warna putih dan kayu hadir juga di dapur. Dari subway tiles putih berdesain klasik untuk backsplash dan kitchen island yang permukaannya dilapisi kayu yang mengilap. 

3. Istirahat Lebih Nyaman dan Berkualitas Berkat Sage Green di Kamar Tidur yang Dikombinasikan dengan Warna Putih dan Kayu Cokelat Muda

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Seperti yang udah disebutkan sebelumnya, hijau punya kemampuan membawa suasana yang nyaman, tenang, damai, bahkan mengurangi tingkat stress. Jadi bisa dibilang pas banget buat diaplikasikan di kamar tidur, kan. Kayak desain kamar tidur yang satu ini.

Sage green dipadukan sama warna putih dan kayu cokelat muda yang bikin kamar tidur kelihatan modern dan minimalis. Apalagi penggunaan rangka tempat tidur model dek dengan laci penyimpanan di bagian bawah yang multifungsi dan hemat ruang.

Sage green dan putih diberi aksen diagonal yang menawan, berlanjut pada dinding di belakang tempat tidur, di depan meja belajar, sementara lantai dan furnitur lain seperti meja nakas, rak dinding, dan lemari pakaian 2 pintu terbuat dari kayu yang senada.

4. Tidak Perlu Jadi yang Paling Dominan, Hadirkan Aksen Sage Green yang Strategis dan Jadi Daya Tarik Utama di Sebuah Ruangan

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Dalam desain interior yang minimalis, percayalah kalau filosofi less is more akan selalu berhasil kalau dieksekusi dengan tepat. Kalian bisa menampilkan sage green sebagai focal point atau daya tarik utama dari sebuah ruangan tanpa perlu memenuhi ruangan itu dengan warna tersebut.

Demikianlah yang dilakukan pemilik kamar mandi ini. Kamar mandi dibuat fungsional dan bercorak netral kayak gini. Didominasi warna putih, taupe, sedikit aksen hitam, dan kayu dengan warna cokelat muda dan tekstur yang halus.

Barulah, warna sage green dihadirkan dengan strategis melalui pintu kamar mandi yang ditempatkan di tengah ruangan. Simpel, menawan, dan berhasil menjadikan sage green sebagai daya tarik utama dari ruangan itu tanpa berlebihan.

5. Nuansa Segar dan Elegan yang Semakin Kentara Berkat Perpaduan Sage Green dan Corak Warna Hijau Lainnya di Ruang Makan

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Satu lagi cara yang inkonvensional dan biasanya selalu berhasil adalah memadukan corak warna hijau lain dengan sage green. Terutama, warna hijau yang perbedaan intensitasnya kentara (jauh lebih tua atau jauh lebih muda sekaligus). Dengan begitu, kedua warna akan menghasilkan corak hijau yang selaras.

Pada ruang makan berikut ini, terlihat bagaimana sage green yang hadir di dinding membingkai ruangan dengan indah. Ditambah dengan lukisan bernuansa floral yang menawan dan menghidupkan warna sage tersebut.

Di sisi lain, ada warna emerald green yang diterapkan pada kursi meja makan dan tirai yang saling memperkuat satu sama lain dengan sage green. Terlebih dengan penggunaan warna-warna netral seperti abu-abu, hitam, dan cokelat muda dari kayu yang semakin menojolkan warna hijau sage tersebut.

Banyak yang memprediksi atau bahkan mengklaim bahwa hijau sage serta turunan warna hijau lainnya bukan cuma sekadar tren desain interior, tetapi mulai bertransformasi jadi warna klasik yang tak lekang oleh waktu. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE