Jika kamu berkunjung ke Bali tentu saja tidak akan melewatkan untuk singgah di Ubud. Ubud merupakan gudang di mana artis dan kolektor terkenal dunia tinggal dan bekerja, membuat dan mengumpulkan berbagai karya luar biasa yang bisa ditemukan di museum dan galeri seni lokal. Lima obyek wisata di ubud berikut ini akan menambah referensi kamu untuk menghabiskan waktud di Bali.

1. Ubud Monkey Forest

tripadvisor.com

tripadvisor.com via https://www.tripadvisor.com

Ubud Monkey Forest adalah salah satu dari banyak hutan yang dihuni oleh banyak kera abu-abu berekor panjang, dan merupakan yang paling terkenal karena manajemen, lokasi, dan kemudahan aksesnya. Ubud Monkey Forest terletak di pinggiran kota Ubud dan terlihat dari desa Padangtegal. Dikenal juga sebagai Hutan Suci Kera Padangtegal. Dengan penunjukan resminya sebagai Mandala Wisata Wenara Wana, Ubud Monkey Forest resmi menjadi tempat riset ilmiah juga sebagai tempat spiritual dan budaya dengan puranya yang terletak di dalamnya.

2. Tegallalang Rice Terrace

tripadvisor.com

tripadvisor.com via https://www.tripadvisor.com

Sistem irigasi tradisional Bali yang ada sejak jaman dahulu yang dikenal sebagai Subak telah menarik perhatian sebagai salah satu landskap terbaik di Asia Tenggara. Hanya beberapa menit dengan kendaraan dari Ubud, Tegallalang terkenal akan spot bagi turis untuk mengambil foto dan membeli suvenir. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi desa Pakudui yang terletak dekat dengan Tegallalang, di mana terdapat berbagai macam ornamen dan pahatan dari kayu. Di antara berbagai macam pahatan, Anda akan menemukan figure Garuda sebagai salah satu pahatan paling megah di antara yang lainnya.

Advertisement

3. Goa Gajah

tripadvisor.com

tripadvisor.com via https://www.tripadvisor.com

Goa Gajah adalah salah satu tempat arkeologis paling menarik yang teletak di selatan desa Bedulu. Puranya hanya berjarak 6 kilometer dari selatan Ubud, dan sekitar satu jam lamanya berkendara ke arah timur laut dari Denpasar. Setelah menuruni tangga, Anda akan menemukan sebuah teras dengan berbagai macam relik dan gua abad ke-11 yang dapat dimasuki. Di dalamnya Anda akan menemukan berbagai pahatan dinding gua, tempat meditasi, pura hindu, dan kolam yang dihiasi dengan air mancur yang dibuat pada tahun 1954.

4. Istana Puri Saren

tripadvisor.com

tripadvisor.com via https://www.tripadvisor.com

Hanya beberapa langkah jauhnya dair Pasar Seni Ubud, terdapat istana untuk para keluarga penting di Ubud, Istana Puri Saren Agung. Istana Puri Saren dibangun pada masa kepemimpinan Ida Tjokorda Putu Kandel dan dijaga dengan baik oleh penerusnya. Istana ini memiliki pemandangan taman yang sangat menarik dan pertunjukan tarian di sore hari.

5. Campuhan Ridge Walk

tripadvisor.com

tripadvisor.com via https://www.tripadvisor.com

Advertisement

Untuk menikmati jalur trekking yang mudah dan gratis di area Ubud, Anda dapat mencoba Campuhan Ridge Walk. Campuhan Ridge Walk menawarkan udara segar dan pemandangan menarik di area Ubud, dimulai dari Pura Gunung Lebah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya