Menulis buku harian atau diary memang identik dengan masa-masa remaja, dan ternyata ada banyak sekali manfaat menulis diary. Mencoret-coret tentang bagian dari diri sendiri pada waktu senggang atau menjelang tidur merupakan aktifitas yang cukup menyenangkan. Namun diary tidak hanya untuk remaja, menulis buku harian sangatlah baik untuk siapa saja tanpa memandang faktor usia.

Menulis buku harian atau diary, mungkin bagi sebagian orang terasa seperti sebuah kegiatan yang kurang kerjaan. Ibarat belum bisa move on dari peristiwa kehidupan yang telah berlalu. Walaupun begitu, ternyata memiliki buku harian memiliki beberapa manfaat positif yang mampu meningkatkan produktivitas kita. Berikut ini adalah tiga alasan penting untuk mulai menulis buku harian dari sekarang.

1. Berlatih Untuk Disiplin Diri

Meningkatkan Disiplin Diri Agar Masa Depan Anda Cerah

Meningkatkan Disiplin Diri Agar Masa Depan Anda Cerah via https://goo.gl

Menulis buku harian secara rutin membuat kita terlatih untuk disiplin diri dan tekun. Dengan terbiasa melakukan apapun secara disiplin, tentu saja mereka akan lebih mungkin untuk menjadi pribadi-pribadi yang sukses. Menulis secara teratur dan melihat kembali tulisan-tulisan sebelumnya juga lebih baik dari pada melihat hasil secara instan.

2. Merapikan Otak

Refresh Your Mind!

Refresh Your Mind! via https://goo.gl

Karena kehidupan sehari-hari sering mengalami kekacauan, bukan tidak mungkin otak akan menjadi berantakan. Cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menulisnya melalui buku diary secara rutin. Dengan begitu kita bisa melihat dimana letak kekacauan yang seharusnya kita perbaiki dan mambuat kita lebih fokus pada hal-hal yang ingin kita capai

3. Mengabadikan Sejarah Hidup Kita

Mengabadikan Sejarah Hidup Kita

Mengabadikan Sejarah Hidup Kita via https://goo.gl

Advertisement

Kita sebagai manusia memiliki keterbatasan dalam mengingat. Tidak jarang kita melupakan peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi dalam hidup kita setelah berlalu beberapa tahun lamanya. Dengan mencatat aktivitas harian dan pemikiran-pemikiran kita, kita dapat mengabadikannya agar tidak hilang seiring perjalanan waktu.

Hal ini sama dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan perkuliahan yang di sana kita perlu mencatat hal-hal yang penting agar tidak terlupa.

4. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Memperbaiki Kemampuan Komunikasi

Memperbaiki Kemampuan Komunikasi via https://goo.gl

Menulis buku harian berarti kita akan berkomunikasi dengan cara menulis melalui tulisan. Hal ini akan terasa sulit pada awalnya bagi orang-orang yang belum terbiasa menulis. Tetapi, lama kelamaan kita akan terbiasa karena kita hanya perlu menuangkan apa yang sedang ada di pikiran kita tanpa perlu takut dihakimi oleh pembaca. Hal ini yang membuatnya lebih mudah jika dibandingkan dengan menulis esai atau cerita fiksi yang perlu dipikirkan matang-matang mengenai struktur dan alurnya.

Advertisement

Fakta menarik: Jika kamu sedang mempelajari bahasa asing, menulis buku harian dalam bahasa asing yang sedang kamu pelajari itu dapat menjadi latihan yang menyenangkan.

5. Sebagai Evaluasi dari Aktivitas Keseharian Kita

Evaluasi Perjalanan Hidup Kita

Evaluasi Perjalanan Hidup Kita via https://goo.gl

Beberapa dari kita mungkin pernah merasa menghadapi suatu permasalahan yang sama terus menerus tanpa menemukan solusinya. Atau mungkin merasa hidup membosankan karena yang terjadi hanya itu-itu saja. Dengan menuliskan apa yang terjadi dalam sehari di buku harian, kita akan mengetahui apa yang telah kita lakukan, apa yang sudah baik, dan apa yang masih perlu diperbaiki serta ditingkatkan.

Sehingga ada rasa tanggung jawab yang lebih pada hidup yang telah kita jalani dan lebih mudah ke depannya dalam merencanakan langkah selanjutnya yang ingin kita ambil dalam kehidupan.

Menulis buku harian memang terlihat merepotkan pada awalnya, namun hasilnya baru akan terlihat beberapa tahun setelahnya. Karena mau membayar semahal apa pun, kita tidak akan bisa mengetahui pemikiran kita setahun yang lalu kecuali melalui buku harian atau tulisan lain yang pernah kita buat di hari itu. Selamat menulis diary dan salam sukses 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya