Kali ini saya akan membahas beberapa hal yang ada hubungannya dengan dunia komputer dan teknologi namun terdengar asing di telinga anak generasi 2000an.

1. Majalah Komputer

Majalah PCMedia

Majalah PCMedia via https://www.google.com

Generasi taun 2000an pasti nggak akan tahu kalau dulu kita baca informasi, berita hingga review barang-barang komputer dan gadget melalui majalah. Dulu nggak ada tuh yang namanya Youtube dan artikel di internet yang membahas berita dan review seputar teknologi, gadget dan komputer.

Advertisement

Sekarang, setelah ada Youtube dan media online beberapa majalah komputer ada yang beralih ke media baru tersebut dan tidak sedikit diantara mereka malah bangkrut karena termakan teknologi (ironis).

2. MP3 Player

Digital MP3 Player

Digital MP3 Player via http://www.hipwee.com

Anak muda zaman sekarang denger lagu tinggal buka Spotify, Joox, iTunes dan masih banyak aplikasi musik lainnya yang tersedia.

Kalau dulu, biar kita kalau bepergian bisa sambil denger musik, kita beli CD kompilasi MP3 musik yang kita suka, abis itu kita buka pake komputer CD MP3 nya, terus kita copy file MP3 dari dalem CD ke dalam MP3 Player.

Advertisement

MP3 Player yang paling populer adalah yang seperti foto di atas, dia itu sebenarnya flashdrive yang merangkap sebagai MP3 Player dan untuk menggunakannya kita pake baterai remote bukan di-charge kaya gadget jaman sekarang.

3. Dulu Mouse Ada Bolanya

Mouse jaman dulu

Mouse jaman dulu via http://www.google.com

Mouse-mouse zaman sekarang ukurannya kecil-kecil dan ringan. Beda dengan zaman dulu. Dulu mouse itu warnanya cuma abu-abu dan berat banget udah gitu ukurannya juga kaya tikus got gede banget.

Dan yang paling keren dari mouse zaman dulu adalah: Ada Bola Besi dibawahnya. Bola besi ini namanya track ball (sama seperti yang digunakan pada beberapa produk Blackberry).

Track ball ini kalau udah tipis karetnya, dia bisa diganti. Dulu kalau dapet bola besi ini suka saya masukin ke dalem bak mandi karena jadi terasa berat banget kalau megang bola besi di dalem air hehe.

4. 240p Itu Udah Jelas Banget

Video Jaman Dulu Ceritanya

Video Jaman Dulu Ceritanya via https://i.ytimg.com

Dulu resolusi video tertinggi Di Indonesia kisaran tahun 2006 s.d 2008 adalah 480p.

Jika sekarang kamu lihat, video aril 3gp itu sumpah burem banget hahaha tapi dulu video itu sangat jelas bro. Karena dulu untuk resolusi video 480p aja udah berasa HD dan internet pada masa itu udah kepayahan kalau disuruh bufering video 480p.

Sekarang kalau nonton video 480p, burem banget perasaan dulu nggak kaya gitu-gitu amat haha.

5. Dulu Kalau Mau Nonton Film, Nyewa VCD

Bungkus VCD Rentalan

Bungkus VCD Rentalan via https://www.google.com

Sekarang ada Netflix ada Google Movies dan masih banyak lagi platform penyewaan film digital yang bisa kamu nikmati dirumah.

Dulu kalau mau nonton film, biasanya kita newa VCD ke rental vcd terdekat, syaratnya cukup pake KTP dan bayar biaya sewa -+ 1.500 per hari. Sebelum dibawa pulang kaset dicoba dulu, kalau rame atau pemain film nya seru, baru deh bawa pulang.

Dulu banyak yang rentalin vcd soalnya masih jarang VCD bajakan dan harga CD jaman dulu mahal banget haha.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya