Siapa yang sebentar lagi akan menggelar pernikahan? Bagi yang belum, artinya kamu masih mempunyai waktu untuk mempersipakan lebih awal dan matang tentunya. Persiapan pernikahan bagi sebagian pasangan bukan perkara mudah.

Setelah kamu dan pasangan mendapat restu dari orangtua, kamu harus memikirkan berbagai aspek material dan non-material agar bisa memantapkan acara pernikahan berjalan lancar. Nah, idealnya persiapan harus didiskusikan bersama pasangan.

Agar tidak perlu terlalu pusing, inilah 5 hal dasar yang dipersiapkan untuk dipertimbangkan. Simak di bawah ini ya!

1. Persiapan ekonomi, harus dipertimbangkan dari awal

Perihal biaya pernikahan memang masalah utama yang dipertimbangkan dalam melangsungkan acara yang penting. Calon suami dan istri yang sudah menabung jauh-jauh hari mungkin tidak keberatan mengeluarkan biaya pesta yang meriah. Namun, pikirkan juga masalah kehidupan rumah tangga setelah pernikahan nantinya.

Advertisement

Ingin mengeluarkan budget yang besar untuk hari pernikahan sekali seumur hidup bukanlah larangan. Hal itu wajar bagi pasangan yang ingin hari pentingnya menjadi hari spesial. Bila perlu bagi tugas sesuai dengan pengeluaran untuk pernikahan.

Perencanaan lebih jauh untuk ekonomi rumah tangga juga perlu kamu diskusikan bareng pasangan. So, atur keuangan masing-masing agar pernikahan sesuai dengan rencana ya!

2. Kesiapan mental dan kedewasaan pasangan

Persiapan Mental

Persiapan Mental via https://www.pinterest.com

Hal yang menyangkut mental dan kedewasaan bisa diukur sejauh mana komitmen dan kepercayaan kamu dan pasangan. Komitmen akan sangat membantu memahami jalannya hubungan pernikahan kalian nanti.

Advertisement

Apakah mengarah ke A atau ke B, pastikan jelas hasil diskusi tentang pernikahan dan setelahnya.

Selain itu, kompromi juga harus dilakukan untuk mengerti masing-masing keinginan pasangan. Komitmen, kepercayaan, kompromi dapat dikomunikasikan bersama. Setelah kamu siap mental, pernikahan pun akan siap kamu hadapi.

3. Kesehatan menjelang momen penting

Healthy life

Healthy life via https://in.pinterest.com

Setelah perkara keuangan dan mental sudah dibicarakan, giliran masalah kesehatan yang perlu kamu dan pasangan jaga. Kondisi raga yang fit dan fresh akan membantu persiapan dan hari pernikahan semakin enteng dan mudah.

Memikirkan banyak hal butuh stamina otak yang segar, dan wira-wiri persiapan membutuhkan energi yang cukup pula. Jadi, menjaga kesehatan sebelum hari pernikahan tidak boleh diremehkan. Jangan sampai semua tenaga terkuras habis hingga kamu jatuh sakit di momen bahagiamu.

Olahraga dan makan teratur adalah cara yang paling aman dan efektif meningkatkan kebugaran badan.

4. Konsep pesta pernikahan jangan dilupakan

Konsep pernikahan

Konsep pernikahan via https://www.pinterest.com

Semakin mendekati hari pernikahan, persiapan konsep pesta jangan ditinggalkan ya. Banyak ide dan wedding planner yang menyediakan jasa untuk membuat pernikahan beserta dekorasi pernak-pernik semakin menarik. Biasanya pihak wanita yang akan lebih ribet menentukan konsep pernikahan.

Meski begitu, pembicaraan kedua pihak mempelai tidak ada salahnya dicoba. Penentuan konsep ini mengacu pada budget dan perekononiman masing-masing pihak. Bila sudah direncanakan sesuai budget dan keinginan, tinggal menentukan tanggal pentingnya.

5. Cincin kawin untuk simbol ikatan pernikahan

Cincin pernikahan - Pict by Spilla jewelry

Cincin pernikahan – Pict by Spilla jewelry via https://google.com

Sebagai persiapan pamungkas, memilih cincin juga harus kamu pikirkan. Cincin ini menjadi simbol pernikahan yang sudah menjadi tradisi. Dimanapun pernikahan terjadi, ada sepasang cincin untuk pria dan wanita.

Memilih model cincin ini kamu sesuaikan juga dengan selera kalian berdua. Cincin pernikahanlah yang akan dipakai di momen pentingmu, tentukanlah sebelum hari spesialmu semakin mendekat.

Nah, kelima hal tadi tidak begitu sulit untuk kamu lakukan. Tidak usah banyak-banyak persiapan yang akan membuang energimu sia-sia. Setiap pasangan menginginkan yang terbaik untuk pernikahan.

Sebelum menghitung mundur hari pernikahan, sebaiknya luangkan sejenak untuk membicarakannya dengan pasangan. Jadi kapan tanggal pernikahanmu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya