Mungkin sudah banyak yang tahu cara menyeimbangkan Otak Kanan dan Otak Kiri, Para ahli banyak yang mengatakan otak kiri sebagai pengendali IQ (Intelligence Quotient), sementara otak kanan memegang peranan penting bagi perkembangan EQ (Emotional Ouotient) seseorang. Pertanyaannya kenapa harus seimbang? menurut saya :

1. Agar kita dapat dengan mudah mengambil keputusan baik prinsipal (sangat prinsip) dan keputusan yang sifatnya actionable.

2. Menyeimbangkan antara kekuatan mengingat long term dan short term.

3. Menyeimbangkan antara kreativitas, seni & imajinasi, dengan kekuatan menghitung, berbicara, atau kemampuan akademisnya.

 

Beberapa cara di bawah ini tampaknya masih lazim di lakukan oleh kebanyakan orang.

 

1. Melukis

seorang anak tampak serius sedang belajar melukis dengan menggunakan media kanvas dan warna.

seorang anak tampak serius sedang belajar melukis dengan menggunakan media kanvas dan warna. via https://lh3.googleusercontent.com

Melukis merupakan salah satu cara untuk menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri, melukis akan membangkitkan imajinasi atau gambaran kita terhadap suatu hal yang kemudian dituangkan kedalam bentuk gambar. Sebagian besar anak-anak menyukai melukis oleh karenanya orang tua perlu untuk selalu mendukungnya. Hal ini akan berdampak pada daya imajinasi anak yang lebih maksimal.

2. Bermain musik

Filsuf Plato mengatakan matematika dan musik merupakan kriteria bagi orang cerdas dan terdidik. Bermain musik akan menggiring kita mencari irama yang pas untuk sebuah lagu. Aktivitas ini juga menggerakkan insting pendengaran dan perasaan yang baik, sebab baik dan buruknya suatu nada bisa jadi dipengaruhi pendengaran dan perasaan seseorang.

3. Olahraga

Profesor Art Kramer, direktur Institut Beckman for Advanced Sains dan Teknologi dari University of Illinois mengungkapkan bahwa berjalan kaki atau bersepeda secara teratur selama enam bulan sampai satu tahun akan meningkatkan daya ingat dan kemampuan Anda dalam memecahkan masalah. Aktifitas berolahraga juga dapat menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan otak kiri, olah raga mampu membuat kita menggerakkan beberapa anggota tubuh sekaligus dalam satu waktu serta dengan berolahraga dapat membantu anda memperlambat kematian sel-sel otak yang lama, sekaligus memperpanjang usia otak anda.

4. Desain

Desain adalah hal yang sering saya lakukan untuk dapat menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri, banyak hal yang dapat dilakukan dengan desain seperti desain kartu nama, desain brosur, atau mendesain interior kamarnya. Seorang art therapist Mutia Ribowo mengungkapkan bahwa menggambar bisa membuat seorang anak jadi lebih fokus karena adanya koordinasi antara mata dan gerakan tangan. Eits, tak hanya itu, anak juga bisa lebih peka terhadap lingkungan sekitar, memiliki empati dan juga intuisinya pun bisa lebih meningkat.

5. Senam otak

Dari semua hal, ternyata ada salah satu aktifitas yang mudah untuk dilakukan dan tidak perlu untuk mengeluarkan banyak uang seperti membeli kertas gambar, kertas mewarnai, spidol atau alat musik.

Disamping olahraga, ternyata senam otak juga membantu untuk menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri kita. Dimana otak akan diminta untuk memerintah beberapa bagian tubuh secara bersamaan. Senam otak merupakan sebuah latihan gerak sederhana yang bertujuan memudahkan aktivitas belajar atapun penyesuaian dengan tuntutan rutin sehari-hari. Brain gym bisa dilakukan kapan pun, di mana pun, dan oleh siapa pun tanpa batas umur. Biasanya, sebelum melakukan senam otak ini, seseorang dianjurkan minum air terlebih dulu, sebab air merupakan unsur yang membawa energi listrik.

Bermain jempol dan kelingking

Permainannya yaitu angkat jempol untuk tangan kiri dan kelingking untuk tangan kanan, lalu sorongkan kedua belah tangan ke arah kanan. Dan lakukan dengan sebaliknya yaitu jempol untuk tangan kanan dan kelingking untuk tangan kiri. Lakukan permainan ini selama satu menit saja dalam sehari.

Putar tangan

melakukan senam putar tangan dengan cara, tangan kanan dikepalkan dan posisikan sejajar dengan dada (membentuk Letter L) putar kedepan berulang kali, tangan kiri dikepalkan dan posisikan sejajar dengan dada (membentuk Letter L) putar ke belakang berulang kali. Selama 30 detik lakukan dengan sebaliknya, tangan kanan diputar ke belakang dan tangan kiri diputar ke depan.

Memegang mouse

JIka anda sering bekerja menggunakan komputer, maka anda perlu mencoba untuk memindahkan mouse ke tangan yang lainnya, misalkan anda sering menggunakan mouse dengan tangan kanan, maka anda dapat mencoba untuk menggunakan dengan tangan kiri.

Kegiatan ini seru, dimana kita akan terlihat begitu konyolnya kita, karena hal-hal yang selama ini di kerjakan oleh anggota tubuh lain tidak pernah seimbang dengan anggota tubuh satunya padahal Tuhan menciptakan tubuh kita selalu sepasang, ada kanan ada kiri.

 

 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya