5+ Hal Ini yang Harus Kamu Ikuti Saat Jadi Mahasiswa, Dijamin Nggak Akan Nyesel!

Menikmati masa-masa menjadi mahasiswa

Menjadi mahasiswa merupakan babak baru setelah lulus dari masa-masa indah SMA. Walaupun begitu, kuliah juga sama indahnya, lho. Apalagi jika kalian menggunakan kesempatan 3,5 – 4 tahunmu dengan tidak hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu, alias kuliah-pulang. Ada beberapa kegiatan baik di dalam maupun luar kampus yang bisa kamu ikuti selama menjadi mahasiswa:

Advertisement

1. Mengikuti dan bergabung di organisasi

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Setiap kampus pasti memiliki berbagai organisasi, minimal satu organisasi yaitu BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa. Menjadi anggota organisasi dapat menambah koneksi pertemananmu dari berbagai jurusan, bahkan fakultas. Selain itu, ‘ruangan’ ini bisa menjadi tempatmu untuk berlatih menyampaikan pendapat, bekerja sama, hingga menjadi pemimpin.

2. Ikuti serunya bergabung dengan UKM

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Ketika mengikuti UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa, maka kamu akan dipertemukan dengan teman-teman yang memiliki kesamaan ketertarikan. UKM bisa dibilang ‘ekstrakulikuler’nya mahasiswa. Setiap kampus memiliki UKM yang berbeda-beda, beberapa contohnya adalah klub basket, badminton, music, multimedia, programming, dan beragam lainnya. Seru banget kan?

3. Coba deh buat ikutan lomba

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Nah, ini cocok banget untuk kamu yang berjiwa ambisius. Banyak sekali kompetisi yang bisa diikuti berdasarkan minat dan bakat kamu. Untuk mendapat informasi mengenai kompetisi, kamu bisa menghubungi pihak kampus. Tak terbatas itu saja, lho. Banyak akun sosmed yang membagikan informasi perlombaan untuk mahasiswa.

4. Daftar beasiswa? Siapa takut~

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Tidak hanya kampus serta program pemerintah yang menyediakan beasiswa, namun banyak juga perusahaan yang mengadakan beasiswa sebagai program CSR-nya. Nah, ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk memperolehnya. Beberapa program beasiswa dari perusahaan tidak hanya sebatas membantu pendanaan saja, tapi juga kelas pengembangan diri, kepemimpinan, bahkan ada juga yang akan membantu menemukan para beasiswan dengan pekerjaan setelah mereka lulus, lho.

5. Pertemanan lintas negara dengan pertukaran pelajar

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Pertukaran pelajar adalah salah satu kesempatan emas yang bisa kamu raih semasa kuliah. Selain menempuh pendidikan di lingkungan yang berbeda, menjadi peserta pertukaran pelajar tentunya akan membuka wawasanmu akan keberagaman. Kapan lagi selagi menjadi mahasiswa, bisa mendapat kesempatan belajar di kampus lain, bahkan luar negeri?

Advertisement

6. Yuk gabung jadi volunteer

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Jika kamu ingin memperluas jaringan pertemananmu dengan mahasiswa di luar kampus, menjadi volunteer pada berbagai kegiatan bisa menjadi salah satu caranya, lho. Volunteer tidak terbatas menjadi relawan pada kegiatan social saja. Namun berbagai acara seperti konser dan pameran biasanya membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk menjadi volunteer.

7. Asah bakatmu yang menghasilkan dengan freelance

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Untuk kamu yang berniat untuk membayar biaya kuliahmu tanpa bantuan orang tua tapi belum tahu dengan cara apa, tenang. Kesempatan menjadi freelancer sangat tebuka lebar untukmu. Kamu bisa bergabung dengan komunitas sesuai skillmu. Selain itu, membangun portfolio pada akun sosmed juga bisa menjadi cara untuk mendapat tawaran pekerjaan freelance. Tak hanya itu, saat ini juga sudah tersedia website untuk mempertemukan freelancer dengan klien, baik lingkup nasional maupun internasional.

Nah, dengan mengikuti kegiatan-kegiatan di atas tentunya akan memperkaya pengalaman dan mempertebal CV-mu yang akan berguna di kemudian hari, lho. Tak hanya sebatas itu, menyibukkan dirimu dengan kegiatan positif pasti akan mempertemukanmu dengan berbagai hal positif pula. Semangat mencoba, teman-teman!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE