Ketika Hidupmu Tak Sesuai dengan Ekspektasi, Coba Ingat-ingat Lagi 5 Hal Ini

hidup tak sesuai ekspektasi

Setiap dari kita semua pastinya memiliki keinginan tentang bagaimana cara kita menjalani kehidupan termasuk bagaimana kehidupan kita dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang kita harapkan. Tapi tahukah kita, bahwa pada kenyataanya, takdir seringkali berbeda dengan ekspetasi kita. Ada kalanya kita harus menjalani sesutau yang tidak ingin kita jalani, sampai pada akhirnya kita semua akan merasakan sakit dan terluka bahkan kecewa akan banyak hal yang tidak sesuai dengan harapan kita. Dan, begitulah hidup. Kita semua tidak bisa mengatur bagian mana yang ingin kita jalani dan bagian mana yang harus kita hindari agar kita tidak tersakiti. 

Jadi, guys 5 hal ini yang dapat kalian lakukan ketika kalian tengah menjalani hidup yang tak lagi sesuai dengan ekpetasi. Setidaknya dengan kita merenungkan kelima hal dibawah ini, kita akan menemukan cara agar kita tetap menjadi pribadi yang selalu menghargai hal-hal kecil yang telah terjadi dalam hidup kita, meskipun tak sesuai dengan ekspetasi.

Advertisement

1. Tidak ada manusia yang sempurna, begitu pula dengan kita

Perfect Neon by Jonathan Hoxmark

Perfect Neon by Jonathan Hoxmark via https://unsplash.com

Hidup itu tak melulu tentang apa yang terlihat oleh mata. Kalau kata orang jawa, hidup itu \\'sawang sinawang\\'. Apa yang kita lihat sempurna, belum tentu bahagia. Apa yang kita lihat biasa,nyatanya bisa jadi itu lebih bermakna.  Sama seperti kita semua yang sedang membaca tulisan ini kita seringkali tanpa sadar membandingkan hidup kita dengan mereka yang terlihat lebih sempurna oleh kedua mata kita. 

Guys, hidup memang seperti itu. Setiap hal yang terjadi dalam hidup kita selalu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing apabila kita bersedia melihat dari setiap sudut pandang yang berbeda. Di dunia ini tidak ada yang sempurna, terlebih manusia.

Advertisement

Jadi bila kamu merasa hidupmu tak sesuai ekpetasimu, janganlah kamu mencoba menjadi seseorang yang dipenuhi rasa dengki ataupun iri.  Karena di dunia ini tidak ada kamus yang mengatur bahwa manusia bisa mendapatkan semuanya sehingga hidupnya selalu sempurna. 

2. Selalu perbanyak rasa bersyukur dan ingatlah hal-hal yang membuat kita selalu merasa beruntung

People laughing by Priscilla Du Preez

People laughing by Priscilla Du Preez via https://unsplash.com

Gagal naik ke pelaminan bersama orang tersayang, atau ditinggal pas lagi cinta-cintanya atau mungkin gagal masuk ke kampus impian bukanlah sesuatu yang bsa membuatmu merasa tak berharga di dunia ini. Meskipun kamu terluka, kamu bersedih dan kamu kecewa, tapi jangan sampai kamu mengenggap dirimu adalah orang yang tak berguna. Jangan sampai perasaan kecewa tersebut membuatmu terlarut semakin dalam. Ingatlah, bahwa diluar sana ada banyak jutaan orang yang mengalami nasib yang sama atau mungkin menerima takdir yang justru lebih pahit daripada apa yang kita terima.

Guys, bersyukurlah. Jadilah seseorang yang selalu merasa bersyukur meskipun kamu harus melwati jalan yang tidak kamu inginkan. Ingatlah segala hal yang membuatmu harus merasa bersyukur sampai dengan detik ini. Karena kenyataanya, tidak semua orang dapat menjalani hidup seperti apa yang kita jalani saat ini.

Advertisement

3. Perbarui dan benahi pola pikir yang kita gunakan selama ini dalam hidup kita

People by Laurenz Kleinheider

People by Laurenz Kleinheider via https://unsplash.com

Guys, pernah tidak kita mencoba untuk intropeksi diri ketika segala sesuatu yang menjadi harapan dan ekspetasi kita tidak pernah berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan? Bila belum, mungkin kini saatna untuk kita mulai mngintropeksi diri kita. Ketika kamu merasa bahwa ada yang salah, maka jangan pernah takut untuk memberanikan diri merubah pola pikir dan cara pandangmu tentang tujuan, harapan dan mimpi-mimpi kalian. Jangan berhenti, dan jangan pernah menyerah.

Karena ketika kamu nerani untuk intropeksi diri, dan berani untuk merubah pola pikir dan pola pandangmu, yakinlah. Bahwa akan ada banyak sesuatu yang berubah menjadi lebih baik dan lebih menakjubkan dari apa yang kita kira dan kita harapkan sebelumnya.

4. Jangan lupa untuk mencintai dan menerima dirimu sendiri sebaik mungkin!

Woman standing by Timur Romanov

Woman standing by Timur Romanov via http://cunsplash.com

Segala hal yang terjadi dalam hidup kita, entah itu menyakitkan ataupun mengecewakan, tetapla harus kamu terima dan kamu jalani. Ingatlah bahwa segala kepahitan yang terjadi tak sepenuhnya kemauan dirimu sendiri, namun ada jalan takdir yang membuatnya berjalan berbeda dari apa yang kita harapkan. Ketika banyak hal yang kamu inginkan dan harapkan tidak berjalan sesuai dengan keinginanmu, stop untuk menyalahkan diri sendiri. hindari mengutuk dirimu, menyalahkan dirimu ataupun menyalahkan keadaan.

Karena dengan kamu mengutuk dirimu ataupun menyalahkan dirimu, maka kamu hanya akan diliputi oleh perasaan negativ. Mulailah untuk berpikiran positiv dengan cara mencoba menerima segala hal yang telah terjadi, dan mencoba untuk lebih mencintai dan menerima diri sendiri.

5. Selesaikan apa yang telah kamu mulai dan kerjakan

Woman holding by Priscilla Du Preez

Woman holding by Priscilla Du Preez via https://unsplash.com

Memang, tak selamaya takdir hidup kita berjalan mulus. Masing-masing dari kita semua memiliki jatah gagal. Namun apa yang akan kamu laukan ketika jatah gagal menghampirimu disaat kamu baru memulai? Jawabannya, tetap lanjutkan. Jangan pernah berhenti di tengah jalan yang telah kamu mulai dalam keadaan tidak melakukan apa-apa (stuck di tempat). Karena hal itu hanya akan membuatmu merasa tertekan oleh keadaan, tanpa kamu memikirkan solusi apa yang bisa kamu lakukan. Padahal dalam hidup, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan solusi yang kamu inginkan. Jangan pernah lari dari apa yang telah kamu mulai tanpa kamu menyelesaikannya terlebih dahulu. 

Jadi, guys. Ketika kamu merasa bahwa hidup ini terasa berat dan tidak adil, bersyukurlah. Seburuk apapun yang kamu alami dan yang kamu dapatkan, tetaplah bersyukur. Karena itu tandanya akan ada sesuatu yang esar untuk kita. Tuhan dan alam semesta selalu memiliki cara tersendiri untuk kita.

Jangan berburuk sangka ketika takdir tidak berteman baik dengan hidup kita, karena itu artinya kita sedang ditempa menjadi sosok pribadi yang tidak hanya tegar, namun juga tangguh. Bila sampai dengan saat ini segala sesuatunya tidak berjalan sesuai dengan ekspetasi kita, tetaplah bersyukur. Karena selalu ada hikmah untuk kita semua.

Eits…jangan cuman bersyukur aja, jangan lupa untuk menjadikan segala sesuatunya menjadi cambuk untuk memacu dirimu menjadi pribadi yang lebih dari saat ini. Inget guys, to some extent, living means surviving. Yakin, setelah baca tulisan ini kamu masih mengeluh  tentang hidup yang gak sesuai ekspetasi?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

‚ÄĚ

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Selalu merasa bahwa hidup ini hampa tanpa pedasnya sambal bawang. Dan selalu merasa bahwa Jogja adalah kota teromantis didunia

Editor

une femme libre

CLOSE