5 Hal Pertimbangan Ketika Kamu Merasa Ingin Berhenti Mewujudkan Mimpi. #BeraniWujudkanMimpi

Menyerah bukanlah pilihan terakhir

Bagaimana jika ada seseorang yang merasa putus asa dan ingin menyerah dalam kehidupannya? Apakah individu tersebut masih bisa bangkit mewujudkan mimpinya? Putus asa adalah perasaan yang membuat kita berpikir bahwa tidak ada lagi harapan yang bisa kita dapatkan di dalam hidup.

Sedangkan, menyerah adalah kondisi dimana seseorang tidak ingin melakukan usaha apapun lagi untuk mengejar tujuan hidup atau melakukan sesuatu hal yang berarti di dalam hidupnya. Keduanya adalah perasaan dan sikap yang tidak patut untuk kita lakukan.

Menghadapi kehidupan yang penuh lika-liku membuat manusia nggak mungkin selalu kuat dan tegar menghadapinya. Jika sudah seperti ini maka jangan memaksakan diri untuk terus berjuang, rehatlah sebentar. Dan bila saat kamu merasa letih dan ingin menyerah pada keadaan sebaiknya pertimbangkan dulu lima hal di bawah ini, penasaran? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Advertisement

1. Ingat bagaimana perjuanganmu hingga tiba di titik ini.

Perjalanan yang baru pasti menawarkan bermacam-macam rintangan, termasuk ketika kamu berada di titik terendah yang membuatmu terombang ambing dengan pilihan tetap berproses atau malah berhenti. Saat kamu berhenti ditengah jalan dan memilih menyerah, beristirahatlah sejenak, pikirkan lagi usaha yang telah kamu lakukan selama ini, setiap keringat, suka dan duka perjuangan hingga titik ini yang tidak pantas bila ditinggalkan begitu saja.

Tetap nyalakan semangat membara dengan sayangi diri dan usaha sejauh ini. mungkin kamu hanya perlu istirahat sebentar untuk bangkit dari kelemahan dan yakin saja selama kamu konsisten menjalani apa yang kamu yakini sekarang, mimpi pasti akan terwujudkan.

Advertisement

2. Ingat perjuangan orang tuamu dan orang-orang yang selalu mendukungmu.

Berkat kasih sayang orang tuamu dan jerih payah mereka, kamu bisa mendapat dorongan untuk mewujudkan mimpi dan kebutuhan mu bisa tercukupi. Walaupun banyak rintangan tidak ada sepatah katapun yang bisa mematahkan semangat kerja keras mereka demi kamu. Orang tuamu saja bekerja keras tanpa merasa terbebani oleh mu, kenapa kamu malah memilih menyerah?

Padahal bebanmu untuk mewujudkan mimpi tidak seberapa beban kerja keras orang tuamu untuk memenuhi kebutuhanmu. Selain perjuangan orang tua, jangan pernah lupakan bahwa dalam hidupmu terdapat orang yang selalu mendukungmu walau semua orang meninggalkanmu yaitu sahabatmu maupun saudaramu.

Dan kamu harus sadar bahwa selama ini kamu didukung dan dicintai oleh mereka, apakah kamu masih tega untuk membuat hati mereka kecewa? 

Advertisement

3. Mimpi akan tetap jadi mimpi saja jika kamu tidak berusaha mewujudkanya jadi kenyataan.

Bermimpi setinggi-tingginya itu sangatlah mudah namun mewujudkan mimpi itu susah. Berusaha berkomitmen dan melakukan yang terbaik demi mewujudkan mimpi merupakan hal yang bisa dilakukan semua orang, namun apakah kamu termasuk didalamnya?

Kenali diri kamu dan Tanya apakah kamu termasuk sang pemimpi saja atau pekerja keras untuk mewujudkan mimpi. oleh karena itu kamu tidak boleh menyerah begitu saja, jadilah pekerja keras yang mewujudkan mimpi.

4. Kalau kamu memilih untuk menyerah maka kamu harus memulai semuanya dari awal.

Teriakan Hwaiting

Teriakan Hwaiting via https://harianbernas.com

Memiliki Sebuah mimpi sangatlah epic, tapi pernah nggak sih kamu punya mimpi tapi kamu malas bangkit dari keterpurukan dan memilih menyerah itu berarti usahamu belum terstruktur. Mimpi itu ibarat sebuah bangunan, mimpi perlu struktur yang kuat yang mampu menopangnya hingga ke puncak tertinggi. Ada tiga struktur penting yang menopang sebuah mimpi

Keyakinan
Orang yang tak yakin seharusnya tak bermimpi. Bisa dikatakan, keyakinan ini adalah pondasi dasar yang akan membuat kita bertahan dan mengejar sebuah impian. Mimpi tanpa keyakinan, hanya akan menjadi angan-angan.

Harapan
Jika keyakinan adalah pondasi, maka harapan adalah dinding yang menopang. Keyakinan tanpa adanya harapan tak akan mampu membuatmu berdiri saat ada rintangan.

Action
Action adalah titik tombak sebuah mimpi. Keyakinan dan harapan tanpa action nyata hanya akan menjadikan mimpimu sia-sia. 

Jadi jika ketiga prinsip ini kurang kokoh maka bangunanmu akan hancur dan kamu akan memulainya dari awal lagi.

5. Ketika kamu ingin menyerah ingatlah alasan kenapa kamu ingin berjuang mewujudkan mimpi.

karate kim yoo jung

karate kim yoo jung via https://images.bisnis-cdn.com

Jika kamu merasa tak sanggup lagi berjuang untuk mewujudkan mimpimu yang begitu mustahil untuk dicapai, dan kamu ingin menyerah maka ingatlah alasan kamu mau memulai perjuangan tersebut, ingatlah setiap perjuangan kamu menyelesaikan rintangan yang begitu sulit namun kamu masih bisa bertahan dan menghadang rintangan tersebut, ingatlah semangatmu yang dulu untuk memulai mengejar mimpimu tersebut.

Jangan gara-gara sebuah masalah kamu menjadi down dan memilih menyerah, semakin berani kamu menghadapi sebuah rintangan yang berat maka semakin banyak solusi terbaik menyelesaikan sebuah rintangan. Tetap semangat #BeraniWujudkanMimpi

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE