"Hidup Cuma Sekali!" Yap! Kalimat itu sering sekali kita dengar dari teman, sahabat, atau orang-orang yang ada di sekitar kita. Memang benar, hidup di dunia memang hanya sekali dan nggak bakal bisa di ulangin lagi. So, manfaatkanlah hidupmu yang sekali itu untuk hal-hal yang baik, salah satunya dengan traveling. Melakukan perjalanan ke tempat-tempat indah di dunia, melihat keindahan-keindahan alam di berbagai penjuru dunia, hingga menikmati budaya dari berbagai daerah di dunia adalah impian banyak orang.

Banyak orang beranggapan bahwa traveling hanya buang-buang waktu dan buang-buang duit. But, It’s Totally Wrong!. Traveling nggak cuma buang-buang waktu kamu. Ada banyak hal-hal positif yang akan kamu dapatkan dari kegiatan traveling ini lho.

Berikut 5 hal positif yang akan kamu dapatkan dari kegiatan traveling.

1. Pengalaman berharga

Sebuah pengalaman berharga yang saya dapatkan ketika traveling ke Shenzhen, China (dok.pri)

Sebuah pengalaman berharga yang saya dapatkan ketika traveling ke Shenzhen, China (dok.pri) via http://www.ibadahmimpi.wordpress.com

Pengalaman tidak bisa dibeli dengan uang. Pengalaman merupakan sesuatu yang tak ternilai dengan materi sebanyak apapun di dunia ini. Dengan traveling, kamu akan mendapatkan banyak pengalaman berharga yang dapat kamu ceritakan kembali kepada orang lain. Dengan perjalanan yang kamu lakukan selama menjelajahi suatu tempat tentunya akan menambah pengalaman berharga seperti tempat-tempat baru yang kamu kunjungi, pertemuan dengan orang-orang baru selama traveling, mengenal sebuah komunitas dan menyaksikan keunikan budaya dan adat setempat pastinya akan membuat kamu mempunyai sebuah cerita berharga yang kelak akan menjadi sebuah pengalaman dalam hidupmu.

Dengan traveling, kamu akan mendapatkan banyak pengalaman berharga yang dapat kamu ceritakan kembali kepada orang lain.

2. Teman baru

Pertemuan dengan teman baru selama perjalanan sambil menikmati alam Indonesia di Pantai Gigi Hiu Kelumbayan, Lampung. (dok.pri)

Pertemuan dengan teman baru selama perjalanan sambil menikmati alam Indonesia di Pantai Gigi Hiu Kelumbayan, Lampung. (dok.pri) via http://www.ibadahmimpi.wordpress.com

Advertisement

Dalam hal traveling, para pejalan sering kali bertemu dengan orang-orang baru. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, setiap saya berkunjung ke suatu daerah yang baru sekali saya kunjungi, saya akan mendapatkan teman baru dalam perjalanan. Biasanya, saya dapat banyak teman ketika melakukan traveling dengan cara Backpacker dan menumpangi transportasi darat. Nah, disana orang-orang yang juga sedang dalam perjalanan traveling biasanya akan sangan welcome kepada teman baru sesama perjalanan.

Para pejalan sering kali bertemu dengan orang-orang baru.

3. Ketenangan

Sepenggal ketenangan di indahnya alam kampung Waerebo, Nusa Tenggara Timur. (dok.pri)

Sepenggal ketenangan di indahnya alam kampung Waerebo, Nusa Tenggara Timur. (dok.pri) via http://www.ibadahmimpi.wordpress.com

Untuk kamu yang senang banget traveling ke tempat-tempat sepi seperti pantai, danau, atau bahkan gunung, kamu akan mendapatkan sesuatu yang tak akan pernah ditemui di kota. Hal itu adalah ketenangan, baik itu ketenangan jiwa dan pikiran yang sejatinya sangat penting untuk hidup kita. Misalnya saja jika kamu terlalu pusing dengan pekerjaan di kantor atau kamu lagi stuck dalam mengerjakan suatu tugas penulisan seperti skripsi yang nggak kelar-kelar, mungkin traveling sejenak bisa menjadi solusi untuk kamu agar mendapatkan ketenangan pikiran dan juga inspirasi baru.

Advertisement

Traveling ke tempat-tempat sepi seperti pantai, danau, atau bahkan gunung, kamu akan mendapatkan sesuatu yang tak akan pernah ditemui di kota.

4. Mengenal lebih dalam akan kekayaan tanah air

Pantai Apparalang, Sulawesi Selatan. (dok.pri)

Pantai Apparalang, Sulawesi Selatan. (dok.pri) via http://www.ibadahmimpi.wordpress.com

Indonesia sebenarnya sangat kaya akan segala hal, terutama dalam hal keindahan dan pesona alamnya. Traveling adalah cara untuk mengenal lebih dalam akan kekayaan negeri kita tercinta ini. Dengan melakukan perjalanan ke tempat-tempat indah di Indonesia, kamu bisa melihat langsung dengan mata sendiri betapa beruntungnya kita hidup dan lahir di bumi pertiwi ini.

Traveling adalah cara untuk mengenal lebih dalam akan kekayaan negeri kita tercinta ini.

5. Jodoh

Ilustrasi jodoh saya (ehem) di Madame Tussauds, Hong Kong. (dok.pri)

Ilustrasi jodoh saya (ehem) di Madame Tussauds, Hong Kong. (dok.pri) via http://www.ibadahmimpi.wordpress.com

Nah, yang ini mungkin yang paling penting dan paling diharapkan terutama oleh kaum jomblo. Tak sedikit orang yang menemukan jodoh mereka dalam perjalanan traveling mereka. Dalam perjalanan, kamu akan bertemu dengan orang-orang baru yang tak terduga dan siapa tahu dia adalah jodoh kamu! Tidak tertutup kemungkinan bukan?

Kamu akan bertemu dengan orang-orang baru yang tak terduga dan siapa tahu dia adalah jodoh kamu!

Jadi, traveling tidak melulu soal berfoya-foya dan menghamburkan uang semata. Ada banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan satu ini.

Bagi Saya pribadi, traveling adalah jalan untuk mengubah cara pandang saya akan Indonesia demi mengenal lebih dalam lagi negeri tercinta ini. Indonesia itu indah kawan! Ayo angkat ranselmu dan tentukan tujuan travelingmu berikutnya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya