Skotlandia tak kalah mempesona dibanding dengan Negara bagian Britania Raya lainnya lho! #AyoKeUK #WTGB #OMBG

Skotlandia memiliki ciri khas tersendiri yang menjadikannya salah satu Negara Terindah di dunia versi Rough Guide. Tak salah memang, karena pesona Skotlandia membuat mata terpana. Tidak hanya panorama saja yang dihadirkan, namun juga keragaman budayanya. Penasaran?

1. Bagpipes; Alat Musik Tradisional Asli Skotlandia

Bagpipes Skotlandia

Bagpipes Skotlandia via http://i1.wp.com

Bagpipes merupakan sebuah alat musik tiup khas Skotlandia yang sangat sering dijumpai di dataran rendah Skotlandia. Bagpipes biasanya dimainkan untuk perayaan pernikahan, pesta, dan pertunjukan musik. Sedangkan para Scottish Bagpipers yang berada di daerah dataran tinggi Skotlandia hanya memainkan alat musik Bagpipes untuk acara sakral seperti perayaan Natal, Paskah, dan perayaan Santo Andreas yang dianggap sebagai pelindung Skotlandia.

Bagpipes itu sendiri terdiri dari tas atau kantong terbuat dari kulit, yang dapat menerima udara dengan tabung dan dihentikan oleh katup. Kantong udara tersebut bernama chanter, berfungsi untuk menyimpan udara. Sehingga udara yang ditiup oleh pemain Bagpipe akan tersimpan di dalam chanter, dan akan tetap bisa mengeluarkan suara meski sudah tidak ditiup lagi. Wow!

2. Kilt; Identitas dan Jati diri orang Skotlandia

Advertisement

Pernah melihat laki-laki Skotlandia mengenakan rok bermotif kotak-kotak? Mungkin awalnya kita merasa aneh ketika melihatnya memakai rok yang identik dengan pakaian wanita. Tapi jangan salah, sepaket rompi jas dan rok bermotif kotak-kotak yang dikenakan oleh laki-laki tersebut adalah Baju Tradisional Skotlandia. Dahulu, pakaian ini pernah digunakan sebagai pakaian militer lho! Keren ya.

Rok bermotif kotak-kotak pada Pakaian Kilt tersebut bernama Tartan. Motif tartan ini sangat beraneka ragam, dan tiap-tiap motifnya mewakili suatu keluarga besar di Skotlandia. Maksudnya, tiap keluarga disana memiliki satu motif tartan tersendiri. Kilt ini juga bisa ditambahkan aksesori seperti tas pinggang kecil yang bernama Sporran dan biasa dipakai di bagian depan pinggang.

3. Scottish Gaelic; Salah satu Bahasa Tersulit di Dunia

Belajar bahasa

Belajar bahasa via https://2.bp.blogspot.com

Meskipun semua orang Skotlandia menggunakan bahasa Inggris pada setiap kegiatan sehari-harinya, tahu kah kamu bahwa 60.000 orang Skotlandia atau hampir 2 persen dari mereka berbicara dalam bahasa Gaelik Skotlandia. Sebuah bahasa yang berasal dari Celtic. Bahasa ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan bahasa Inggris. Sebagai contoh, jika kita ingin bertanya "Di mana letak toilet?" Dalam Bahasa Gaelik Skotlandia "Càit a bheil an taigh beag?" Cukup rumit bukan? Nah, mayoritas orang Skotlandia yang menggunakan bahasa Gaelik Skotlandia ini tinggal di daerah dataran tinggi atau yang sering disebut dengan Scottish Highland.

4. Ginger Hair; Rambut Merah Penduduk Asli Skotlandia

Rambut Merah

Rambut Merah via https://hairstylecamp.com

Advertisement

Berbeda dengan rambut masyarakat Asia yang cenderung berwarna hitam, sebagian penduduk Skotlandia justru berwarna merah. Warna merah ini didapat secara turun-menurun alias turunan gen dari nenek moyangnya. Bukan karena sengaja diwarnai merah lho! Rambut merah ini memiliki karakteristik pigmen pheomelanin kemerahan berkadar tinggi dan pigmen eumelanin berkadar gelap rendah. Rambut merah juga memiliki kaitan dengan warna kulit yang terang, warna iris mata yang bervariasi (abu-abu, biru, hijau dan coklat kekuningan) dan kepekaan terhadap cahaya Ultra ungu.


Tahu kah kamu kalau gen rambut merah ini populasinya diperkirakan hanya 1 sampai 2% saja di dunia, dan mayoritas adalah keturunan Eropa Utara. Penduduk Skotlandia memiliki proporsi tertinggi rambut merah yaitu 13% dari total populasinya berambut merah dan setidaknya 40% dari total populasi membawa gen rambut merah yang resesif.


5. Haggis; Kuliner Khas Skotlandia dengan Rasa Tiada Dua

Makanan Khas Skotlandia

Makanan Khas Skotlandia via https://www.blackface.co.uk

Haggis adalah kuliner khas yang hanya bisa kamu jumpai di Skotlandia. Haggis ini terbuat olahan jeroan atau bagian dalam domba yang dicincang bersama dengan bawang merah, oat, suet, rempah-rempah, dan garam yang kemudian dicampur dengan sedikit kaldu dan dibungkus dengan lambung domba.

Haggis lalu direbus dengan temperatur di bawah titik didih air selama tiga jam. Sajian kuliner yang satu ini merupakan makanan nasional Skotlandia dan menjadi sajian utama saat jamuan Burns (Burns supper). Gimana, kamu berani mencoba Haggis khas Skotlandia?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya