Sebagian orang membuat resolusi memasuki tahun yang baru ini adalah ritual yang wajib banget untuk dilakukan. Namun tidak jarang juga resolusi tersebut hanya berakhir di atas kertas tanpa benar-benar terealisasikan.

Alasannya sih sederhana, ketika salah satu resolusi tidak kunjung tercapai semangat untuk merealisasikan resolusi lainnya pun menjadi hilang. Lalu gimana agar resolusi yang kamu buat tidak hanya sekedar wacana dan dapat terwujud? Yuk simak tips berikut!

1. Penting untuk mencatat resolusi yang akan kamu capai di tahun yang baru agar kamu tidak lupa dan selalu bersemangat

Jika kamu memiliki banyak resolusi yang ingin kamu wujudkan di tahun baru ini, tidak ada salahnya untuk mencatat semua resolusimu itu.

Advertisement

Dan jikalau perlu kamu bisa menempelkan resolusimu itu di setiap sudut kamarmu. Agar kamu selalu ingat dan bersemangat untuk mecapai setiap resolusimu itu satu per satu.

2. Yakinkan dirimu agar resolusi yang kamu buat satu persatu dapat terwujud

Setelah membuat list resolusi yang ingin kamu capai di tahun baru, langkah selanjutnya kamu harus optimis bahwa resolusi yang kamu buat satu per satu dapat terwujud. Karena meyakinkan dirimu sendiri itu sangat penting.

Jika kamu sendiri tidak yakin, bagaimana resolusimu itu akan terwujud! So, mulai sekarang belajarlah untuk selalu optimis terhadap apa yang kamu lakukan.

3. Buat rencana yang jelas kapan masing-masing resolusimu itu akan kamu kerjakan dan buat batasan waktunya

batasan waktu dari resolusimu

batasan waktu dari resolusimu via https://unsplash.com

Advertisement

Agar setiap resolusi yang kamu buat dapat terealisasi dengan baik, buatlah jadwal kapan kamu akan memulai satu per satu resolusimu dan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk bisa mewujudkan masing-masing resolusimu itu.

Ini bertujuan agar kamu tidak terlalu terpaku pada satu resolusimu saja. Dan ketika gagal pada satu resolusi, kamu pun bisa mencoba resolusimu yang lain. Dengan begitu akan membuat kamu lebih bisa me-manage waktumu. 

4. Jangan pernah menyerah ketika salah satu dari resolusimu belum terwujud

selalu bersamangat

selalu bersamangat via https://unsplash.com

Gagal di satu resolusi itu hal yang wajar. Karena setiap apa yang kita buat dan kita rencanakan pun terkadang tidak semuanya didukung oleh semesta.

Yang paling penting adalah agar kamu selalu bersemangat dan tidak pernah menyerah meskipun resolusimu belum bisa terwujud. Sebab usaha, lelah dan kerja kerasmu pun pasti akan terbalaskan nanti. So, tetap semangat!

5. Selalu fokus terhadap apapun yang kamu mulai dan kamu kerjakan

Ketika kamu sudah memutuskan untuk memulai dan mengerjakan suatu hal, kamu harus selalu fokus pada hal itu. Sebab untuk memperoleh hasil yang maksimal, fokus sangat dibutuhkan. Agar kamu pun benar-benar serius dan tekun untuk bisa mewujudkan apa yang ingin kamu capai.

Setidaknya ketika fokus kamu tanamkan pada dirimu, maka kamu pun akan berusaha untuk selalu memberikan dan melakukan yang terbaik.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya